Kuliah di Universitas Kansai

Universitas Kansai

Universitas Kansai (Kan-Dai), dahulunya merupakan “Sekolah Hukum Kansai”, sekolah hukum pertama di wilayah Kansai yang dibuka pada tahun 1886. Sekolah ini didirikan atas kerjasama para hakim dan jaksa Jepang yang belajar dari Boissonade, pakar hukum dari Perancis yang juga bekerja sebagai penasihat hukum Kementerian Kehakiman.

Pada tahun 1904, Sekolah Hukum Kansai membuka Jurusan Ekonomi, dan pada tahun berikutnya mengubah namanya menjadi “Universitas Swasta Kansai”. Kemudian, dengan adanya bantuan yang kuat dari asosiasi pebisnis Kansai, pada tahun 1922, akhirnya secara hukum diakui sebagai lembaga universitas. Sebagai universitas swasta di wilayah Kansai, Universitas Kansai menjadi universitas tercepat yang diakui setelah Universitas Ritsumeikan.  

Setelah Perang Dunia kedua, Universitas Kansai mereformasi sistem dengan mendirikan 4 fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Bisnis. Saat ini, Universitas Kansai menjadi salah satu universitas terbesar di Jepang dengan jumlah mahasiswa sekitar 30.000 orang yang terdaftar di 13 program sarjana, 16 program pascasarjana, dan berbagai program pascasarjana untuk keahlian khusus.   

Tingkat Kesulitan dan Ketenaran Universitas Kansai

Nilai standar yang diperlukan untuk masuk Universitas Kansai secara garis besar berkisar antara 52,5 – 70, tergantung dari masing-masing fakultas.

Di antara 13 program sarjana, fakultas tersulit di Universitas Kansai adalah Fakultas Bahasa Asing, Fakultas Sastra, Fakultas Sosiologi, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Politik, dan Fakultas Teknik Lingkungan dan Perkotaan, dengan nilai standar masuk kurang lebih 65.

Di antara universitas swasta yang ada di wilayah Kansai, Universitas Kansai merupakan universitas tersulit setelah Universitas Doshisha dan Universitas Ritsumeikan yang ada di Kyoto. Selain itu, Universitas Kansai sangat terkenal dan bergengsi di wilayah Kansai karena adanya sejarah dan prestasi yang panjang.

Lokasi Universitas Kansai

Kampus yang digunakan oleh mahasiswa program sarjana Universitas Kansai berpusat di Kampus Senriyama yang berlokasi di Suita-shi, 4 kampus lainnya berlokasi di wilayah Osaka. 

Kampus Senriyama

  • Alamat : 3-3-35 Yamate-cho, Suita-shi, Osaka 564-8680
  • Jalur Kereta : Hankyu-Senri Line (Stasiun Kandai-Mae, 5 menit jalan kaki)
  • Fakultas : Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis, Fakultas Sosiologi, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Bahasa Asing, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Teknik Lingkungan dan Perkotaan, Fakultas Bioteknologi Kimia

Kampus Takatsuki

  • Alamat : 2-1-1 Ryozenji-cho, Takatsuki-shi, Osaka 369-1095
  • Jalur Kereta :
    JR Kyoto Line (Stasiun Settsu-Tonda, 16 menit dengan bus)
    JR Kyoto Line (Stasiun Takatsuki, 26 menit dengan bus)
  • Fakultas : Fakultas Informatika

Kampus Takatsuki Muse

  • Alamat : 7-1 Hakubai-cho, Takatsuki-shi, Osaka 569-1098
  • Jalur Kereta :
    JR Kyoto Line (Stasiun Takatsuki, 7 menit jalan kaki)
    Hankyu-Kyoto Line (Stasiun Takatsuki-shi, 10 menit jalan kaki) 
  • Fakultas : Fakultas Ilmu Keamanan Sosial

Kampus Sakai

  • Alamat : 1-11-1 Kaorigaoka-cho, Sakai-ku, Sakai-shi, Osaka 590-8515
  • Jalur Kereta : Nankai-Dentetsu-Koya Line (Stasiun Asakayama, jalan kaki langsung) 
  • Fakultas : Fakultas Kesehatan dan Kesejahteraan 

Sebagai tambahan, selain program kuliah reguler, di Universitas Kansai pun ada “Program Khusus Mahasiswa Asing (Kursus Persiapan Program Pendidikan Bahasa dan Budaya Jepang)”, yang setiap tahunnya diikuti oleh hampir 100 orang mahasiswa asing. Pada tahun 2012, didirikan “Minami-Senri International Plaza” dengan fasilitas pendidikan dan asrama internasional untuk Program Khusus Mahasiswa Asing ini.   

Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Asing

Berikut biaya pendidikan dan biaya-biaya lainnya untuk 1 tahun pertama berdasarkan tahun ajaran 2020.

Fakultas Hukum – Fakultas Sastra – Fakultas Ekonomi – Fakultas Bisnis – Fakultas Sosiologi – Fakultas Ilmu Politik – Fakultas Kesehatan dan Kesejahteraan

  • Biaya Masuk : 260.000 yen
  • Biaya Kuliah : 930.000 – 970.000 yen
  • Biaya Masuk Asosiasi Pendukung Pendidikan : 10.000 yen
  • Iuran Keanggotaan Dukungan Pendidikan : 7.000 yen
  • Iuran Keanggotaan Dasar Asosiasi Alumni : 10.000 yen
  • Total Biaya : 1.217.000 – 1.257.000 yen

Fakultas Informatika – Fakultas Ilmu Keamanan Sosial – Fakultas Teknik Mesin – Fakultas Teknik Lingkungan dan Perkotaan – Fakultas Bioteknologi Kimia

  • Biaya Masuk : 260.000 yen
  • Biaya Kuliah : 1.302.000 – 1.493.000 yen
  • Biaya Masuk Asosiasi Pendukung Pendidikan : 10.000 yen
  • Iuran Keanggotaan Dukungan Pendidikan : 7.000 yen
  • Iuran Keanggotaan Dasar Asosiasi Alumni : 10.000 yen
  • Total Biaya : 1.589.000 – 1.780.000 yen

※Tahun kedua dan selanjutnya hanya membayar biaya kuliah dan biaya-biaya lainnya. (Iuran Keanggotaan Dasar Asosiasi Alumni dibayar sampai tahun kedua)
※Biaya kuliah dibayarkan secara terpisah (2 kali pembayaran) untuk semester musim semi dan semester musim gugur.

Jumlah Mahasiswa Asing dan Kewarganegaraan

Jumlah mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas Kansai, bisa dilihat di bawah ini.

  • Mahasiswa asing yang disponsori pemerintah (tahun ajaran 2020) : 2 orang
  • Mahasiswa asing yang mendanai sendiri (tahun ajaran 2020) : 974 orang 
  • Program Khusus Mahasiswa Asing (tahun ajaran 2020) : 115 orang
  • Program pertukaran pelajar asing (tahun ajaran 2019) : 176 orang
  • Program kuliah jangka pendek (tahun ajaran 2019) : 409 orang

Adapun mahasiswa asing yang mendanai sendiri berasal dari China (704 orang), Korea Selatan (152 orang), Taiwan (42 orang), Vietnam (8 orang), Indonesia (7 orang), Malaysia (6 orang) dan sebagainya. 

Ngomong-ngomong, ada 2 orang mahasiswa asing Indonesia dari Universitas Gadjah Mada yang berkuliah di program pertukaran pelajar asing tahun ajaran 2019. 

Seleksi Masuk Universitas Kansai

Dokumen yang Diperlukan untuk Pendaftaran

Dokumen yang Harus Diserahkan oleh Semua Peserta

  • Formulir Data Diri ※Format diunduh di website universitas
  • Esai tentang alasan mengajukan pendaftaran ※Format diunduh di website universitas
  • Ijazah SMA atau Surat Keterangan Kelulusan Asli
  • Transkrip Nilai Asli Selama di SMA
  • Fotokopi Paspor
  • Dokumen yang Diperlukan dengan Persyaratan Tertentu

Sertifikasi Pendidikan Bahasa Jepang

Ditujukan bagi peserta ujian fakultas yang tidak menyelenggarakan ujian wawancara. Secara umum, sertifikasi ini dikirimkan langsung oleh lembaga pendidikan bahasa Jepang tempat peserta belajar sebagai dokumen rahasia (konfidensial, dengan amplop tertutup). Namun, jika peserta belajar bahasa Jepang secara mandiri, peserta diharuskan mengisi data pada formulir khusus yang diunduh dari website universitas.  

Fotokopi Kartu Peserta Ujian EJU

Mahasiswa asing yang mendaftar ujian masuk Universitas Kansai, diharuskan mengikuti ujian EJU dengan mengambil mata ujian yang sudah ditetapkan fakultas masing-masing. Umumnya, persyaratan ini diwajibkan bagi semua peserta, tetapi, sebagian fakultas mewajibkan peserta mengikuti ujian EJU di bulan Juni tahun pendaftaran dan sebagian lainnya memperbolehkan peserta untuk mengirimkan hasil ujian dari 2 tahun lalu. Mohon perhatikan waktu pelaksanaan ujian. 

