Di Jepang ada budaya berkeliling menyapa tetangga ketika pertama kali pindah ke tempat baru. Namun kebiasaan ini sama sekali tidak diperlukan apabila tempat baru Anda adalah lingkungan tempat tinggal seperti apato dan mansion.

Lalu, dalam keadaan seperti apakah salam sapaan itu diperlukan? Selain itu, kapan dan bagaimana sebaiknya Anda melakukannya? Berikut akan saya sampaikan poin-poin utamanya. 

Sponsor LINK

Apakah Memperkenalkan Diri ke Tetangga saat Pindahan Diperlukan?

Umumnya Jauh Lebih Baik Jika Anda Melakukannya

Berdasarkan survei yang dilakukan, hampir 66% orang yang pernah pindahan menjawab bahwa mereka pergi berkeliling memberikan salam perkenalan kepada tetangga baru mereka. Apabila Anda tinggal bersama keluarga sangatlah penting menjalin hubungan akrab dengan tetangga, oleh karena itu masih banyak orang yang mempertahankan kebiasaan ini. Walaupun Anda hanya menyapa sekali, jika suatu hari terjadi sesuatu, Anda setidaknya bisa meminta tolong kepada mereka. Di Jepang ada istilah “orang lain yang ada di dekat kita jauh lebih baik dibandingkan saudara yang tinggal jauh”.

Selain menyampaikan tentang kepindahan Anda, kelebihan memperkenalkan diri saat pindahan adalah akan membantu Anda mengenal orang-orang seperti apa yang tinggal di lingkungan Anda. Anda akan mengetahui siapa saja yang tinggal sendiri, siapa saja yang berkeluarga, siapa orang yang bisa dimintai tolong dan siapa orang yang kelihatannya menakutkan, dengan hal ini Anda akan bisa merasa lebih aman.

Sebaliknya, mereka yang tinggal sendiri yang memperkenalkan diri kepada tetangga saat pindahan hanya ada sekitar 38%. Tampaknya, mereka yang tinggal sendirian banyak yang tidak melakukan kebiasaan ini.

Jika Anda Tinggal Sendiri Buat Keputusan Setelah Anda Melihat Situasi Lingkungan

Mereka yang tinggal sendirian dan tidak memperkenalkan diri kepada tetangga saat pindahan memiliki beberapa alasan. Salah satunya, ketika pindah ke lingkungan mansion dan apato yang ada di perkotaan, penghuninya jauh lebih banyak dan terkadang tidak ada tetangga yang bisa diajak berkenalan. Selain itu, untuk wanita yang tinggal sendirian, hal ini mungkin tidak baik untuk keamanan, oleh karena itu beberapa orang menghindari hal ini. Apabila Anda tinggal sendiri di daerah perumahan yang ada di perkotaan tidak masalah jika Anda berpikir bahwa Anda tidak perlu memperkenalkan diri Anda.

Di sisi lain, di daerah pedesaan atau pinggir kota, jika dibandingkan mungkin masih banyak orang yang memperkenalkan diri saat pindahan bahkan mereka yang tinggal sendiri sekalipun. Sebagai tambahan, lingkungan khusus pelajar, tempat tinggal khusus wanita, khusus warga negara asing, share house dan lingkungan tempat tinggal khusus lainnya, biasanya diperlukan menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar lingkungan, oleh karena itu, ketika Anda melakukan kontrak dengan pemilik rumah sebaiknya Anda menanyakan apakah Anda perlu memperkenalkan diri Anda atau tidak.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Berkunjung untuk Perkenalan Diri

Tetangga Mana Saja yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Jika Anda hendak meperkenalkan diri Anda saat pertama kali pindah, sebaiknya siapa saja yang Anda kunjungi? Sejak dahulu kala di Jepang, ada kebiasaan memperkenalkan diri kepada “3 rumah yang ada di seberang tempat Anda dan 2 rumah yang ada di samping Anda (sebelah kiri dan kanan). Jika Anda tinggal di mansion atau apato, “3 rumah yang ada di seberang” biasanya diganti dengan kamar yang tepat ada di lantai bawah dan atas Anda.

Biasanya suara dari kamar Anda akan mudah terdengar sampai ke kamar yang ada di bawah dan atas dan cenderung menimbulkan masalah. Selain itu, Anda juga mungkin perlu berkomunikasi ketika ada kebocoran air. Oleh karena itu, jauh lebih aman jika Anda mengenal mereka.

