Q) Apa arti tamaranai dalam kalimat ini? たまらないね. 仕事の後のビールはたまらない。 彼女の笑顔はたまらない。

A) Dalam bahasa Indonesia たまらない (tamaranai) diartikan “tidak tahan”, “tak tertahankan”, “tidak sabar”, “ingin sekali”, “luar biasa” dan “bukan main”. Arti dari setiap kalimat akan berbeda-beda tergantung dari konteks kalimatnya itu sendiri. Pada dasarnya “tamaranai” digunakan untuk menekankan ekspresi perasaan luar biasa, emosi kuat atau keadaan yang tidak terkendali. Umumnya digunakan ketika pembicara menginginkan sesuatu atau ingin melakukan sesuatu atau tertarik pada sesuatu di mana perasaan keinginan tersebut tidak terkendalikan atau “tak tertahankan”. Misalnya “tamaranai” pada kalimat kedua menunjukkan kenikmatan bir yang tak tertahankan dan tidak bisa digantikan oleh apapun apabila dinikmati setelah selesai bekerja, atau “tamaranai” pada kalimat terakhir menunjukkan senyumnya yang menarik perhatian dan tak tertahankan sampai tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Semoga penjelasannya bisa membantu.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Kapan waktu penggunaan perubahan kosakata saat membuat kalimat?

A) Dalam bahasa Jepang terdapat berbagai bentuk perubahan kosakata, baik kata kerja maupun kata sifat. Saat ingin mengungkapkan kalimat lampau, maka kita perlu menggunakan bentuk lampau (kata kerja : mashita, kata sifat i : katta desu, kata sifat na / kata benda : dewa arimasen deshita, dan lain-lain). Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.

Q) Makanan apa yang di rekomendasikan dan di atur oleh pemerintah Jepang untuk anak sekolah yang bagus untuk kesehatan dan kecerdasan anak ?

A) Pada dasarnya pemerintah Jepang, baik kementerian maupun lembaga pemerintahan dan sekolah tidak menetapkan apa yang harus dan wajib dimakan untuk kesehatan tubuh. Namun, pemerintah lebih menganjurkan untuk menerapkan pola makan yang baik (sesuai dengan jumlah yang diperlukan oleh tubuh dengan gizi yang seimbang). Penjelasan lengkapnya, silakan baca di halaman ini

Q) Saya berminat tinggal di Jepang. Mohon beritahu informasi mengenai Visa.

A) Ada berbagai macam jenis visa, dan jenisnya bisa berubah tergantung dari tujuannya. Untuk informasi mengenai Visa bisa kalian lihat dihalaman ini.