Q) Apa perbedaan決して,必ずdan絶対に?

A) Pada dasarnya 決して (kesshite), 必ず (kanarazu), dan 絶対に (zettai ni) digunakan untuk menyatakan kepastian dan ketidakpastian. (1) “Kesshite” pada umumnya digunakan dalam kalimat negatif, yang menunjukkan suatu keinginan pembicara untuk tidak melakukan sesuatu. Sederhananya diartikan “(pasti) tidak akan (pernah)”. Contoh : 私は決して夢を諦めません。/ Watashi wa kesshite yume wo akiramemasen. / Saya tidak akan pernah menyerah dengan mimpi saya. Untuk memahami penggunaan “kesshite” lebih lanjut, silakan baca di halaman ini. (2) “Kanarazu” pun sama digunakan untuk menyatakan keyakinan dan kepastian karena pembicara percaya bahwa sesuatu pasti terjadi. Namun, “kanarazu” bisa digunakan dalam kalimat positif maupun negatif. Contoh : あなたなら、必ず成功するから大丈夫よ。/ Anata nara, kanarazu seikou suru kara daijoubu yo. / Kamu sih, sudah pasti akan berhasil jadi tidak perlu khawatir. (3) “Zettai ni” digunakan untuk mengekspresikan keyakinan diri pembicara yang kuat dan menegaskan pernyataan pembicara. Dengan menggunakan “zettai ni”, konteks kalimat dipengaruhi oleh suasana hati pembicara dan menunjukkan tingkat kepastian yang lebih kuat. Contoh : 絶対に行く。/ Zettai ni iku. / Saya pasti akan pergi. Penjelasan singkat tentang “zettai ni” bisa dilihat di sini dan di halaman ini. Semoga penjelasannya bisa membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Kak, apa perbedaan partikel wa dan ga?

A) Penggunaan partikel wa dan ga dalam tatabahasa Jepang memang terkadang membingungkan. Untuk penjelasannya bisa langsung dibaca di halaman ini ya!

Q) konnichiwa.shitsumon ga arundesuga. Penjelasan dari kata keterangan tokuni bagaimana ya kak ? Arigatou gozaimashita

A) Secara sederhana “toku ni” diartikan “khususnya” atau “terutama”. Untuk penjelasan bagaimana penggunaannya dalam kalimat, silakan baca halaman ini ya!

Q) Untuk belajar kaiwa itu gimana ya Kak ?

A) Kaiwa secara sederhana diartikan sebagai “percakapan” dalam bahasa Jepang. Saat mempelajari bahasa Jepang, berlatih kaiwa alias percakapan menjadi salah satu cara untuk menguasai bahasa Jepang dengan lebih mudah. Penjelasan lengkapnya di halaman ini ya!