Q) Sensei, bisa jelaskan penggunaan ~te iru dalam kalimat2 ini? Apa artinya ~te iru? 毎日、忙しくしています. 彼は太っている。dll

A) Pola “te iru” dalam “isogashiku shite iru” menunjukan suatu rutinitas. Kalimat itu terkesan bermakna “sibuk karena terus dikejar-kejar sesuatu, yang terjadi setiap hari secara rutin”. Kemudian, “te iru” pada “futotte iru” menunjukkan keadaan yang terus berlanjut, sehingga sederhananya bisa diartikan “gemuk”, dengan makna bahwa dia masih dan sedang terus dalam keadaan gemuk. Pola “te iru” secara umum menunjukkan kejadian yang sedang berlangsung dalam kurun waktu tertentu atau suatu kebiasaan. Untuk penjelasan tambahan, silakan lihat artikel “te iru” dan artikel “ku suru” ya.  

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Cara cepat (bisa) bahasa Jepang?

A) Cara untuk bisa cepat menguasai bahasa Jepang tentu dengan semakin sering belajar dan berlatih bahasa Jepang. Hal yang terpenting adalah fokus dan konsisten untuk meluangkan waktu belajar dan berlatih bahasa Jepang. Penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini ya.  

Q) Perbedaan node dan kara apa?

A) Baik “node” maupun “kara” adalah partikel yang digunakan untuk menyatakan alasan atau sebab, secara sederhana diartikan “karena”. Bagaimana perbedaan penggunaanya bisa dibaca selengkapnya di halaman ini ya.

Q) Penggunaan Katakana untuk apa saja?

A) Huruf Katakana umumnya digunakan untuk menuliskan kata serapan dari bahasa asing dan nama orang asing. Namun, selain itu, Katakana sering juga digunakan untuk menulis kosakata bahasa Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.