Q) Apa perbedaan 寝るdan眠る?

A) Secara sederhana baik “neru” maupun “nemuru” diartikan “tidur”. Kedua istilah ini menunjukkan gerakan tubuh dan pikiran kita yang berkurang sementara waktu. Namun, ada perbedaan nuansa di antara kedua istilah ini. (1) Dalam kata “neru”, ada nuansa “akan tidur”, “hendak berbaring untuk tidur”, dan “secara sadar bermaksud atau hendak tidur”. Selain itu, “neru” juga umumnya mengindikasikan badan dalam keadaan berbaring. Contoh : 歯を磨いてから、寝ます。/ Ha wo migaite kara, nemasu. / Saya tidur setelah menggosok gigi. (2) “Nemuru” pada dasarnya menunjukkan keadaan tertidur karena kita tidak bisa menahannya atau mengendalikannya. Misalnya dalam keadaan sangat lelah dan tertidur, istilah “nemuru” lah yang tepat untuk digunakan. Selain itu “nemuru” tidak selalu harus dalam keadaan berbaring, bisa saja dalam keadaan duduk atau berdiri. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa menahan rasa kantuk yang datang sehingga tertidur tanpa sadar. Contoh : 立ったまま眠ってしまった。/ Tatta mama nemutte shimatta. / Aku tertidur sambil berdiri. Itulah sedikit penjelasan perbedaan “neru” dan “nemuru”. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Min aku mau tanya dong mengenai kalimat bentuk lampau. Apa bedanya penggunaan ~ていました dengan ~ました Terima kasih

A) Secara sederhana, keduanya memang digunakan untuk kalimat dalam bentuk lampau. Namun, memang nuansanya sedikit berbeda. Untuk perbedaannya bisa langsung dibaca penjelasannya di halaman ini ya!

Q) Untuk belajar kaiwa itu gimana ya Kak ?

A) Kaiwa secara sederhana diartikan sebagai “percakapan” dalam bahasa Jepang. Saat mempelajari bahasa Jepang, berlatih kaiwa alias percakapan menjadi salah satu cara untuk menguasai bahasa Jepang dengan lebih mudah. Penjelasan lengkapnya di halaman ini ya!

Q) Mau nanya, buku yang bagus untuk mempelajari N5 apa ya? apakah mina no nihonggo Cukup?

A) Buku Minna no Nihongo merupakan salah satu buku panduan belajar bahasa Jepang yang materinya lengkap. Tapi untuk belajar sendiri sepertinya sulit dan harus tetap ada guru yang mengajarkan ya… Selain itu kalau untuk latihan ujian JLPT juga perlu dari sumber lain. Lengkapnya bisa lihat di halaman ini ya.