Sertifikat Asli Nilai atau Tingkatan Ujian Kemampuan Bahasa Inggris

Peserta ujian masuk Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis, Fakultas Sosiologi, Fakultas Kesehatan dan Kesejahteraan, diwajibkan mengirimkan dokumen yang menyatakan nilai atau tingkatan kemampuan bahasa Inggris dari salah satu ujian di bawah ini.

  • Fakultas Sastra :
    Cambridge English / The Eiken Test in Practical English Proficiency / The United Nations Associations Test of English / IELTS (Academic Module) / TOEIC® L&R / TOEFL iBT®
  • Fakultas Ekonomi : TOEIC® L&R / TOEFL iBT®
  • Fakultas Bisnis : TOEIC® L&R / TOEFL iBT®
  • Fakultas Sosiologi :
    IELTS di atas 3,5 (Academic Module) / TOEIC® L&R di atas 420 / TOEFL iBT® di atas 37
  • Fakultas Kesehatan dan Kesejahteraan : TOEIC® L&R / TOEFL iBT®

Mengirimkan Dokumen Pendaftaran

Pengiriman dokumen dari luar Jepang bisa dilakukan dengan menggunakan EMS atau pengiriman pos udara lainnya seperti DHL, dan dikirimkan sebelum batas waktu pendaftaran. Alamat tujuan pengiriman berbeda-beda sesuai dengan metode pengiriman, oleh karena itu, mohon periksa saat melakukan pendaftaran. 

Kriteria Pemeriksaan dan Seleksi Dokumen

Tidak ada kriteria khusus dalam pemeriksaan dan seleksi dokumen pendaftaran ujian masuk Universitas Kansai bagi mahasiswa asing. Namun, seperti yang sudah disebutkan di atas, khusus untuk Fakultas Sosiologi, nilai ujian bahasa Inggris harus memenuhi persyaratan yang ditentukan dan dilampirkan bersamaan dengan dokumen pendaftaran lainnya.

Selain itu, beberapa fakultas menerapkan kriteria tertentu bagi peserta yang mendaftar beasiswa pra masuk kuliah.

Jenis Ujian (Tertulis, Wawancara)

Untuk ujian masuk Universitas Kansai bagi mahasiswa asing, beberapa fakultas hanya melaksanakan pemeriksaan dan seleksi dokumen saja, dan ada juga fakultas yang melaksanakan ujian mandiri. Untuk pemeriksaan dan seleksi dokumen (menggunakan hasil ujian EJU), kelulusan ujian ditentukan dengan menilai dokumen-dokumen pendaftaran dan hasil nilai ujian EJU, oleh karena itu, peserta tidak perlu datang langsung ke Jepang.

Fakultas yang Melaksanakan Ujian Masuk dengan Menggunakan EJU 

Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Keamanan Sosial, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Teknik Lingkungan dan Perkotaan, Fakultas Bioteknologi Kimia 

Fakultas yang Melaksanakan Ujian Mandiri

Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis, Fakultas Sosiologi, Fakultas Kesehatan dan Kesejahteraan, Fakultas Informatika 

※Ujian mandiri Fakultas Informatika terdiri dari wawancara dan menulis esai pendek, fakultas lainnya hanya wawancara saja.

Jadwal Pendaftaran, Seleksi Hingga Pengumuman Kelulusan

Waktu pendaftaran ujian masuk Universitas Kansai untuk mahasiswa asing dibuka dalam 2 periode, pendaftaran bulan September dan pendaftaran di bulan November.

  • Pendaftaran bulan September :
    Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosiologi, Fakultas Informatika 
  • Pendaftaran bulan November :
    Fakultas Hukum, Fakultas Bisnis, Fakultas Kesehatan dan Kesejahteraan, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Keamanan Sosial, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Teknik Lingkungan dan Perkotaan, Fakultas Bioteknologi Kimia 

※Ujian masuk Fakultas Sastra dan Fakultas Ekonomi dilaksanakan di dua periode.

  1. Pendaftaran online (awal September/ pertengahan November)
  2. Pembayaran ujian masuk
  3. Mengirimkan dokumen yang diperlukan
  4. Menerima Kartu Ujian Peserta (pertengahan Oktober / awal Januari) 
  5. Pelaksanaan seleksi (pertengahan Oktober / awal Januari)
  6. Pengumuman kelulusan (awal November / pertengahan Januari) 

※Biaya ujian masuk : 35.000 yen.
※Dikarenakan adanya penyebaran virus Corona, untuk ujian masuk tahun ajaran 2021, ada beberapa perubahan untuk jadwal ujian, dokumen kualifikasi dan metode seleksi.

