Kuliah di Universitas Kwansei Gakuin

Universitas Kwansei Gakuin

Universitas Kwansei Gakuin (Kwansei Gakuin Daigaku, disingkat Kangaku atau Kangaku-Dai) merupakan universitas swasta yang pendahulunya adalah Kwansei Gakuin (West Japan College) yang didirikan pada tahun 1889 oleh Walter Russell Lambuth, seorang misionaris dari Gereja Metodis Amerika Selatan.

Lambuth datang ke Jepang bersama keluarganya pada tahun 1886, tinggal di Kobe dan melakukan kegiatan misionaris dengan tujuan menyebarluaskan ajarannya ke seluruh wilayah Jepang bagian barat. Kemudian, untuk mendirikan Sekolah Kristen yang mewakili wilayah Jepang bagian barat, beliau membeli tanah di sudut kota Kobe, membangun sekolah dan mendirikan “Kwansei Gakuin” dengan tujuan membina misionaris dan mengembangkan pendidikan bagi kawula muda yang berbasis pada ajaran agama Kristen.   

Saat pertama kali didirikan, Kwansei Gakuin hanyalah sekolah swasta kecil dengan 2 fakultas, yaitu Fakultas Teologi dan Fakultas Pendidikan Umum, di mana Lambuth dan 5 orang lainnya bertindak sebagai pengajar untuk 19 orang siswa saja. Namun kemudian, lokasi sekolah pindah dan fakultas baru pun didirikan, pada tahun 1932 mendapatkan pengakuan secara hukum sebagai lembaga “universitas” dan mengubah nama menjadi “Kwansei Gakuin Daigaku (Universitas Kwansei Gakuin)”.

Sistem baru mulai diberlakukan setelah perang dengan mendirikan 3 fakultas, yaitu, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Setelah itu, didirikan fakultas lainnya seperti Fakultas Teologi, Fakultas Administrasi Bisnis, Fakultas Sosiologi, dan Fakultas Sains, dan sebagainya, hingga berkembang menjadi salah satu universitas komprehensif yang mewakili wilayah Kansai.

Sebagai tambahan, salah satu kampus di Universitas Kwansei Gakuin, Kampus Nishinomiya Uegahara yang memiliki sejarah tertua dianggap sebagai kampus yang paling indah di Jepang. Menara jam yang sebelumnya digunakan sebagai perpustakaan terdaftar sebagai Warisan Budaya Berwujud Nasional.    

Tingkat Kesulitan dan Ketenaran Universitas Kwansei Gakuin

Universitas Kwansei Gakuin merupakan salah satu universitas bergengsi dengan skala besar dan sejarah yang panjang di wilayah Kansai. Selain itu, Universitas Kwansei Gakuin pun dikenal sebagai salah satu universitas tersulit yang mewakili wilayah Kansai setelah Universitas Doshisha dan Universitas Ritsumeikan yang ada di Kyoto.

Nilai standar yang diperlukan untuk bisa masuk Universitas Kwansei Gakuin berkisar antara 54 – 68. Dipimpin oleh Fakultas Studi Internasional, sebagian besar fakultas di bidang seni liberal lainnya seperti Fakultas Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Budaya memiliki nilai standar kurang lebih 65.

Lokasi Universitas Kwansei Gakuin

Universitas Kwansei Gakuin memiliki 7 kampus yang tersebar di wilayah Kansai, di antara kampus-kampus tersebut, berikut 3 kampus yang digunakan oleh program sarjana. Kampus lainnya digunakan untuk program pascasarjana, penelitian dan sekolah afiliasi.

Kampus Nishinomiya Uegahara

  • Alamat : 1-1-155 Uegahara, Nishinomiya-shi, Hyogo 662-8601
  • Jalur Kereta
    Hankyu-Railway Imazu Line (Stasiun Kōtōen, 5 menit dengan bus, 12 menit jalan kaki)
    Hankyu-Railway Imazu Line (Stasiun Nigawa, 12 menit jalan kaki)
    JR Kobe Line (Stasiun Nishinomiya, 18 menit dengan bus)
  • Fakultas : Fakultas Teologi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Sosiologi, Fakultas Hukum, Fakultas, Ekonomi, Fakultas Administrasi Bisnis, Fakultas Studi Kesejahteraan Manusia, Fakultas Studi Internasional

Kampus Nishinomiya Seiwa

  • Alamat : 7-54 Okadayama, Nishinomiya-shi, Hyogo 662-0827
  • Jalur Kereta
    Hankyu Imazu Line (Stasiun Mondoyakujin, 13 menit jalan kaki)
    JR Kobe Line (Stasiun Nishinomiya, 18 menit dengan bus)
  • Fakultas : Fakultas Pendidikan

Kampus Kobe Sanda

  • Alamat : 2-1 Gakuen, Sanda-shi, Hyogo 669-1337
  • Jalur Kereta
    JR Takarazuka Line (Stasiun Shin-Sanda, 15 menit dengan bus)
    Kobe Dentetsu-Koentoshi Line (Stasiun Minami Woody Town, 9 menit dengan bus)
  • Fakultas : Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Sains, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Biologi dan Lingkungan 

※Fakultas Teologi membuka ujian masuk bagi mahasiswa asing dengan menyelenggarakan “Ujian Masuk Seleksi Khusus Program Sarjana” yang berbeda dengan ujian masuk fakultas lain.

Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Asing

Berikut biaya pendidikan Universitas Kwansei Gakuin untuk mahasiswa yang masuk tahun ajaran 2020. Sebagai tambahan, biaya pendidikan untuk fakultas baru yang akan dibuka pada tahun 2021 seperti Fakultas Sains, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Biologi dan Lingkungan, biaya pendidikan rencananya akan disetarakan dengan biaya pendidikan Fakultas Sains dan Teknologi. Untuk informasi terbaru, harap periksa kembali di website Universitas Kwansei Gakuin.

Selain Fakultas Sains dan Teknologi

  • Biaya Masuk : 200.000 yen (semua fakultas)
  • Biaya Kuliah : 723.000 – 978.000 yen
  • Biaya Lab (Pelatihan dan Eksperimen) : 10.000 – 25.000 yen (fakultas tertentu)
  • Biaya Peningkatan Pendidikan : 182.000 – 235.000 yen
  • Biaya Lainnya (Iuran Keanggotaan, dan sebagainya) : 25.000 – 28.000 yen
  • Total Biaya : 1.130.000 – 1.466.000 yen

Fakultas Sains dan Teknologi

  • Biaya Masuk : 200.000 yen (semua fakultas)
  • Biaya Kuliah : 1.102.000  yen
  • Biaya Lab (Pelatihan dan Eksperimen) : 106.000 yen (fakultas tertentu)
  • Biaya Peningkatan Pendidikan : 266.000 yen
  • Biaya Lainnya (Iuran Keanggotaan, dan sebagainya) : 24.000 yen
  • Total Biaya : 1.698.000 yen

Biaya tahun kedua dan selanjutnya umumnya sama dikurangi biaya masuk, dan dibayar dengan sistem 2 kali pembayaran setiap tahunnya.

Jumlah Mahasiswa Asing dan Kewarganegaraan

Sampai bulan Mei 2020, ada sekitar 1.000 orang mahasiswa asing yang sedang berkuliah di Universitas Kwansei Gakuin. Adapun rinciannya bisa dilihat di bawah ini. 

  • Program Sarjana : 849 orang
  • Program Pascasarjana (Master S2) : 92 orang
  • Program Pascasarjana (Doktoral S3) : 28 orang
  • Program Pascasarjana (Program Profesi) : 70 orang

Hampir setengah dari mahasiswa asing program sarjana berasal dari China, disusul oleh Korea Selatan, Indonesia, Taiwan, Vietnam dan mahasiswa asing dari negara lainnya. 

Seleksi Masuk Universitas Kwansei Gakuin

Jenis Seleksi Universitas Kwansei Gakuin

Periode Ujian Masuk

Universitas Kwansei Gakuin menyelenggarakan 3 periode ujian masuk untuk mahasiswa asing.

  1. Ujian Masuk I (di Jepang – Oktober)
  2. Ujian Masuk II (di Seoul – Januari)
  3. Ujian Masuk III (di Jepang – Januari)

Namun, tidak semua fakultas membuka pendaftaran untuk setiap periode ujian. Periksa kembali jadwal pendaftaran untuk masing-masing fakultas.

Sebagai tambahan, peserta bisa mendaftarkan diri untuk masing-masing periode ujian, baik Ujian Masuk I, II, maupun II, tetapi, dalam 1 periode ujian masuk tidak diperbolehkan memilih lebih dari 1 fakultas dan jurusan. Selain itu, peserta juga bisa mendaftar Ujian Masuk II dan III secara bersamaan, tapi mohon diperhatikan bahwa peserta tidak bisa mendaftarkan diri untuk fakultas dan jurusan yang menyelenggarakan ujian di waktu yang bersamaan.  

Metode Seleksi

Seleksi ujian masuk Universitas Kwansei Gakuin bagi mahasiswa asing terbagi menjadi dua, fakultas yang menyelenggarakan pemeriksaan dalam 2 tahapan dan fakultas yang hanya memeriksa dokumen pendaftaran.  

Fakultas yang Memeriksa dalam 2 Tahapan

Untuk ujian masuk Universitas Kwansei Gakuin tahun ajaran 2021, sebagian besar fakultas melaksanakan pemeriksaan dalam 2 tahapan. Dengan sistem pemeriksaan 2 tahapan ini hanya peserta yang lulus seleksi tahap pemeriksaan pertama (pemeriksaan dokumen) yang bisa mengikuti ujian seleksi pemeriksaan tahap kedua.

