Q) 先生 Mohon penjelasan tentang penggunaan てくれます、てあげます、てもらいます.

A) (1) てあげる/てあげます-~te ageru/~te agemasu (Memberi). Subjek (Pemberi) memberikan perbuatan (KB2+KK) kepada KB1 (Penerima). Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan bahwa subjek memberikan suatu perbuatan kepada penerima, dan perbuatan tersebut menguntungkan si penerima. Contoh : Watashi wa Sakura-san ni indonesia-go wo oshiete agemashita. (Saya mengajarkan bahasa Indonesia kepada Sakura-san.) Penjelasan lengkapnya bisa dilihat di halaman ini. (2) てくれる/てくれます-~te kureru/~te kuremasu (Menerima). Pola kalimat : SUBJEK + wa + KB1 + ni + KB2 + wo + KK ~te + kuremasu. Subjek (Pemberi) memberikan perbuatan (KB2+KK) kepada KB1 (Penerima). (*penerima : pembicara, orang yang dekat dengan pembicara). Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan bahwa pelaku aksi (pemberi) melakukan sesuatu untuk pembicara atau orang yang hubungannya dekat dengan pembicara seperti keluarga, kolega, dsb. Contoh : Sakura-san ga watashi ni nihon-go wo oshiete kuremashita. (Sakura-san mengajarkan bahasa Jepang kepada saya.) Penjelasan lengkapnya bisa dilihat di halaman ini. (3) てもらう/てもらいます-~te morau/~te moraimasu (Menerima). Pola kalimat : SUBJEK + wa + KB1 + ni + KB2 + wo + KK ~te + moraimasu. Subjek (Penerima) menerima perbuatan (KB2+KK) dari KB1 (Pemberi). Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan bahwa subjek menerima sesuatu perbuatan dari pemberi dan perbuatan tersebut menguntungkan penerima. Pembicara sendiri tidak dapat menjadi pemberi dalam pola kalimat ini. Contoh : Watashi wa Sakura-san ni manga wo kashite moraimashita. (Saya dipinjami komik oleh Sakura-san.) Penjelasan lengkapnya bisa dilihat di halaman ini.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Kalau ingin mencatat materi bahasa Jepang di sini dari mana dulu untuk pemula?

A) Bagi para pemula yang ingin belajar bahasa Jepang, silahkan mulai belajar dari ungkapan paling sederhana, yaitu ungkapan salam, kemudian coba secara bertahap mempelajari huruf Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.

Q) Bagaimana pola kalimat yang digunakan untuk menyebutkan beberapa hobi kita? Contoh kalimat : Hobi saya menari, menonton film dan menjahit.

A) Pola kalimat untuk menyebutkan beberapa hal bisa dengan pola “tari” atau “to”. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.  

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!