Q) Apa perbedaan bahasa Jepang rumah “uchi” dengan “ie”, dan juga bahasa Jepang kamar “heya” dengan “shinshitsu”?

A) Baik kata “uchi” maupun “ie” memiliki arti “rumah”, tetapi terdapat perbedaan makna, karena “uchi” merujuk pada rumah sendiri, sehingga bisa diartikan “rumah saya”, sedangkan “ie” merujuk pada bangunan rumah itu sendiri. Untuk penjelasan lebih detail mengenai kosakata “uchi” dan “ie” serta contoh kalimatnya, silakan lihat artikel ini. Kemudian, perbedaan “heya” dengan “shinshitsu” adalah, “heya” merujuk pada “kamar” atau “ruangan” apa pun secara umum, sedangkan “shinshitsu” hanya berarti “kamar tidur”. Untuk mengetahui kosakata terkait lainnya, silakan lihat artikel ini.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Bagaimana penggunaan dari kata “Suru” dan “Yaru”?

A) Baik “suru” maupun “yaru” diartikan “melakukan (sesuatu)”, tetapi nuansa penggunaan kedua kata ini sedikit berbeda. Secara umum, banyak situasi di mana “suru” bisa digantikan oleh “yaru”. Namun, “yaru” sebagian besar hanya digunakan untuk menunjukkan kata kerja aktivitas, sedangkan “suru” bisa digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang bersifat abstrak. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat halaman ini ya.  

Q) Bagaimana pola kalimat yang digunakan untuk menyebutkan beberapa hobi kita? Contoh kalimat : Hobi saya menari, menonton film dan menjahit.

A) Pola kalimat untuk menyebutkan beberapa hal bisa dengan pola “tari” atau “to”. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.  

Q) Bagaimana membedakan penggunaan “yona” dan “yoni”?

A) Tata bahasa “you na” dan “you ni” memang memiliki fungsi yang sama, yaitu menyampaikan kata “seperti”. Hal yang membedakan adalah kosakata yang disampaikan setelah pola tersebut. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan lihat halaman ini ya.