Ketika Anda sudah terbiasa dengan kehidupan di Jepang, apakah Anda berpikir untuk pindah? Mungkin Anda berpikir bahwa pindahan hanya tentang mengangkut barang bawaan Anda dan semua sudah selesai setelah Anda memindahkan barang bawaan ke tempat baru! Tetapi sayangnya selalu ada masalah yang terjadi.

Oleh karena itu, saya akan memperkenalkan masalah yang sering terjadi dan cara menanggulanginya agar Anda bisa mencegah masalah terjadi sebelum dan setelah pindahan dan Anda dapat menangani masalah yang mungkin terjadi dengan baik, bahkan bagi warga asing yang tinggal di Jepang untuk jangka waktu pendek sekalipun.

Sponsor LINK

Masalah yang Berhubungan dengan Pembatalan Pindahan

Apabila Anda akan menggunakan jasa agen pindahan, apakah bisa dibatalkan?

Sebenarnya, ketika Anda sudah melakukan perjanjian dengan agen pindahan, Anda bisa membatalkan perjanjian tersebut dengan alasan apapun tanpa harus membayar jika Anda menghubungi pihak agen pindahan 3 hari sebelum waktu pindahan. Jika Anda diminta untuk membayar biaya ganti rugi Anda pun bisa menolaknya. Mengenai pembatalan biasanya dijelaskan dalam surat perjanjian, oleh karena itu pastikan Anda memeriksanya baik-baik.

Akan tetapi, jika Anda membatalkan kurang lebih 2 hari sebelum pindahan, maka pembatalan akan dikenai biaya dan Anda akan membutuhkan upaya dan waktu lebih lama lagi untuk mengubah jadwal pindahan, jadi saya sarankan sebisa mungkin untuk tidak membatalkannya. Terutama hindari mengubah jadwal hanya karena Anda “belum menyelesaikan persiapan pindahan”.

Selain itu, apabila Anda mendapatkan kardus dan sebagainya ketika melakukan perjanjian, Anda harus membelinya atau mengembalikannya ketika Anda membatalkan perjanjian.

Barang yang Dikirimkan Rusak atau Salah Kirim

Agen pindahan tentu saja profesional, oleh karena itu mereka akan melakukan tugasnya dengan penuh kehati-hatian, namun selalu ada saja barang yang salah kirim. Mungkin jarang terjadi untuk paket pindahan tunggal, namun jika jadwal pengangkutan barang dari tempat lama dan pengiriman ke tempat baru berbeda hari, barang Anda akan disimpan di gudang untuk sementara waktu dan mungkin akan terbawa ke dalam truk yang mengangkut barang-barang pindahan orang lain.

Sangat penting untuk mengetahui barang-barang apa saja yang menjadi milik Anda, sehingga Anda dapat menyadarinya secara langsung jika ada barang yang hilang. Sebaiknya Anda mencatat ada berapa banyak kardus, apa saja dan di mana barang-barang dirapikan, agar lebih aman lagi Anda bisa memotret barang-barang pindahan Anda.

Selain itu, untuk perabot dan barang elektronik yang besar, ada kemungkinan rusak selama di perjalanan karena bertubrukan. Pertama-tama, sebelum barang bawaan Anda diangkut pastikan Anda memeriksa apakah barang Anda ada bagian yang rusak, kotor dan sebagainya. Untuk mencegah terjadinya masalah, sebaiknya Anda pun memotretnya agar Anda bisa memeriksanya lagi nanti. Kemudian, saat barang pindahan Anda diangkut ke tempat baru, pertama-tama periksa keadaan barang Anda. Jika Anda menghubungi agen pindahan dalam waktu 3 bulan setelah pindahan dan terbukti kerusakan diakibatkan oleh kesalahan petugas, Anda mungkin akan mendapatkan uang jaminan.

Untuk alasan ini, pada saat melakukan perjanjian saya sarankan Anda memeriksa apakah agen pindahan yang Anda gunakan sudah termasuk asuransi atau tidak, berapa jumlah maksimum kompensasi yang bisa Anda dapatkan dan apa saja yang termasuk ke dalam jaminan.

