Perabot seperti apakah yang benar-benar diperlukan dan sangat berguna ketika Anda tinggal seorang diri di Jepang?

Untuk menjalani kehidupan baru Anda secepat mungkin, seringkali Anda membeli kebutuhan secara terburu-buru, tetapi sebaiknya jangan terburu-buru dan buat keputusan dengan baik. Dengan mengetahui ciri khas rumah sewa di Jepang dan peralatan rumah tangga yang diperlukan, maka akan membantu Anda ketika memilih perabot apa saja yang perlu Anda beli.

Sponsor LINK

Cara Memilih Peralatan Rumah Tangga Bagi Anda yang Tinggal Sendiri

Pertama-tama, periksalah peralatan rumah tangga yang benar-benar dibutuhkan setiap orang. Seperti mesin cuci, kulkas, lampu dan mungkin komputer. Akan tetapi, pilihlah barang-barang yang sesuai dengan kamar dan kehidupan Anda. 

Saya sarankan Anda memilih mesin cuci ringan berukuran 4 kg. Akhir-akhir ini, di Jepang sudah jarang yang menggunakan mesin 2 tabung dan biasanya memakai mesin 1 tabung. Tentu saja, terlebih dahulu periksa ukuran dan tipe mesin cuci yang sesuai dengan tempat di mana Anda bisa meletakkannya. Rumah sewa di Jepang biasanya sudah menyediakan “tempat mesin cuci” di mana pipa pembuangan mesin cuci terhubung dengan saluran pembuangan.

Begitu juga dengan kulkas, bagi Anda yang jarang masak sendiri sebaiknya Anda memilih kulkas 2 pintu (freezer dan pendingin) yang berukuran kecil. Akhir-akhir ini, ada konbini (minimarket) dan supermarket di sekitar perumahan, Anda tidak perlu membeli persedian bahan masakan dan karena hal ini banyak orang yang tidak membeli kulkas besar, bahkan mereka yang sudah berkeluarga sekalipun.

Selanjutnya, saya akan menjelaskan peralatan rumah tangga lainnya yang cenderung membuat Anda bingung untuk membelinya atau tidak.

Apakah Benar-benar Diperlukan? Peralatan yang Ingin Dibeli Setelah Mempertimbangkannya dengan Baik

Tidak Puas Hanya dengan Komputer, Membeli TV Juga!

Akhir-akhir ini, banyak anak muda yang tidak memiliki TV. Banyak orang yang merasa sudah cukup mendapatkan informasi melalui smartphone dan komputer mereka, sehingga tidak terburu-buru untuk membeli TV. Bagi Anda yang ingin membeli TV, pilihlah TV yang ukurannya sesuai dengan kamar Anda. Untuk TV baru berukuran kecil (tipe 16-24), Anda bisa menemukannya mulai dari harga 10.000 yen.

Sebagai tambahan, jika Anda memiliki TV maka Anda memiliki kewajiban untuk membayar layanan saluran NHK (mulai dari 1200 yen).

Bagaimana dengan Pendingin dan Pemanas Ruangan?

Jepang mungkin memberikan kesan negara yang bersuhu dingin, namun di luar dugaan panasnya sangat luar biasa ketika musim panas, kecuali untuk daerah-daerah yang sangat dingin. Bahkan jika Anda bisa bertahan di musim dingin hanya dengan 1 penghangat mungkin Anda akan cukup sulit untuk menghadapi musim panas hanya dengan 1 pendingin. Hampir tiap tahun banyak orang yang mengalami “heat stroke”, oleh karena itu belilah AC dan gunakan sebaik mungkin, jangan terlalu memikirkan untuk menghemat biaya listrik.

Jika rumah sewa Anda tidak menyediakan AC, sebaiknya secepat mungkin Anda membelinya. Harga AC baru untuk kamar berukuran kecil mulai dari 50.000 yen. Jangan lupa juga untuk memeriksa biaya pemasangan.

Penyedot Debu : Perhatikan Tampilan, Ukuran dan Kinerjanya

Apakah Anda akan menggunakan mesin penyedot debu atau tidak untuk membersihkan kamar, terlebih dahulu Anda harus memeriksa jenis lantai kamar Anda. Jika menggunakan lantai kayu, pertama-tama Anda bisa mencoba menggunakan pembersih lantai biasa yang bisa Anda beli di toko serba 100 yen. Akan tetapi, jika lantai Anda dilapisi oleh karpet, mungkin Anda akan membutuhkan mesin penyedot debu.

