Ketika Anda tinggal sendiri di Jepang dan akan pindah, Anda cenderung memikirkan masalah-masalah mengenai biaya awal untuk sewa tempat tinggal yang baru, metode pindahan dan kapan akan pindahan. Namun, di luar hal itu sebenarnya masih banyak hal yang harus diurus oleh warga asing seperti melaporkan perubahan alamat dan lain sebagainya.

Jika Anda terlambat melaporkan dan mengurus hal-hal tersebut, ini akan merepotkan Anda sendiri karena kemungkinan Anda harus membayar tagihan bulanan sampai dua kali lipat dan akan butuh waktu untuk menyiapkan hal-hal yang Anda perlukan di tempat tinggal yang baru. Agar tidak terjadi hal seperti itu, perhatikanlah hal-hal yang akan saya sampaikan di bawah ini!

Sponsor LINK

Mengurus Perubahan Alamat di Kartu Izin Tinggal dan Kartu Penduduk

Pertama-tama, periksalah cara mengurus perubahan alamat kartu penduduk (juumin-hyou). Mengurus perubahan alamat di kartu penduduk umumnya ada 2 cara.
Pertama, jika Anda pindahan di daerah atau kota yang sama. Anda tidak perlu mengurus perubahan Alamat sebelum pindahan, tetapi sebaiknya Anda mengurus “Pemberitahuan Perubahan Alamat (Tenkyotodoke)” di kantor administrasi daerah Anda maksimal 14 hari setelah pindahan.

Sebaliknya, jika tempat tinggal Anda yang baru ada di luar daerah atau di luar kota, pertama-tama Anda harus mengurus “Pemberitahuan Perubahan Alamat (Tenkyotodoke)” di kantor administrasi daerah tempat lama Anda. Anda bisa mengurus ini mulai dari 14 hari sebelum Anda pindahan. Selanjutnya, dalam kurun waktu 14 hari setelah pindahan, Anda harus mengurus “Pemberitahuan Pindah Alamat (Tennyuutodoke)” di kantor administrasi daerah tempat tinggal Anda yang baru. Kedua formulir bisa Anda dapatkan di kantor administrasi daerah Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mengubah alamat yang tercantum pada Kartu Izin Tinggal (Zairyuu Kaado), Anda cukup membawa kartu ini saat mengurus perubahan atau pindah alamat dan petugas akan mencantumkan alamat baru Anda, setelah alamat baru dituliskan maka prosedur pun selesai. Alamat baru dituliskan di Kartu Izin Tinggal yang Anda miliki tanpa perlu mengganti kartu tersebut. Pastikan Anda membawa Kartu Izin Tinggal (atau surat keterangan izin tinggal) Anda, baik saat mengurus perubahan alamat di tempat lama maupun di tempat baru.

Sebagai tambahan, jika ada perubahan informasi di luar alamat seperti perubahan lembaga atau perusahaan, maka Anda juga perlu mengurus laporan perubahan ke kantor imigrasi terdekat.

Uruslah Laporan Perubahan Segera Setelah Waktu Pindahan Ditetapkan

Uruslah Perubahan Alamat di Tempat Kerja atau Sekolah

Pertama-tama, laporkanlah perubahan alamat Anda di sekolah, tempat kerja atau lembaga lainnya. Apakah Anda perlu melakukan prosedur lainnya atau tidak, mungkin akan diberitahu secara rinci oleh pihak sekolah atau tempat kerja. Sebagai tambahan, pihak sekolah atau kantor biasanya menyediakan penanggung jawab yang akan membantu Anda mengurus prosedur-prosedur yang diperlukan. Jika Anda bekerja, umumnya pihak perusahaan yang akan mewakili Anda untuk mengurus prosedur yang berkaitan dengan urusan pajak dan asuransi yang sudah terdaftar di perusahaan.

Perubahan Alamat di Layanan Internet

Saya rasa banyak orang yang kesulitan jika tidak ada internet, oleh karena itu sebaiknya Anda menyelesaikan urusan ini secepat mungkin. Sebisa mungkin uruslah prosedurnya 2 minggu sebelum Anda pindahan. Jika Anda melakukan kontrak sendiri, hubungilah kantor layanan internet yang Anda gunakan. Jika internet sudah termasuk ke dalam layanan sewa kamar, Anda tidak perlu mengurus apapun, namun Anda perlu memastikan apakah di tempat Anda yang baru sudah terpasang internet atau belum. Tanyakanlah ke pihak agen sewa rumah atau pemilik rumah yang baru. Jika tidak ada, silakan lakukan prosedur kontrak layanan internet yang baru.

Jika Anda menggunakan smartphone atau telepon seluler dengan layanan kontrak, jangan lupa untuk mengurus perubahan alamat di kantor cabang provider yang Anda gunakan.

