Q) Bagaimana cara menggunakanあがる?

A) Secara harfiah “agaru” dalam bahasa Indonesia bisa diartikan ke dalam beberapa kata. Sehingga penggunaannya cukup luas. Ada 3 Kanji untuk “agaru” (上がる・挙がる・揚がる), tetapi yang paling umum digunakan adalah 上がる. Adapun arti dan makna dari “agaru” adalah : (1) Naik. Makna “naik” di sini menunjukkan beberapa hal, yaitu : adanya perubahan dari tempat/posisi yang rendah ke tempat/posisi yang lebih tinggi, keluar dari bawah/dalam air (misalnya kapal yang naik ke daratan, atau ketika kita selesai berendam/ofuro), masuk ke dalam rumah (orang lain). Kanji yang digunakan adalah 上がる (2) Angkat. Menunjukkan pergerakan dari posisi rendah ke posisi tinggi. Misalnya “tangan diangkat”. Kanji yang digunakan biasanya 挙がる (3) Menunjukkan harga dan nilai yang meningkat. (4) Muncul dari tempat yang tidak mencolok ke tempat yang lebih mencolok, sederhananya diartikan “terbit”. Kanji yang digunakan biasanya 挙がる. (5) Peningkatan derajat. Menunjukkan keadaan yang lebih tinggi dari orang lain. Sederhananya diartikan “terkenal”, “maju (dalam pekerjaan atau keadaan sosial)”. (6) Menunjukkan hal-hal yang sudah berakhir atau selesai. Biasanya digunakan ketika mengungkapkan pekerjaan atau suatu kegiatan yang sudah selesai atau berakhir, atau situasi tertentu yang berakhir, misalnya 雨が上がる/ame ga agaru/hujan berhenti. (7) Menunjukkan makanan yang (sudah) digoreng. Kanji yang digunakan adalah 揚がる. (8) Digunakan sebagai bahasa sopan dan hormat (sonkei-go) untuk “makan”, “minum”, “masuk (tempat)”, “mengisap rokok”. (9) Digunakan dalam kata majemuk yang digabungkan dengan kata kerja bentuk “masu”, dimana maknanya menunjukkan “suatu (proses) penyelesaian”, misalnya “tachi-agaru (berdiri)” yang maknanya menunjukkan adanya prose perubahan dari duduk sampai berdiri. (10) Dalam bahasa dialek Kyoto memiliki makna “pergi menuju arah utara”. Dengan memahami penjelasan makna dari kata “agaru” di atas, maka kita bisa dengan mudah memahami kapan kata “agaru” digunakan. Semoga penjelasan makna “agaru” ini mudah dipahami dan menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Sebenarnya, apa artinya もの di dlalam kalimat?そういうものです 冬は寒いだものだ 早く暖かくなって欲しいものだ 彼もなかなかやるものだね

A) Makna “mono” dalam tatabahasa Jepang cukup banyak tergantung konteks kalimat yang disampaikan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!

Q) konnichiwa.shitsumon ga arundesuga. Penjelasan dari kata keterangan tokuni bagaimana ya kak ? Arigatou gozaimashita

A) Secara sederhana “toku ni” diartikan “khususnya” atau “terutama”. Untuk penjelasan bagaimana penggunaannya dalam kalimat, silakan baca halaman ini ya!

Q) Apa arti kalimat ini? (やっぱり)我が家が一番 atau (やっぱり)うちが一番

A) Kedua kalimat di atas terdiri dari kosakata yang sama. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!