Ketika Anda membeli mesin penyedot debu, saya sarankan Anda untuk membeli yang berukuran kecil dan ringan, serta tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Sebisa mungkin pilihlah mesin dengan bunyi yang tidak nyaring dan daya isap yang baik. Yang paling murah bisa Anda temukan mulai dari harga 4.000 yen, dan sekitar 10.000 yen untuk mesin yang sedikit lebih canggih.

Memilih Alat Memasak! Rice Cooker, Microwave, Teko Listrik

Bagi orang Jepang, selain jenis beras itu sendiri, banyak orang yang mementingkan cara yang baik ketika menanak nasi, oleh karena itu banyak sekali jenis rice cooker (mesin penanak nasi) di Jepang. Namun, jika Anda tinggal sendiri, Anda cukup membeli rice cooker kecil yang bisa memasak sampai 3 mangkuk dan hanya memiliki fungsi yang sederhana saja. Rice cooker yang sederhana biasanya terpasang panel yang menunjukkan ketika menanak nasi, menghangatkan dan waktu. Akhir-akhir ini, ada juga mini rice cooker untuk memasak 1,5 sampai 2 mangkuk nasi yang ditujukan untuk mereka yang tinggal sendiri. Anda dapat menemukan keduanya mulai dari harga 4.000 yen.

Akan lebih praktis jika Anda memiliki microwave, namun biasanya konbini dan supermarket terdekat pun menyediakan microwave. Jika Anda hanya memanaskan lauk pauk yang Anda beli, saya rasa tidak masalah jika Anda tidak membeli microwave. Jika Anda membelinya, sebaiknya pilihlah yang berukuran kecil dengan fungsi yang minimalis. Anda bisa menemukannya dengan harga kurang lebih 5.000-6.000 yen.

Selain itu, bagi Anda yang sering minum kopi dan teh atau sering makan mie cup, Anda akan terbantu jika memiliki teko listrik. Harganya mulai dari 2.000 yen, jadi bisa Anda masukkan sebagai barang tambahan.

Jika Anda Ingin Menghemat, Carilah “Penjualan Set” atau “Barang Bekas”

Sekitar bulan Maret sampai April, dikarenakan banyaknya orang yang mulai hidup sendiri baik untuk sekolah maupun bekerja, biasanya toko-toko peralatan rumah tangga dan home center menjual “seperangkat peralatan rumah tangga”. Misalnya satu set terdiri dari 3 barang yaitu kulkas, mesin cuci, dan microwave, dan ada juga yang terdiri dari 5 barang ditambahkan dengan rice cooker dan mesin penyedot debu.   

Kekurangannya adalah Anda tidak bisa memilih barangnya satu persatu sesuai keinginan Anda, jadi walaupun Anda merasa kulkasnya bagus, mungkin Anda tidak cocok dengan mesin cuci dan barang lainnya. Namun, harganya cenderung jauh lebih murah. Untuk 1 set yang terdiri dari 3 barang, biasanya dihargai 50.000-60.000 yen, tapi ada juga yang menjualnya dengan harga 40.000-50.000 yen.

Selain itu, banyak juga seperangkat barang bekas yang dijual di toko daur ulang (recycle shop). Jika 1 set dengan 3 barang baru dihargai sekitar 40.000 yen, Anda bisa mendapatkan barang bekas lebih murah dengan harga paling mahal 30.000 yen, oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin menghemat.

Anda juga bisa menemukan set peralatan rumah tangga yang baru atau bekas dengan memesannya secara online di online shop peralatan rumah tangga, Rakuten Ichiba, dan sebagainya. Namun, jangan lupa untuk memeriksa apakah ukurannya pas untuk diletakan di kamar Anda atau tidak!

Kesimpulan

Saya sudah menyampaikan beberapa peralatan rumah tangga yang praktis untuk Anda yang tinggal sendiri beserta kisaran harganya. Selain yang sudah disebutkan di atas, yang sering terlupakan adalah peralatan rumah tangga yang kecil. Bagi Anda yang setiap hari sering memakai kaos dan celana jeans, tentu saja perlu memiliki setrikaan. Selain itu, Anda yang rambutnya tebal dan panjang mungkin sebaiknya jangan lupa untuk membeli hair dryer juga.

Bagi Anda yang ingin menghemat, Anda bisa membeli barang bekas, dan Anda yang tinggal untuk waktu yang sebentar bisa dengan menyewanya. Silahkan pertimbangkan dengan baik!