Beasiswa dari Universitas Kansai 

Beasiswa yang Tersedia

Universitas Kansai menyediakan beasiswa dalam kampus dan luar kampus (rekomendasi kampus atau mendaftar sendiri) khusus untuk mahasiswa asing yang membiayai sendiri. Selain itu, di antara beberapa beasiswa yang disediakan untuk semua mahasiswa pun, mahasiswa asing diperbolehkan untuk mendaftar.

Jumlah Beasiswa yang Diberikan

Berikut informasi beasiswa dalam kampus yang disediakan oleh Universitas Kansai. Rincian di bawah ini berdasarkan informasi tahun 2020 dan perencanaan untuk tahun 2021.

Beasiswa Pra Masuk Kuliah bagi Mahasiswa Asing yang Membiayai Sendiri

Penerima beasiswa pra masuk kuliah diseleksi bersamaan dengan penilaian ujian masuk. Kriteria seleksi berbeda-beda untuk masing-masing fakultas, beberapa fakultas melakukan seleksi berdasarkan hasil nilai ujian EJU dan tes kemampuan bahasa Inggris, dengan nilai yang memenuhi persyaratan. Untuk lebih jelasnya, mohon periksa halaman website Departemen Internasional Universitas Kansai.

  • Jumlah Penerima : 47 orang mahasiswa program sarjana (setiap fakultas 1 – 4 orang, Fakultas Bisnis 13 orang)
  • Jumlah Beasiswa : 140.000 – 460.000 yen/tahun (tergantung fakultas)

Beasiswa Mahasiswa Asing yang Membiayai Sendiri

  • Penerima : Mahasiswa asing tahun kedua ke atas yang membiayai sendiri dan memiliki nilai akademik yang sangat baik.
  • Jumlah Penerima : 3 orang untuk setiap fakultas
  • Jumlah Beasiswa : 150.000 – 460.000 yen/tahun (tergantung fakultas)

Beasiswa Ueda

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana tahun kedua ke atas yang memiliki nilai akademik yang sangat bagus, dan antusiasme belajar yang tinggi, tetapi kesulitan melaksanakan pendidikan karena masalah ekonomi keluarga.
  • Jumlah Beasiswa : 500.000 yen/tahun

Beasiswa Sumbangan dari Perusahaan Sponsor

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana dengan nilai akademik yang sangat bagus dan memiliki antusiasme belajar yang kuat, tetapi kesulitan melaksanakan pendidikan karena masalah ekonomi keluarga.
  • Jumlah Beasiswa : 240.000 yen/tahun

Beasiswa Akai – Nagira – Hisai – Noda

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana tahun ke-2 dengan nilai akademik yang sangat bagus dan memiliki antusiasme belajar yang kuat, tetapi kesulitan melaksanakan pendidikan karena masalah ekonomi keluarga. Pembukaan pendaftaran dibuka pada semester musim gugur tahun pertama (Beasiswa Noda hanya untuk mahasiswa Fakultas Informatika saja)
  • Jumlah Beasiswa : 240.000 yen/tahun, periode beasiswa selama 3 tahun

Beasiswa Asosiasi Persahabatan Universitas Kansai

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana tahun kedua ke atas yang memiliki nilai akademik yang sangat bagus, dan antusiasme belajar yang tinggi, tetapi kesulitan melaksanakan pendidikan karena masalah ekonomi keluarga. Pendaftaran dilakukan semeseter musim gugur tahun sebelumnya.
  • Jumlah Beasiswa : 240.000 yen/tahun, periode beasiswa 1 – 3 tahun

Proses dan Jadwal Seleksi

Untuk pendaftaran beasiwa setelah masuk kuliah di tahun pertama, umumnya, pada bulan Maret akan diadakan seminar penjelasan pendaftaran dan periode pendaftaran dibuka sekitar bulan April. Sebagian besar pendaftaran beasiswa untuk tahun ke-2 ke atas pun dibuka pada awal semester musim semi. Sebagian besar periode beasiswa berlangsung selama 1 tahun, dan mahasiswa perlu mendaftar setiap tahun.

Pendaftaran beasiswa luar kampus yang memerlukan rekomendasi dari pihak universitas dilaksanakan secara bersamaan pada musim semi. 

Informasi Universitas Kansai untuk Mahasiswa Asing (Website)