Saya pikir mereka yang tinggal sendirian dan berencana untuk pindahan banyak yang memilih untuk mengurusnya sendiri tanpa harus menggunakan jasa agen pindahan. Keuntungannya, selain menghemat biaya, Anda juga bisa menyesuaikan waktu dengan bebas, namun tentu saja ada juga kekurangannya.

Oleh karena itu, kali ini saya akan menyampaikan beberapa tips bagi warga asing untuk menghemat biaya dan menghindari terjadinya masalah ketika mengurus pindahan sendiri.

Sponsor LINK

Tips Pindahan Sendiri ① Persiapan

Memilih Jasa Kurir Pengiriman Barang

Walaupun dikatakan mengurus pindahan sendiri, hampir tidak mungkin Anda melakukannya seorang diri kecuali jika barang bawaan Anda sedikit dan tempat baru Anda jaraknya dekat. Jika Anda tidak memiliki barang-barang yang besar, Anda tidak perlu mengangkutnya sendiri. Sebaiknya Anda mengemas barang-barang Anda ke dalam kardus, kurang lebih sampai 10 kardus, dan mengirimnya dengan menggunakan jasa kurir pengiriman. Untuk kurir pengiriman ke perorangan, umumnya Anda bisa menggunakan jasa “YUUPAKKU” milik kantor pos dan KURONEKO YAMATO. Selain itu, ada juga kurir Sagawa, Seino dan lain sebagainya. Jika barang-barang Anda hanya kardus saja, perbedaan antara agen pindahan dan kurir pengiriman hanya sekadar apakah mereka diperbolehkan masuk ruangan atau tidak.

Menyewa Mobil dan Bantuan Orang Lain

Berikutnya, jika Anda tidak menggunakan jasa kurir pengiriman, Anda bisa menyewa mobil dan jasa seseorang.

Bagi Anda yang tinggal di Jepang sebagai pelajar asing, sebagian besar mungkin tidak memiliki SIM. Selain itu, dikarenakan SIM Indonesia yang Anda miliki tidak bisa digunakan di Jepang, jika Anda ingin mengendarai mobil di Jepang, Anda perlu melakukan tes untuk mendapatkan SIM Jepang, namun hal ini cukup sulit.

Akan tetapi, jika Anda ingin mengangkut barang pindahan Anda dengan mobil, pertama-tama Anda perlu menyewa orang yang memiliki mobil dan bisa mengendarainya.

Apabila tidak ada orang yang memiliki mobil, Anda bisa menyewanya di rental mobil. Jika Anda tinggal di perkotaan ada banyak tempat rental mobil, carilah tempat yang memiliki mobil yang cukup besar dan bisa disewa dengan harga murah. Tentu saja Anda akan terbantu jika ada orang yang bisa dimintai tolong untuk mengemudikan truk, tetapi jika Anda tidak memiliki perabot dan barang elektronik besar, Anda cukup menyewa mobil kecil dan mengangkut barang 2-3 kali balikan.

Ketika Anda mengangkut barang dari tempat lama ke tempat baru, terlebih dahulu pastikan di mana Anda bisa memarkir mobil, jalan mana yang akan Anda gunakan, apakah jalannya satu arah, apakah ada tempat yang harus Anda perhatikan dan lain sebagainya.

Menghemat dengan Menggunakan Bahan-bahan yang Murah

Ketika pindahan Anda perlu menggunakan kardus, tergantung dari ukurannya, rata-rata 1 kardus dijual mulai dari 300 yen. Jika Anda menggunakan 10 kardus, maka Anda harus mengeluarkan uang sebanyak 3000 yen, dan mungkin saja mencapai 5000 yen dengan bahan-bahan lainnya.

Akan tetapi, Anda bisa menemukan kardus secara gratis di sekitar tempat Anda. Misalnya, Anda bisa menemukannya di Supermarket, kardus yang disediakan secara gratis biasanya disimpan di dekat kasir. Anda juga bisa menemukannya di halaman belakang konbini (minimarket) dan drug store, atau meminta secara langsung kepada mereka. Carilah kardus yang tepat, hindari kardus yang terlalu kecil, tutupnya sudah robek dan berbahan tidak terlalu kuat.

Tempat juga cukup mempengaruhi, biasanya kardus-kardus yang ada di konbini dan drug store lebih bersih dibandingkan dengan yang ada di supermarket yang sebagian besar kardus bekas produk makanan. Setelah Anda mengumpulkan kardus-kardus, mulailah mengepak barang-barang Anda dimulai dari barang yang tidak akan Anda gunakan lagi!

Selain bahan untuk mengemas barang, Anda juga mungkin memerlukan bahan pelindung. Jika barang-barang Anda hanya kardus saja mungkin Anda tidak memerlukannya, namun jika ada perabot dan barang elektronik besar, untuk menghindari terjadinya kerusakan di dalam ruangan, Anda perlu menggunakan bahan pelindung ketika mengeluarkan dan memasukkannya dari tempat lama ke tempat baru. Anda bisa membeli atau menyewa bahan pelindung perabotan.

Tips Pindahan Sendiri ② Pada Saat Hari Pindahan

Mengeluarkan Barang Pindahan dari Tempat Lama

Pada hari pindahan, berhati-hatilah mengeluarkan barang dan mulailah dari barang yang paling besar. Jika Anda tinggal sendirian mungkin barang-barang besar hanya ada sedikit, namun jika diperlukan, pastikan Anda memasang pelindung di sekitar ruangan, lorong dan lift sebelum Anda mengangkut perabotan besar Anda. Anda mungkin harus bolak-balik mengangkut barang pindahan Anda dari tempat lama ke tempat baru kecuali jika Anda menggunakan mobil besar atau truk. Anda bisa menyerahkan semua tugas pengangkutan kepada sopir yang sudah Anda sewa. Sebagai penyewa, Anda perlu merapikan dan membersihkan kamar lama Anda kemudian Anda bisa mengangkut beberapa barang yang tersisa.