Mengurus Berbagai Prosedur 1-2 Minggu Sebelum Pindahan

Mengurus Alamat Pengiriman di Kantor Pos

Apabila Anda hanya mengurus perpindahan alamat di kantor administrasi daerah, ada kemungkinan surat atau barang kiriman akan tetap dikirimkan ke alamat Anda yang lama. Untuk menghindari hal tersebut, Anda pun perlu melaporkan perubahan alamat di kantor pos tujuan pengiriman. Caranya, Anda hanya perlu mengisi surat lampiran yang disediakan di kantor pos. Bahkan akhir-akhir ini, Anda bisa melakukan perubahan alamat di kantor pos melalui smartphone Anda.
・Perubahan alamat melalui smartphone ⇒ https://welcometown.post.japanpost.jp/etn/

Jika Anda melakukan hal ini, ketika ada barang yang terkirim ke alamat lama Anda dalam kurun waktu setahun sejak pindahan, maka pihak kantor pos akan mengirimkannya langsung ke alamat baru Anda. Apabila barang atau surat kiriman sampai di alamat yang baru, pastikan Anda memberitahu pihak pengirim mengenai alamat baru Anda.

Hubungi Pihak NHK

Apabila di rumah Anda terdapat TV atau komputer untuk menonton acara TV, terlepas dari kewarganegaraan, Anda harus membayar layanan siaran NHK (Penyiaran Publik Jepang). Jika TV sudah tersedia dari pihak yang menyewakan kamar, mungkin pemilik rumah sudah membayarnya, namun sebagian besar kontrak layanan NHK dilakukan secara pribadi. Jika seperti itu, pastikan Anda mengurus perubahan alamat melalui telepon atau internet.
・Mengubah alamat melalui internet ⇒ https://pid.nhk.or.jp/jushinryo/AddressChangeMenu.do
・Informasi biaya layanan ⇒ https://pid.nhk.or.jp/jushinryo/toiawase/

Jika Anda lupa mengurus hal ini, ada kemungkinan Anda harus membayar biaya layanan di tempat lama dan tempat baru.

Hubungi Pihak Penyedia Air

Apabila Anda melakukan perjanjian penggunaan saluran air secara pribadi, Anda perlu menghentikan penggunaan di tempat lama dan mengurus perjanjian baru di tempat tinggal yang baru. Apabila rumah yang lama dan yang baru berada di bawah cakupan perusahaan penyalur air yang sama, Anda bisa mengurus keduanya secara bersamaan, namun jika wilayah cakupan penyalur air di tempat yang baru berbeda dengan sebelumnya maka Anda perlu mengurus pendaftaran penggunaan saluran air di tempat baru.

Jumlah pemakaian air di tempat Anda tinggal bisa Anda ketahui melalui slip tagihan setiap bulannya, pembatalan kontrak akan lebih lancar jika Anda mengetahui “nomor pelanggan” dan “nomor persediaan air” yang tertera pada slip tagihan.

Umumnya Anda bisa menghubungi perusahaan saluran air melalui telepon, namun Anda juga bisa mengajukan permohonan pemberhentian melalui internet. Berhati-hatilah karena jika Anda tidak melakukan pemberhentian saluran air, Anda harus tetap membayar tagihan air walaupun tidak menggunakannya.

Hubungi Perusahaan Penyedia Listrik

Perjanjian penggunaan listrik pun biasanya terpisah dari kontrak sewa rumah, oleh karena itu Anda sendiri perlu mengurus pemberhentian penggunaan listrik. Anda bisa mengurus pemberhentian melalui website perusahaan atau telepon. Sama halnya dengan saluran air, untuk listrik pun ada “nomor pelanggan”, jadi jangan lupa untuk memeriksanya.

Apabila di tempat baru Anda menggunakan perusahaan listrik yang berbeda, pembatalan dan pendaftaran baru dilakukan secara terpisah.

Hubungi Perusahaan Penyedia Gas

Untuk masalah gas, sebaiknya Anda mengurusnya secepat mungkin. Hal ini dikarenakan petugas perusahaan gas perlu mengunjungi tempat Anda tinggal secara langsung untuk membuka dan menutup saluran gas, jadi Anda perlu menyesuaikan waktu kunjungan.

Hubungi perusahaan gas yang Anda gunakan, kemudian putuskan waktu kunjungan untuk menutup gas di rumah lama dan membuka gas di rumah baru (jika menggunakan perusahaan yang sama). Sebelum menutup saluran gas, pastikan Anda membersihkan area sekitar dan melepas peralatan gas. Sama halnya dengan air dan listrik, jika Anda menggunakan perusahaan berbeda di tempat yang baru, prosedur penutupan dan pembukaan gas dilakukan secara terpisah.

Sebagai tambahan, ketika Anda mengurus perubahan alamat penggunaan air, gas dan listrik, Anda juga bisa mengurus perubahan cara membayar tagihan bulanan. Misalnya, jika selama ini Anda membayar dengan cara mentransfer tiap bulan di kantor pos dan ingin menggantinya menjadi penarikan otomatis dari rekening Bank, dengan mengurusnya secara langsung maka akan menghemat waktu Anda, oleh karena itu Anda bisa mempertimbangkan pilihan ini.

