Q) Apa arti dari ちゃった dan apa saja penggunaannya? あなたが好きになっちゃった

A) “Chatta” adalah bentuk kasual dari “te shimaimashita/te shimatta” yang biasa digunakan sebagai bahasa lisan dalam percakapan sehari-hari. “Te shimaimashita” merupakan bentuk lampau dari “te shimau” yang maknanya sendiri adalah “tidak sengaja melakukan karena tidak ada maksud”. Untuk “nacchatta” pada kalimat “anata ga suki ni nacchatta”, “ni nacchatta” terbentuk dari “ni naru” + “te shimatta” = “ni natte shimatta” dan bentuk kasualnya berubah menjadi “ni nacchatta”. “Ni naru” sendiri maknanya “menjadi” yang merujuk pada suatu keadaan. Jadi, “suki ni nacchatta” yang kalimat aslinya “suki ni natte shimatta” artinya “menjadi suka”, di mana si pembicara sebelumnya tidak bermaksud menyukai “anata”, tapi berakhir jadi suka. Dapat disimpulkan, “chatta” yang merupakan bentuk kasual dari “te shimaimashita” maknanya akan mengalami perubahan sesuai dengan konteks kalimatnya. Semoga penjelasannya membantu.

Cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Kapan waktu penggunaan perubahan kosakata saat membuat kalimat?

A) Dalam bahasa Jepang terdapat berbagai bentuk perubahan kosakata, baik kata kerja maupun kata sifat. Saat ingin mengungkapkan kalimat lampau, maka kita perlu menggunakan bentuk lampau (kata kerja : mashita, kata sifat i : katta desu, kata sifat na / kata benda : dewa arimasen deshita, dan lain-lain). Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.

Q) saya mau bertanya tentang beasiswa sekolah bahasa jepang di jepang, apakah ada beasiswa untuk sekolah bahasa di jepang kak? kalau ada mohon infonya kak terimakasih

A) Ada beberapa beasiswa yang disediakan untuk pelajar Sekolah Bahasa Jepang, baik setelah terdaftar sebagai siswa maupun sebelum keberangkatan ke Jepang. Untuk lebih detailnya, silakan baca halaman ini.

Q) Tolong rekomendasikan universitas untuk pelajar asing.

A) Informasi universitas swasta yang paling banyak dipilih pelajar asing untuk belajar bisa dibaca di halaman ini .