Sebagai tambahan, akan lebih aman jika Anda meminta 1 orang teman untuk menunggu di tempat baru sehingga ketika barang pindahan Anda sampai di tempat baru ada seseorang yang bisa membantu memasukkan barang pindahan Anda. Dengan begitu, setelah sopir meletakkan barang-barang Anda di tempat baru, dia bisa kembali ke tempat lama Anda untuk mengangkut barang-barang yang tersisa. Sebisa mungkin, jangan tinggalkan barang pindahan Anda dalam jangka waktu yang lama di tempat yang mungkin menghalangi jalan bagi orang lain.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menyewa Mobil

Jika Anda menyewa mobil dan meminta orang lain untuk mengemudikannya, Anda harus menggunakan nama orang tersebut saat meminjam mobil, oleh karena itu pada hari Anda meminjam mobil, orang tersebut bisa langsung mengambil dan mengembalikan mobil yang disewa. Jangan lupa untuk terlebih dahulu memeriksa biaya rental dan bensin, ongkos yang diperlukan oleh supir dari rumahnya ke tempat rental mobil dan sebagainya. Hindari pemikiran “nanti saja”.

Jika Anda yang akan mengemudikan mobil, patuhi peraturan waktu sewa, siapkan SIM, passport dan dokumen lain yang diperlukan, dan jangan lupa untuk mengisi penuh bensin sebelum Anda mengembalikan mobil yang Anda sewa (biasanya dijelaskan ketika melakukan perjanjian menyewa mobil). Dikarenakan ini adalah mobil sewaan, tidak baik jika mobil dikembalikan dalam keadaan ada goresan atau kotoran. Oleh karena itu, untuk keamanan sebaiknya Anda menutupi bagian dalam mobil dengan selimut sebelum memasukkan barang-barang Anda.

Memeriksa Tempat Lama dan Tempat Baru

Pastikan Anda menerima kunci tempat baru sebelum hari pindahan. Sebelumnya, periksalah keadaan kamar dan perabotan yang ada di dalamnya, jauh lebih baik jika Anda memutuskan di mana sebaiknya Anda meletakkan barang-barang milik Anda.

Penutupan saluran gas dan pemeriksaan kamar di tempat lama bisa dilakukan pada hari pindahan atau setelahnya, selain itu Anda juga perlu mengembalikan kunci tempat lama. Anda mungkin akan sangat sibuk pada hari pindahan, jadi sebisa mungkin buatlah jadwal yang membuat Anda nyaman. Setelah barang pindahan Anda diangkut keluar, jangan lupa untuk membersihkan tempat lama dan pastikan tidak ada barang Anda yang tertinggal.

Jika Anda Memilih untuk Menggunakan Jasa Agen Pindahan

Apabila Tidak Diperbolehkan oleh Agen Sewa Rumah

Beberapa agen sewa rumah ada yang melarang penggunaan jasa agen pindahan. Hal ini dikarenakan pada saat barang pindahan diangkut ada kemungkinan akan merusak dan mengotori kamar dan bangunan. Mungkin tidak akan jadi masalah jika Anda menggunakan paket pindahan tunggal atau tidak ada perabot yang harus dibawa oleh 2 orang, namun untuk berjaga-jaga jauh lebih baik untuk memeriksanya terlebih dahulu. Sebagai tambahan, jika tempat baru Anda adalah bangunan baru, jauh lebih aman jika Anda menghindari mengangkut barang pindahan sendirian.

Apabila Anda Memiliki Perabot dan Barang Elektronik Besar

Mengangkut perabotan dan barang elektronik yang berukuran besar bisa menyebabkan kecelakaan jika dilakukan oleh amatir. Selain itu, karena mobil yang bisa digunakan bukan mobil biasa dan harus meminjam mobil semacam truk dan sebagainya, mungkin Anda akan kesulitan mencari orang yang bisa mengendarainya. Jika ada benda yang ukuran dan beratnya tidak bisa dibawa oleh 1 orang, sebaiknya Anda meminta bantuan orang yang sudah profesional.

Apabila Tidak Ada Orang yang Bisa Anda Mintai Tolong

Cukup sulit jika Anda mengurus pindahan seorang diri tanpa bantuan agen pindahan atau kurir pengiriman barang. Setidaknya diperlukan total 2 orang yang perlu Anda mintai tolong, 1 orang yang mengemudikan mobil dan sebisa mungkin 1 orang yang membantu di tempat yang baru, kecuali jika Anda bisa mengemudikan mobil besar. Tentu saja jangan lupa untuk memberi mereka makan siang dan uang sebagai ucapan terima kasih.

Kesimpulan

Bagaimana? Seperti yang sudah disampaikan di atas, hal-hal yang bisa Anda serahkan kepada agen pindahan atau kurir pengiriman, di luar dugaan sangat sulit jika Anda merencanakan dan mengurusnya seorang diri. Akan tetapi, hal ini menjadi mungkin jika Anda memiliki waktu yang cukup dari mulai mempersiapkan sampai waktu pindahan,, jarak tempat pindahan Anda dekat, barang yang Anda miliki jumlahnya sedikit dan ada orang yang bisa Anda mintai tolong.

Bagi Anda yang akan pindahan di Jepang, carilah metode pindahan yang paling tepat dengan memperhatikan dari berbagai sudut baik dari biaya, waktu, keamanan dan hal-hal lainnya.