Q) Bagaimana penggunaan限り? Terima kasih

A) Arti dan makna 限り (kagiri) bisa berubah tergantung pembentukannya dalam kalimat. (1) Kata kerja (kasual positif/negatif, non-lampau) + kagiri + kalimat lainnya. Dalam bentuk kalimat seperti ini “kagiri” secara sederhana diartikan “selama”, “sementara”, atau “sejauh”. Contoh : (a) この仕事は、私が生きている限り、ずっと続けていきたい。/ Kono shigoto wa, watashi ga ikite iru kagiri, zutto tsuzukete ikitai. / Selama saya hidup, saya ingin terus menjalankan pekerjaan ini. (b) 自分が変わらない限り何も変わらない。/ Jibun ga kawaranai kagiri nani mo kawaranai. / Apapun tidak akan berubah selama kamu tidak mengubah diri sendiri. (2) Kata benda + no + kagiri, biasanya menunjukkan “batasan tertinggi”. Contoh : 選手たちは全員、力の限りゴールまで走った。/ Senshu-tachi wa zen’in, chikara no kagiri gooru made hashitta. / Para atlet berlari menuju gol dengan sekuat tenaga. (dengan kekuatan terbanyak yang mereka miliki). (3) Keterangan waktu + kagiri / Keterangan waktu + wo + kagiri (lebih formal). Pola kalimat ini menunjukkan batasan akhir dari waktu yang dibicarakan. Contoh : 本日限りで退職いたします。/ Honjitsu kagiri de taishoku itashimasu. / Terhitung sejak hari ini saya pensius. (Dalam artian, hari ini adalah hari terakhir dia bekerja). (4) Kata sifat + kagiri = sangat. Contoh : 試験にやっと合格したのはうれしい限りです。/ Shiken ni yatto goukaku shita no wa ureshii kagiri desu. / Saya sangat senang akhirnya bisa lulus ujian. Demikian penjelasan singkatnya, semoga bsia membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Bagaimana penggunaanげ?

A) Pola kalimat ~げ (~ge) yang termasuk ke dalam JLPT N2 ini digunakan untuk menyatakan dugaan atau kemungkinan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!

Q) Bagaimana penggunaanすでに?

A) “Sude ni” secara sederhana dalam bahasa Indonesia berarti “sudah”, sama seperti “mou”. Penjelasan mengenai penggunaan dan juga perbedaannya bisa dibaca pada halaman ini ya.