Q) Kira kira gimana ya cara kita bisa tinggal di Jepang dengan jangka waktu yang lama,atau jadi warga negara, ada berapa aja kak caranya, contoh nikah ama orang jepang, terus ada lagi kak cara lain?

A) Selain menikah dengan orang Jepang, ada beberapa cara untuk bisa tinggal di Jepang dalam jangka waktu yang lama, misalnya adalah dengan bekerja atau kuliah. Untuk bisa tinggal di Jepang dalam waktu lama, diperlukan visa dengan status izin tinggal yang sesuai. Cobalah lihat artikel ini untuk mengetahui jenis-jenis visa bagi orang asing yang tinggal di Jepang (termasuk yang bekerja, berkeluarga, atau berkuliah). Umumnya, orang asing yang tinggal secara permanen di Jepang adalah mereka yang berstatus sebagai pekerja di Jepang, yang memiliki keluarga orang Jepang, atau telah tinggal di Jepang selama lebih dari 5 tahun. Untuk persyaratan dan informasi lebih lengkap mengenai alur mekanisme memperoleh visa dengan izin tinggal permanen, silahkan lihat artikel ini. Selain itu, kita juga bisa tinggal di Jepang dengan cara berkuliah di sana, termasuk mengikuti sekolah bahasa Jepang di Jepang. Perlu diketahui bahwa ada banyak orang Indonesia yang kuliah di sekolah bahasa Jepang, dan kemudian langsung mencari kerja di Jepang setelah taman kuliah.Jika tertarik untuk kuliah di Jepang dan ingin mengetahui informasi mengenai universitas di Jepang, silahkan lihat artikel ini.  

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Semisal sudah punya sertifikat JLPT N2, bagaimana caranya step by step melamar pekerjaan “kantor” di Jepang?

A) Bagi yang sedang berada di luar Jepang, mulailah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai Job Fair. Meski jumlahnya tidak banyak, ada job fair perusahaan Jepang yang diadakan di Indonesia, atau yang diadakan khusus untuk orang asing yang bisa bahasa Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini

Q) Apakah di Jepang ada biro jodoh? Aku ingin nikah sama orang Jepang dan tinggal di Jepang selamanya. 

A) Di Jepang, ada beberapa tempat layanan konsultasi menikah / mencari pasangan, dan orang asing pun bisa mendaftar di sana. Namun, sepertinya ada banyak syarat dan ketentuan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya. 

Q) Tolong rekomendasikan universitas untuk pelajar asing.

A) Informasi universitas swasta yang paling banyak dipilih pelajar asing untuk belajar bisa dibaca di halaman ini .