Saat pertama kali pindahan di Jepang, semua prosedur sudah lengkap setelah Anda mengurus pergantian alamat, mengepak barang-barang dan melakukan kontrak sewa di tempat tinggal yang baru! Jika Anda telah menyelesaikan semuanya, mari kita bayangkan apa yang harus Anda lakukan saat hari pindahan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada hari H pindahan seperti membutuhkan sesuatu yang tidak terduga tetapi Anda tidak memilikinya atau Anda belum menyelesaikan hal-hal yang harus dilakukan sebelum petugas dari perusahaan pindahan datang, silahkan baca tulisan saya berikut ini.

Sponsor LINK

Menyelesaikan Persiapan Pindahan sebelum Petugas Pindahan Datang

Apabila Anda menggunakan jasa agen pindahan atau menggunakan jasa kurir untuk mengirimkan barang-barang Anda, hal yang paling penting adalah Anda harus ada dalam keadaan sudah menyiapkan semuanya sebelum waktu dan tanggal yang sudah dijanjikan.

Mungkin agak aneh, namun petugas pindahan atau kurir di Jepang benar-benar akan datang sesuai jam yang sudah dijanjikan. Apabila saat petugas datang ke tempat Anda dan barang-barang yang akan dikirimkan masih dalam keadaan tidak rapi dan sedang Anda kemas, hal tersebut akan menghambat proses pengambilan barang Anda dan mungkin akan mengganggu jadwal petugas yang sudah direncanakan sebelumnya.

Oleh karena itu, sebelum petugas pindahan atau kurir datang, Anda harus ada dalam keadaan sudah mengepak semua barang yang akan dikeluarkan dengan sempurna. Sehingga petugas tidak perlu membantu Anda mengepak barang dan tidak menunggu terlalu lama.

Alur dan Biaya yang Dibutuhkan saat Anda Pindahan di Jepang


Tuliskan dengan jelas barang-barang yang Anda masukkan ke dalam kardus. Jika Anda menuliskan keterangan di atas kardus, tulisan tidak akan terlihat ketika kardus-kardus ditumpuk, oleh karena itu tulislah keterangannya di bagian samping kardus. Terutama untuk barang-barang yang ingin segera Anda gunakan atau barang pecah belah agar petugas pun mengetahuinya. Setelah semua barang diangkut keluar, yang tersisa di kamar hanya koper Anda saja! Dengan begitu semuanya selesai dengan sempurna.

Apabila Anda berteman dengan tetangga di sekitar tempat Anda tinggal jangan lupa untuk mengucapkan salam perpisahan.

Pengangkutan Barang oleh Agen Pindahan dari Tempat Lama

Mengawasi Pengangkutan Barang

Di hari pindahan, Anda akan melakukan pengawasan barang-barang yang akan diangkut keluar dari tempat lama. Apabila Anda menggunakan jasa kurir pengiriman, Anda bisa meletakkan kardus-kardus di area genkan (dekat pintu), jauh lebih baik jika petugas tidak masuk sampai ke bagian dalam rumah. Apabila Anda menggunakan jasa agen pindahan, Anda bisa menyimpannya di mana saja, namun jauh lebih baik jika Anda sudah mengumpulkannya di satu tempat.

Setelah petugas dari agen pindahan datang, berikan salam dan lakukan pembayaran. Anda bisa menggunakan pembayaran dengan kartu kredit untuk penangguhan pembayaran, namun umumnya biaya pindahan dibayar secara cash (bayar di awal, sekali bayar). Biasanya jumlah yang harus dibayarkan sudah diberitahukan ketika Anda mengajukan permohonan, oleh karena itu siapkan uang pas yang tidak memerlukan kembalian dan masukkan ke dalam amplop.

Selanjutnya, mengawasi barang-barang yang akan diangkut keluar. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan atau pembongkaran barang-barang selama proses pengangkutan. Untuk pindahan tunggal (seorang diri), petugas yang sudah profesional membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit sampai 1 jam untuk menyelesaikannya.

Membersihkan dan Menyerahkan Kamar

Setelah semua barang diangkut keluar, pisahkan sampah-sampah pindahan kemudian bersihkan kamar. Anda tentu saja harus membersihkan kamar dengan teliti sebelum hari pindahan, namun Anda mungkin belum sempat membersihkan bagian di mana barang-barang pindahan dan perabotan diletakkan, oleh karena itu penting sekali bagi Anda untuk membersihkan bagian-bagian tersebut. Apabila Anda menjaganya sebersih mungkin, Anda bisa mengurangi biaya perbaikan dan pembersihan dan mungkin Anda bisa mendapatkan kembali uang jaminan (shiki-kin) Anda.

Hal yang Perlu Diketahui tentang “Shiki-kin, Rei-kin, Hoshou-kin” saat Mencari Kamar Sewa di Jepang!


Selain itu, apabila masih ada sampah yang tersisa jangan lupa untuk memisahkannya. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan kalendar sampah, oleh karena itu apabila saat hari pindahan tidak sesuai dengan jadwal pembuangan sampah, Anda harus membawanya ke tempat tinggal yang baru dan membuangnya sesuai dengan kalendar sampah di tempat tersebut. Jika ada tetangga Anda yang baik hati dan jadwal pembuangan sampah tinggal beberapa hari lagi, mungkin Anda bisa meminta tolong kepada mereka.