Mengurus Perubahan Alamat di Bank

Bagi Anda yang membuat rekening Bank Jepang untuk membayar tagihan biaya sekolah, Anda juga perlu mengurus perubahan alamat di Bank. Anda tidak perlu mengubah nomor rekening Bank Anda, jadi tidak perlu terburu-buru mengurusnya, namun karena bisa saja pihak Bank mengirimkan surat ke tempat Anda atau ketika Anda mengurus sesuatu di Bank tapi alamat Anda berbeda dengan alamat yang tertera, hal tersebut tentu akan menyulitkan Anda sendiri. Anda bisa mengurus perubahan alamat melalui telepon atau mengunjungi Bank secara langsung. Jika Anda menggunakan internet banking, Anda bisa juga mengurusnya melalui internet.

Sebagai tambahan, jika jarak tempat Anda pindah tidak terlalu jauh, Anda tidak perlu mengganti kantor cabang Bank. Jika Anda mengganti kantor cabang, nomor rekening Bank Anda akan berubah sehingga Anda tidak akan bisa menggunakan buku tabungan dan kartu ATM Anda lagi, dan Anda pun harus mengurus perubahan rekening Bank di universitas, tempat kerja dan tempat-tempat lainnya yang menggunakan rekening Bank tersebut untuk pembayaran.

Anda hanya bisa menutup rekening Bank Anda di kantor cabang yang Anda gunakan, oleh karena itu, Anda tidak perlu mengubah kantor cabang kecuali jika Anda tidak bisa kembali ke kantor cabang yang Anda gunakan sekarang untuk menutup akun dikarenakan pindah ke tempat yang lebih jauh atau jika Anda akan kembali ke tanah air.

Prosedur yang Harus Anda Urus Setelah Pindahan

Hal yang perlu Anda lakukan di tempat baru setelah pindah adalah mengurus perubahan alamat di kartu penduduk, Kartu Izin Tinggal, Kartu MyNumber, asuransi kesehatan, dan cap nama (jika ada). Semuanya bisa Anda urus di kantor administrasi daerah tempat baru Anda. Pastikan Anda mengurusnya dalam kurun waktu 14 hari setelah pindahan. Tidak ada hukuman langsung jika Anda mengurusnya setelah hari ke 14, namun dalam kasus terburuk ada kemungkinan Anda akan didenda.

Sebagai tambahan, seperti yang sudah disampaikan, jika Anda pindah ke kota atau daerah yang berbeda, ketika Anda melakukan registrasi kependudukan di tempat yang baru Anda perlu menyertakan semua dokumen pindahan yang dibuat oleh kantor administrasi daerah tempat lama Anda. Oleh karena itu, pindah di daerah atau kota yang sama sangat dianjurkan.

Anda dapat menyelesaikan prosedur apapun di kantor administrasi daerah, namun karena masing-masing formulir memiliki isian dan loket pengajuan yang berbeda, jadi jika ada hal yang kurang jelas, silakan tanyakan kepada petugas resepsionis. Mereka akan menjelaskan prosedur-prosedur dan formulir yang diperlukan dengan jelas. Beberapa daerah bahkan menyediakan petunjuk dalam berbagai bahasa, namun jika Anda merasa khawatir, ketika mengurus hal-hal ini Anda bisa mengajak orang yang sudah fasih berbahasa Jepang.

※ Asuransi Kesehatan Nasional :
Warga negara asing yang berada di Jepang di luar tujuan wisata dan terdaftar di kartu kependudukan harus mendaftarkan diri menjadi anggota asuransi kesehatan nasional jika tidak memiliki asuransi kesehatan perusahaan.
※ Kartu MyNumber :
Jika Anda memiliki “kartu pemberitahuan” untuk kartu MyNumber dan belum mengajukan pembuatan kartu MyNumber, Anda tidak perlu mengurusnya sebelum pindahan. Silahkan mengajukan pembuatan kartu ketika Anda sudah pindah di tempat baru.

Kesimpulan

Selain mengurus perubahan alamat seperti yang sudah disebutkan di atas, bagi Anda yang memiliki SIM Jepang, memiliki mobil dan motor, menggunakan layanan sewa tempat parkir di luar bangunan yang Anda tinggali, memelihara anjing, maka Anda pun perlu mengurus perubahan alamat untuk hal-hal ini. Lebih jelasnya, Anda bisa menghubungi masing-masing pihak yang bersangkutan.

Selain itu, ketika Anda mengurus perubahan alamat, pastikan Anda bisa menjawab secara langsung alamat lama Anda, nama, alamat baru, dan waktu pindahan (hari di mana Anda keluar dari tempat lama dan menghuni tempat baru). Untuk beberapa hal, akan lebih mudah jika Anda mencatat nomor pelanggan dan nomor kontrak Anda. Jangan lupa juga untuk menyiapkan Kartu Izin Tinggal (Zairyuu Kaado) Anda.

Hal-hal yang akan Diperiksa dan Dokumen Penting yang Diperlukan saat Melakukan Perjanjian Sewa Tempat Tinggal di Jepang

Alur dan Prosedur Penting saat Pindah dari Tempat Tinggal Sewa di Jepang