Fakultas yang Hanya Memeriksa Dokumen

Untuk ujian masuk tahun ajaran 2021, hanya 3 fakultas baru yang didirikan pada tahun 2021 saja yang menyelenggarakan seleksi ujian masuk dengan hanya pemeriksaan dokumen, yaitu Fakultas Sains, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Biologi dan Lingkungan. Untuk tahun ajaran 2022, ketiga fakultas ini pun mungkin menggunakan sistem pemeriksaan 2 tahapan. 

Dokumen yang Diperlukan untuk Pendaftaran

  • Formulir Pendaftaran Ujian Masuk ※Formulir ditentukan oleh pihak universitas
  • Formulir Data Diri Peserta ※Formulir ditentukan oleh pihak universitas
  • Esai tentang alasan mengajukan pendaftaran ※Formulir ditentukan oleh pihak universitas
  • Formulir pernyataan cara membayar biaya pendidikan ※Formulir ditentukan oleh pihak universitas
  • Ijazah SMA atau Surat Keterangan Kelulusan Asli
  • Transkrip Nilai SMA (selama 3 tahun) atau Sertifikat Ujian Terpadu yang dibutuhkan untuk masuk universitas
  • Fotokopi Paspor
  • Laporan Hasil Nilai Ujian EJU, fotokopi 2 lembar
  • Fotokopi Sertifikat Ujian Kemampuan Bahasa Inggris ※Fakultas tertentu

※Untuk dokumen pribadi yang tidak berbahasa Jepang atau bahasa Inggris, mohon untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris oleh pihak imigrasi, konsulat, sekolah asal atau kantor penerjemahan, serahkan dokumen asli bersamaan dengan dokumen hasil terjemahan (dilegalisir).
※Bagi peserta ujian yang pernah bersekolah di Sekolah Bahasa Jepang atau Sekolah Kejuruan di Jepang, dan peserta yang tinggal di Jepang, harus menyiapkan dokumen khusus lainnya.

Untuk ujian masuk tahun ajaran 2021, peserta yang perlu mengirimkan “Fotokopi Sertifikat Ujian Kemampuan Bahasa Inggris” yaitu peserta yang mendaftarkan diri di Fakultas Administrasi Bisnis, Fakultas Sains, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Biologi dan Lingkungan. Sebagai tambahan, untuk Fakultas Ekonomi biasanya ada ketentuan “jika ada mohon dilampirkan”. Kriteria nilai tidak ditentukan.

Ujian Kemampuan Bahasa Inggris yang bisa digunakan (pilih salah satu di bawah ini) :
TOEIC Ⓡ TEST (termasuk TOEIC IP Ⓡ TEST), TOEFL Ⓡ TEST (TOEFL ITP Ⓡ TEST, TOEFL iBT Ⓡ TEST), IELTS

Mengirimkan Dokumen Pendaftaran

Dokumen pendaftaran dikirimkan melalui pos dengan tujuan Pusat Pendidikan dan Kerjasama Internasional Universitas Kwansei Gakuin. Diharapkan sampai sebelum batas waktu pendaftaran. 

Sebagai tambahan, peserta juga diperbolehkan menyerahkan dokumen pendaftaran secara langsung ke kantor Pusat Pendidikan dan Kerjasama Internasional Universitas Kwansei Gakuin. 

Kriteria Pemeriksaan dan Seleksi Dokumen

Calon mahasiswa asing yang mendaftar ujian masuk Universitas Kwansei Gakuin diharuskan memenuhi persyaratan dengan memperoleh nilai ujian EJU mata pelajaran bahasa Jepang sesuai dengan nilai yang telah ditentukan. Beberapa fakultas juga mewajibkan peserta untuk mengikuti ujian mata pelajaran yang lain, tetapi kriteria nilainya tidak ditentukan. 

Ujian Masuk I (di Jepang – Oktober)

Bahasa Jepang : Total nilai lebih dari 260 untuk “Membaca, Mendengarkan, Membaca dan Mendengarkan”, dan lebih dari 30 untuk “Menulis Esai”

Ujian Masuk II (di Seoul – Januari), Ujian Masuk III (di Jepang – Januari)

Bahasa Jepang : Total nilai lebih dari 265 untuk “Membaca, Mendengarkan, Membaca dan Mendengarkan”, dan lebih dari 35 untuk “Menulis Esai”

Tidak ada kriteria nilai tertentu untuk ujian EJU mata pelajaran selain bahasa Jepang, tetapi setiap fakultas akan memberitahukan perolehan nilai yang didapatkan dalam buku pedoman ujian masuk. Misalnya, nilai yang diperoleh peserta Fakultas Hukum, Bahasa Jepang nilai maksimal 450, Mata Pelajaran Komprehensif (Japan and the World) nilai maksimal 200 dan Matematika nilai maksimal 200.  