Sebagai tambahan, sebaiknya Anda mengurus pemutusan saluran air, listrik, gas dan sebagainya 1 minggu sebelum hari pindahan. Untuk gas, mungkin Anda perlu bertemu langsung dengan petugas untuk melakukan penutupan saluran gas. Silahkan periksa kembali ketika Anda mengajukan pemutusan.

Setelah semuanya selesai, baik di hari yang sama, keesokan harinya atau sesuai waktu yang sudah dijanjikan, akan dilakukan pengecekan kondisi kamar, kemudian Anda akan mengembalikan kunci kepada petugas agen sewa rumah atau pemilik rumah, setelah itu proses pindahan dari kamar sewa pun selesai.

Alur dan Prosedur Penting saat Pindah dari Tempat Tinggal Sewa di Jepang

Mengurus Pindahan di Tempat Baru

Menggunakan Listrik, Gas dan Air untuk Pertama Kali

Anda bisa menggunakan agen pindahan untuk mengangkut barang, namun mereka tidak memberikan jasa pengangkutan orang, oleh karena itu Anda pindah ke tempat baru sendiri. Kemudian, mulailah melakukan persiapan di tempat tinggal Anda yang baru.

Sebagian besar saluran air dan listrik bisa langsung Anda gunakan di hari pertama Anda menghuni kamar sewa baru, oleh karena itu cobalah menyalakan saklar listrik dan memeriksa aliran air. Untuk gas, Anda perlu menghubungi kantor penyedia gas sebelum pindahan karena petugas perlu menyalakan saluran gas secara langsung. Sebaiknya Anda menanyakan kembali kepada petugas agen sewa rumah atau pemilik rumah mengenai prosedur apa saja yang perlu Anda urus sebelum dan sesudah menghuni kamar sewa.

Memeriksa Keadaan Kamar

Bagi Anda yang sudah pernah tinggal di rumah sewa di Jepang tentu memahami hal ini. Setelah Anda menerima kunci dan menghuni kamar, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah memeriksa keadaan kamar. Hal ini diperlukan untuk mengecek pemulihan kamar saat Anda meninggalkan atau pindah dari kamar tersebut nantinya.

Hal ini sangat penting untuk pengembalian uang jaminan (shiki-kin) nantinya, oleh karena itu periksalah dengan teliti, jika ada goresan dan bagian yang kotor, pastikan Anda memotretnya dan menuliskan keterangan. Beberapa agen sewa rumah dan pemilik rumah biasanya meminta laporan tersebut.

Mengawasi Barang yang akan Dimasukkan

Di tempat yang baru pun Anda perlu mengawasi petugas pindahan saat memasukkan barang. Jadwalnya sendiri akan ditetapkan sebelumnya oleh pihak petugas. Untuk pindahan sederhana (seorang diri), mungkin hanya memasukkan barang-barang dan meletakkan perabotan dan furnitur di tempat yang ditunjukan, petugas membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, setelahnya tinggal Anda yang membongkarnya.

Sebagai tambahan, setelah Anda pindah ke tempat baru di Jepang, ada kebiasaan memberikan salam kepada tetangga. Akan tetapi, ini biasanya dilakukan oleh yang sudah berkeluarga dan tinggal di rumah pribadi. Saat ini, mereka yang tinggal sendiri di rumah atau kamar sewa semakin jarang melakukannya demi alasan keamanan.

Jika Anda mempertimbangkan keadaan tempat dan daerah di mana Anda tinggal, Anda sebaiknya terlebih dahulu menanyakan kepada agen sewa rumah atau pemilik rumah apakah perlu menyapa tetangga atau tidak. Untuk Anda yang tinggal di apato atau mansion, biasanya sudah menjadi hal yang umum menyapa penghuni kamar yang ada di samping kiri-kanan dan bawah Anda.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai alur dan persiapan di hari pindahan jika Anda menggunakan jasa agen pindahan untuk mengangkut barang-barang pindahan dari tempat lama ke tempat baru. Sekali lagi, petugas agen pindahan dan kurir pengiriman barang di Jepang akan datang sesuai dengan waktu dan tanggal yang sudah dijanjikan, mereka bekerja dengan cepat sesuai dengan perjanjian, membereskannya dan pulang ke rumah tepat waktu.

Begitu pula dengan agen sewa rumah dan petugas dari perusahaan gas, mereka akan menyelesaikan urusan mereka di hari tersebut sesuai dengan perjanjian. Jika waktunya tidak memungkinkan, Anda sebaiknya menghubungi mereka dan menjadwal ulang waktu perjanjian serta meminta maaf terlebih dahulu bukan setelahnya.

Ketika Anda pindahan, Anda perlu berinteraksi dengan berbagai macam orang seperti ini, sehingga kemampuan perencanaan Anda pun akan diuji. Buatlah perencanaan mengenai waktu dan hal apa saja yang harus dilakukan!