Q) Saya ada rencana ingin tinggal di Jepang secara permanen. Tahap-tahap apa saja yang perlu dilakukan dari awal sampai benar-benar bisa tinggal di Jepang secara permanen? Saya juga ada rencana kuliah di Jepang tetapi umur saya sudah di atas 20 tahun. Apakah di kampus negeri di Jepang ada batasan maksimal umur untuk belajar?

A) Untuk bisa tinggal di Jepang secara permanen, tentu diperlukan visa dengan status izin tinggal permanen. Pertama, pastikan apakah permohonan kita bisa diterima untuk mendapatkan izin tinggal permanen. Umumnya, orang asing yang tinggal secara permanen di Jepang adalah mereka yang berstatus sebagai pekerja di Jepang, yang memiliki keluarga orang Jepang, atau telah tinggal di Jepang selama lebih dari 5 tahun. Untuk persyaratan dan informasi lebih lengkap mengenai alur mekanismenya, silahkan lihat artikel ini. Kemudian untuk kuliah di Jepang, tidak ada batasan umur, dan tidak ada aturan khusus yang mengatur hal itu. Jika ingin mengetahui informasi mengenai universitas di Jepang, silahkan lihat artikel ini.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Cara cepat (bisa) bahasa Jepang?

A) Cara untuk bisa cepat menguasai bahasa Jepang tentu dengan semakin sering belajar dan berlatih bahasa Jepang. Hal yang terpenting adalah fokus dan konsisten untuk meluangkan waktu belajar dan berlatih bahasa Jepang. Penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini ya.  

Q) Apakah di Jepang ada biro jodoh? Aku ingin nikah sama orang Jepang dan tinggal di Jepang selamanya. 

A) Di Jepang, ada beberapa tempat layanan konsultasi menikah / mencari pasangan, dan orang asing pun bisa mendaftar di sana. Namun, sepertinya ada banyak syarat dan ketentuan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya. 

Q) Cara pengajuan visa designated activities, bagi warga negara asing yang tidak bisa bahasa Jepang bagaimana ? Bisakah di arahkan dengan jelas dan detail ?

A) Visa Designated Activities adalah aplikasi untuk status izin tinggal khusus yang bisa didapatkan hanya untuk orang asing tertentu yang sudah memiliki tempat penerimaan atau perwakilan orang di Jepang (baik itu tempat kerja, penyelenggara kegiatan, maupun keluarga yang menetap di Jepang), terlepas apakah orang tersebut fasih atau tidak dalam berbahasa Jepang. Penjelasan lengkapnya bisa lihat halaman ini ya!