Q) Apa arti dan penggunaan dari kata tteba? Kata ini sering kali diucapkan dalam anime seperti Naruto tteba yo ダンスは下手だって聞いたよ。 踊れるってば!

A) Kata tteba digunakan untuk menyampaikan penekanan kalimat dalam percakapan kasual, sehingga jika diartikan dalam bahasa Indonesia, maknanya dekat dengan kata “kok”. Seperti dalam kalimat di atas, “odoreru tteba!”, bisa diartikan “aku bisa menari kok!”. Demikian pula dalam anime Naruto, sepertinya ungkapan “ttebayo” hanya sebagai penekanan dalam menyampaikan suatu hal. Namun, perlu diketahui bahwa ungkapan “ttebayo” sendiri tidak dipakai oleh orang Jepang dalam percakapan sehari-hari, jadi mungkin sebaiknya tidak digunakan saat berbicara dengan orang Jepang. Ditambah lagi, “ttebayo” sebenarnya tidak memiliki arti yang jelas, sehingga tampaknya hanya merupakan suatu “kuchiguse” (kata yang sangat sering diucapkan seseorang ketika berkomunikasi) untuk membuat karakternya tampak unik.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Alasan dan sebab kenapa “ikimasu” menjadi pengecualian khusus? いきます いって・いった

A) Alasan dan sebab kata kerja “ikimasu” perubahannya menjadi “itte/itta” adalah untuk kemudahan dalam pengucapan atau pelafalannya. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya. 

Q) Ohayou gozaimasu. apa itu godan verb, intransitive verb, transitive verb, interjection, ichidan verb, suffix, suru verb? Arigatou gozaimasu.

A) Di Kepo Jepang ada beberapa artikel yang menjelaskan kata kerja apa saja yang ada dalam bahasa Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.