Q) Apa perbedaan輝くdanキラキラ?

A) 輝く(kagayaku) secara sederhana diartikan berkilau, bersinar, bercahaya atau berseri.Begitu pun dengan キラキラ (kira-kira), secara sederhana diartikan sama dengan “kagayaku”. Yang membedakannya adalah kelas kata masing-masing kata. “Kagayaku” merupakan kata kerja yang umumnya digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang berkilau, bersinar dengan cemerlang atau memancarkan cahaya. Contoh : 太陽は明るく輝いていた。/ Taiyou wa akaruku kagayaite ita. / Matahari bersinar terang. Selain itu bisa juga menggambarkan keadaan, situasi, dan kondisi yang cerah. Contoh : 希望に輝く未来。/ Kibou ni kagayaku mirai. / Masa depan yang bersinar dengan harapan. Sedangkan “kira-kira” adalah sejenis onomatope, yaitu kata, ungkapan, atau frasa apapun yang bertujuan untuk meniru atau menciptakan kembali suara atau perasaan. “Kira-kira” dideskripsikan sebagai : (1) Sebuah ungkapan yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang bersinar-sinar / cemerlang.(2) Sebuah ungkapan yang digunakan untuk mengekspresikan penampilan yang mencolok dan mewah / indah. Penjelasan lengkap tentang “kira-kira” bisa dibaca di halaman ini. Semoga penjelasannya membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Kon’nichiwa sensei. Saya mau tanya perbedaan penggunaan tokoro dan basho itu bagaimana ya? Boleh dikasih contoh kalimatnya juga. Yoroshiku onegaishimasu

A) Secara sederhana “tokoro” dan “basho” sama-sama diartikan “tempat”. Namun bisa dikatakan bahwa makna “tokoro” jauh lebih luas dibandingkan makna “basho”. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Apa aja bahasa gaul sehari hari di Jepang untuk anak muda

Beberapa bahasa gaul yang biasa digunakan sehari-hari oleh anak muda Jepang diantaranya adalah 超(chou)- banget, めっちゃ(meccha) – bener-bener, マジ・マジで (maji/maji de) – seriusan?!, dan lain-lain. Untuk lengkapnya, langsung saja cek halaman ini ya!

Q) Saya ingin melihat momiji. Kapan musim terbaik untuk melihatnya?

A) Berbeda-beda tergantung tempatnya. Di Tokyo paling bagus melihat momiji itu sekitar awal November – awal Desember. Di tempat dingin seperti Hokkaido, munculnya lebih cepat sekitar pertengahan September – Oktober.