Jenis Ujian (Tertulis, Wawancara)

Untuk fakultas yang melaksanakan pemeriksaan dalam 2 tahapan, seleksi pemeriksaan pertama termasuk ke dalam seleksi dokumen dan nilai ujian EJU, untuk seleksi pemeriksaan tahap kedua berupa wawancara. Tempat pelaksanaan wawancara diselenggarakan di kampus setiap fakultas yang sudah ditentukan, tetapi untuk ujian masuk II (di Seoul), wawancara dilaksanakan di tempat ujian di Seoul dengan sistem konferensi jarak jauh.

Jadwal Pendaftaran, Seleksi Hingga Pengumuman Kelulusan

  1. Mengirimkan dokumen pendaftaran via pos, membayar biaya ujian masuk (akhir Agustus / pertengahan November)
  2. Mendapatkan Kartu Peserta Ujian (akhir September / pertengahan Desember)
  3. Seleksi pemeriksaan tahap pertama
  4. Pengumuman kelulusan (awal Oktober / awal – pertengahan Januari)
  5. Mendapatkan panduan untuk seleksi pemeriksaan tahap kedua 
  6. Seleksi pemeriksaan tahap kedua (akhir Oktober / pertengahan – akhir Januari)
  7. Pengumuman kelulusan (pertengahan November / akhir Januari)

※Jadwal berbeda untuk fakultas yang hanya melakukan pemeriksaan dokumen saja. 
※Biaya pendaftaran ujian masuk.
Fakultas dengan pemeriksaan 2 tahapan : 25.000 yen
Fakultas yang hanya memeriksa dokumen : 15.000 yen

Universitas Kwansei Gakuin belum menggunakan sistem pendaftaran online pada tahun 2020. Umumnya, prosedur pendaftaran hanya dilakukan dengan mengirimkan dokumen pendaftaran via pos dan membayar biaya ujian masuk saja. Kartu ujian peserta dan pengumuman kelulusan pun dikirimkan melalui pos.

Namun, sebagai sarana tambahan, daftar nomor peserta ujian yang berhasil masuk akan dipublikasikan di situs web Pusat Pendidikan dan Kerjasama Internasional Universitas Kwansei Gakuin. 

Beasiswa dari Universitas Kwansei Gakuin

Beasiswa yang Tersedia

Mahasiswa asing Universitas Kwansei Gakuin bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa dari organisasi luar kampus seperti pemerintah daerah maupun beasiswa dari dalam kampus. 

Beasiswa mandiri yang disediakan Universitas Kwansei Gakuin terdiri dari sistem pengurangan biaya kuliah dan beasiswa umum. 

Jumlah Beasiswa yang Diberikan

Berikut penjelasan tentang sistem pengurangan biaya kuliah dan beasiswa umum yang diberikan Universitas Kwansei Gakuin untuk mahasiswa asing. Sebagai tambahan, data di bawah berdasarkan informasi tahun ajaran 2020.

Sistem Pengurangan Biaya Kuliah Mahasiswa Asing Universitas Kwansei Gakuin yang Membiayai Sendiri

  • Penerima : Mahasiswa asing program sarjana dan pascasarjana yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Biasanya ditetapkan setiap tahun selama periode pelatihan umum.
  • Jumlah Pengurangan : 30% biaya kuliah

Beasiswa Mahasiswa Asing Universitas Kwansei Gakuin

  • Penerima : Mahasiswa asing (termasuk yang memiliki Visa “Permanent Resident”) dengan prestasi akademik yang sangat baik dan memerlukan bantuan karena memiliki masalah finansial. Semua mahasiswa baru yang memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Untuk mahasiswa tahun kedua dan selanjutnya, hanya 50% dari jumlah mahasiswa asing yang bisa menerima beasiswa ini.
  • Jumlah Beasiswa : 20% dari biaya kuliah ※Bisa digunakan bersamaan dengan sistem pengurangan biaya kuliah

Beasiswa Mahasiswa Asing Fakultas Ilmu Politik

  • Penerima : Mahasiswa asing (termasuk yang memiliki Visa “Permanent Resident”) Fakultas Ilmu Politik yang memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Umumnya diberikan kepada semua mahasiswa yang memenuhi persyaratan.
  • Jumlah Beasiswa : 50.000 yen/semester 

Proses dan Jadwal Seleksi

Baik untuk sistem pengurangan biaya kuliah maupun beasiswa umum yang disebutkan diatas, setiap mahasiswa diwajibkan melakukan prosedur pendaftaran setelah masuk kuliah.

Informasi Universitas Kwansei Gakuin untuk Mahasiswa Asing (Website)