Q) Kenapa dalam kalimat ini menggunakan bentuk ~ te iru? Kenapa tidak mengatakan okiru dan shinu? 今日は夜中の1時まで起き​ている​つもりだ あそこにゴキブリが死ん​でいる​

A) 今日は夜中の1時まで起き​ている​つもりだ => Fungsi “~te iru” adalah menyatakan sesuatu yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, kalimat ini menggunakan “okite iru” karena pembicara menyatakan bahwa dia akan ada dalam keadaan terbangun (begadang) sampai jam 1 malam nanti. Apabila menggunakan “okiru”, maka nuansanya adalah “kegiatan bangun” tersebut belum dilakukan, atau baru akan dilakukan. Sedangkan untuk kalimat あそこにゴキブリが死ん​でいる​ menggunakan “shinde iru” karena pembicara secara tidak sengaja melihat kecoa yang sudah mati dan tidak tahu kapan kecoa tersebut mati, jadi pembicara menyatakan “kecoa yang di sana dalam keadaan mati”. Apabila sebelumnya pembicara melihat secara langsung ketika kecoa masih hidup kemudian mati, maka yang digunakan adalah 死んだ/死にました, karena pembicara melihat proses dari dia masih hidup sampai akhirnya mati. Sedangkan “shinu”, sama halnya dengan “okiru” menunjukkan suatu keadaan yang belum terjadi. Untuk melihat penjelasan lengkap tentang penggunaan “~te iru”, bisa dibaca di halaman ini. Semoga penjelasannya membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Kapan waktu penggunaan perubahan kosakata saat membuat kalimat?

A) Dalam bahasa Jepang terdapat berbagai bentuk perubahan kosakata, baik kata kerja maupun kata sifat. Saat ingin mengungkapkan kalimat lampau, maka kita perlu menggunakan bentuk lampau (kata kerja : mashita, kata sifat i : katta desu, kata sifat na / kata benda : dewa arimasen deshita, dan lain-lain). Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.

Q) Sensei oshiete :’3 Tentang tata bahasa ため ( に ) dalam penggunaan untuk kata benda dan kata kerja. Terima kasih sebelumnya!

A) Tatabahasa ために (tame ni) bisa digunakan dengan kata benda, kata kerja, maupun kata sifat. Penggunaannya ada yang langsung dihubungkan dengan “tame ni” ada juga yang ditambahan partikel “no”. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Permisi saya mau tanya kalau ingin kuliah dan kerja di Jepang, apakah menguasai bahasa Jepang saja cukup atau harus ada skill skill lain? Dan nilai dokumen ijazah,raport SMA/sederajat harus tinggi ya? *Arigatou Gozhaimasu sensei*

A) Persyaratan untuk kuliah di Jepang sebagian besar berbeda-beda tergantung jurusan, fakultas, dan universitas masing-masing. Begitu juga untuk bekerja di Jepang, persyaratan mengenai kemampuan bahasa dan skil lainnya ditentukan sesuai jenis pekerjaan dan setiap perusahaan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.