Adanya Biaya Tambahan

Umumnya, biaya pindahan akan sesuai dengan estimasi yang sudah dihitung sebelumnya, namun terkadang ada biaya tambahan yang harus dibayarkan saat hari pindahan. Terutama jika diperlukan pengepakan atau pengiriman secara khusus.

Misalnya, jika saat hari pindahan Anda belum selesai mengepak barang pindahan, petugas akan membantu dan mengepak barang-barang pindahan Anda atau jika ada permintaan pembuangan barang yang tidak direncanakan. Atau, jika jumlah barang lebih banyak dari yang direncanakan dan tidak bisa dibawa sekaligus, tempat baru Anda tidak ada lahan untuk memarkir truk sehingga harus menggunakan tempat parkir berbayar dan sebagainya, maka Anda harus membayar biaya tambahan.

Selain itu, jika perabot dan barang elektronik besar yang Anda miliki bisa diangkut tanpa masalah dari tempat lama tetapi tidak bisa dimasukkan ke tempat baru karena pintu dan lorong yang sempit, maka petugas akan mengangkatnya dengan mobil derek untuk memasukkannya lewat jendela, bahkan jika petugas tidak menjelaskan terlebih dahulu pun, Anda tetap harus membayar biaya tambahan untuk hal seperti ini.

Sebagai tambahan, sebagian besar ada biaya tambahan untuk pemasangan AC. Mungkin hal ini jarang terjadi jika Anda menyewa apato atau mansion, namun jika Anda membawa AC milik Anda sendiri, pastikan Anda dapat memasangnya di tempat baru tanpa harus mengganti atau menambahkan pipa dan selang.

Sulit untuk mengantisipasi hal-hal seperti di atas, tetapi Anda bisa mendiskusikannya ketika melakukan perjanjian, di mana truk angkut bisa berhenti, Anda juga sebaiknya memeriksa ukuran perabot dan barang elektronik Anda yang besar apakah bisa masuk melalui pintu di tempat baru Anda atau tidak. Tentu saja, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa barang bawaan sudah selesai Anda kemas semuanya.

Masalah yang Berhubungan dengan Biaya Pembersihan dan Shiki-kin (Uang Jaminan)

Masalah ini memang tidak berhubungan dengan agen pindahan, namun saat Anda meninggalkan tempat lama Anda, Anda bertanggung jawab untuk mengembalikan tempat yang Anda sewa ke keadaan yang sama seperti saat Anda pertama kali menghuninya. Jika ditemukan ada kotoran dan kerusakan yang disebabkan selama Anda tinggal, maka pemilik rumah akan meminta biaya perbaikan dan pembersihan.

Akan tetapi, apabila Anda membayar shiki-kin (uang jaminan) di awal, Anda tidak akan dimintai biaya tambahan selama uang jaminan cukup untuk menutupi biaya perbaikan dan pembersihan. Silahkan periksa kembali perjanjian saat Anda menyewa tempat tersebut. Selain itu, apabila uang jaminan tidak habis terpakai, sebaiknya Anda menanyakan kapan dan bagaimana sisa uang tersebut akan dikembalikan.

Kesimpulan

Saya sudah menyampaikan masalah-masalah yang sering terjadi ketika pindahan di Jepang. Bahkan orang Jepang pun seringkali mengalami masalah-masalah tersebut. Namun, bagaimanapun warga asing mungkin akan mengalami kesulitan berbahasa, dan orang Jepang seharusnya mengerti bahwa orang asing tidak akan mengerti jika tidak dijelaskan dengan benar.

Apabila Anda merasa khawatir dengan bahasa Jepang Anda, ketika Anda memilih tempat tinggal baru atau melakukan perjanjian dengan agen pindahan, sebaiknya Anda meminta tolong teman orang Jepang atau teman Anda yang sudah fasih berbahasa Jepang untuk membantu berbicara atau membacakan kontrak agar Anda lebih tenang.