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Anda bisa mengunjungi tetangga baru Anda sebelum pindahan, namun jika tidak memungkinkan sebaiknya Anda mengunjungi mereka tepat di hari pindahan Anda. Disarankan untuk memperkenalkan diri Anda sebelum pindahan karena dengan begitu Anda bisa meminta maaf sebelumnya jika nanti saat hari pindahan orang-orang dan barang-barang yang keluar masuk mungkin akan mengganggu mereka. Apabila Anda memperkenalkan diri sebelum pindahan, Anda akan terhindar dari masalah karena tetangga Anda sudah mengetahui hari kedatangan Anda ke tempat baru dan mungkin akan bisa memaklumi keributan yang mungkin ditimbulkan oleh Anda.

Apabila Anda tidak bisa memperkenalkan diri sebelum pindahan, sebaiknya lakukanlah di hari Anda pindahan. Apabila Anda melakukannya beberapa hari kemudian, ada kemungkinan Anda berpapasan saat membuang sampah, jadi jauh lebih baik memperkenalkan diri terlebih dahulu untuk meninggalkan kesan yang baik.

Untuk waktunya sendiri, sebaiknya lakukan di antara pukul 10 pagi sampai 8 malam. Jika Anda berkunjung terlalu pagi atau terlalu malam, tentunya akan mengganggu mereka. 

Akan tetapi, sekali lagi saya sampaikan, memperkenalkan diri bukanlah suatu kewajiban. Apabila Anda berpapasan sewaktu-waktu dengan tetangga, Anda bisa menyapa mereka dengan sekedar mengucapkan “konnichi wa (selamat siang, halo)” atau “doumo (halo)”, hal itu dirasa sudah cukup. 

Apa yang Harus Anda Bawa

Sudah menjadi hal yang umum membawa oleh-oleh sederhana ketika memperkenalkan diri kepada tetangga baru. Yang paling sering dibawa adalah handuk, serbet, tisu dan sebagainya. Barang lainnya seperti sabun dan deterjen, banyak juga orang yang membawa berbagai macam kue camilan. Namun, bukan berarti Anda bisa memberikan barang yang sudah Anda beli di konbini atau supermarket begitu saja, bungkuslah dengan kertas atau dus yang cantik disertai lipatan kertas khusus hadiah yang disebut “noshi”. Tuliskan “ungkapan perkenalan” Anda di atas “noshi” dan nama lengkap Anda di bagian bawahnya.

Barang yang ingin Anda berikan bisa didapatkan di online shop seperti Rakuten Ichiba, amazon dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membelinya di department store atau supermarket. Ketika Anda membungkusnya jangan lupa untuk menyertakan “noshi”. Di department store atau supermarket besar biasanya ada konter di dekat kasir yang menerima jasa pembungkusan hadiah. Untuk 1 rumah Anda bisa membeli hadiah dengan harga 500-1000 yen, jika memberikan handuk, berikanlah sekitar 2 buah. Untuk tisu, pilihlah kotak yang lucu atau yang sedikit lebih mahal.

Anda bisa mengenakan pakaian biasa ketika berkunjung, tetapi hindarilah memakai pakaian yang kotor atau pakaian lama. Saat Anda memperkenalkan diri, sampaikanlah informasi mengenai Anda agar tetangga Anda tidak kaget. Perkenalkanlah diri Anda dengan sopan,

“Hikkoshi no goaisatsu ni ukagaimashita. 〇nichi ni 〇goushitsu ni hikkoshitekuru ××desu. Hikkoshi no sai ni wa gomeiwaku wo okakesuru kamoshiremasen ga, yoroshiku onegaishimasu”

“Saya berkunjung dengan maksud memperkenalkan diri. Nama saya ××, yang baru saja pindah hari 〇 ke kamar nomor 〇. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda saat saya pindahan, salam kenal dan mohon bantuan untuk ke depannya.” 

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang memperkenalkan diri kepada tetangga saat pindahan. Dengan memperkenalkan diri tentunya membuat Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan tetangga, namun mereka yang tinggal sendirian banyak yang tidak melakukan hal ini, jadi ada baiknya Anda menyesuaikan dengan keadaan sebelum memutuskan akan melakukannya atau tidak.

Jika Anda memberitahu teman dekat Anda di sekolah atau kantor tentang kepindahan Anda, bisa saja mereka memperkenalkan kenalan mereka. “Teman saya juga tinggal di sana, nanti saya kenalkan”, dengan begitu mungkin ada orang yang bisa Anda jadikan teman. Jika ada kesempatan seperti itu, jangan sungkan untuk minta diperkenalkan, untuk memperluas jaringan pertemanan Anda.