Setelah menjelaskan keterangan waktu kyou (hari ini), kali ini akan dijelaskan keterangan waktu “kemarin” yang dalam bahasa Jepangnya adalah kinou. Sama halnya dengan kyou, ada istilah lain yang bisa digunakan untuk menyebutkan “hari kemarin”, yaitu sakujitsu. Melalui artikel ini, kalian akan bisa memahami perbedaan kedua kata yang memiliki arti yang sama ini. Selain itu, kalian juga akan bisa mempelajari kosakata keterangan waktu lainnya yang berhubungan dengan “kemarin”, seperti “kemarin dulu”, “kemarin malam”, dan sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya, yuk langsung simak penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Kinou

Kinou (kemarin) merupakan keterangan waktu yang menunjukkan satu hari sebelum hari ini. Kinou secara umum digunakan sebagai hanashi kotoba (bahasa lisan). Selain dibaca kinou, penulisan kanji kinou juga dapat dibaca sakujitsu yang secara harfiah berarti “hari sebelumnya”. Sakujitsu merupakan bentuk kata yang bersifat lebih formal dan resmi.

Keterangan Waktu Lain yang Berhubungan dengan “Kinou

Yuube

Yuube (kemarin malam) adalah keterangan waktu yang digunakan untuk menunjukan malam hari sebelum hari ini. Bentuk yang lebih formal dan resmi dari yuube adalah sakuya, yang secara harfiah berarti “malam sebelumnya”.

Ototoi

Ototoi (kemarin dulu) adalah keterangan waktu yang digunakan untuk menunjukkan hari sebelum hari kemarin, atau dua hari yang lalu. Bentuk kata yang lebih formal dan resmi dari ototoi adalah issaku jitsu.

Senjitsu

Senjitsu (beberapa hari lalu) merupakan keterangan waktu yang digunakan untuk menunjukkan hari sebelum hari ini yang sedikit tidak jelas, bisa 2 hari yang lalu, 3 hari yang lalu atau beberapa hari ke belakang. Senjitsu umumnya digunakan untuk membicarakan hal yang sudah terjadi sampai seminggu ke belakang, tetapi, bisa digunakan juga untuk kejadian yang sudah terjadi 2-3 bulan ke belakang. Namun, akan aneh jika digunakan untuk menyatakan kejadian yang sudah terjadi hampir setengah tahun lamanya. Senjitsu bisa digunakan baik sebagai bahasa lisan maupun tulisan, walaupun mungkin akan sulit memahami waktu pasti yang sedang dibicarakan lawan bicara.

Zenjitsu

Senjitsu dan zenjitsu (sehari sebelumnya) mungkin sekilas terdengar mirip, tetapi tenang saja karena kalian akan bisa membedakannya jika menggunakan huruf kanji. Perbedaan lainnya adalah, jika senjitsu merujuk pada hari sebelumnya dari hari yang sedang dibicarakan, sedangkan zenjitsu menunjukkan “hari sebelumnya” dari hari ini atau dari hari “tertentu”. Jika senjitsu bisa digunakan untuk menunjukkan beberapa hari sebelum hari ini, zenjitsu digunakan hanya untuk menunjukan “hari sebelumnya” dari hari yang sedang dibicarakan, bisa hari ini atau hari “tertentu”. Hari “tertentu” itu bisa jadi hari di masa lalu yang sudah terjadi, bisa juga hari di masa depan.

Informasi Tambahan

Keterangan waktu yang sudah diperkenalkan di atas menunjukkan kejadian dan situasi yang sudah terjadi. Oleh karena itu, bentuk kalimat akhir yang digunakan adalah kalimat lampau (kako-kei, past tense), yang umumnya berakhiran deshita, mashita, kata kerja bentuk ta untuk kalimat positif, dan dewa arimasen deshita, masen deshita, dewa nakatta, nakatta untuk kalimat negatifnya. Namun, ada juga yang tidak diakhiri dengan kalimat lampau, jika kondisinya masih terjadi atau masih berlangsung ketika dibicarakan. Atau seperti pada keterangan waktu zenjitsu di mana hari “tertentu”nya menunjukan hari di masa depan, maka bentuk kalimatnya tidak dalam bentuk lampau.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat penggunaan istilah-istilah keterangan waktu di atas melalui contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Kinou 

A : Kinou, benkyou shitaka.
B : Uun, nani mo benkyou shinakatta.
Kinou wa basu de kaerimashita.
Kinou, tomodachi to kafe de koohii wo nomimashita.
Netsu datta node, kinou wa gakkou ni ikimasen deshita.
Kinou wa suzushikatta noni, kyou wa totemo atsui desu.
Kinou, ni-jikan shika nemasen deshita.
Kinou, michi ni mayotte shimaimashita.
Kinou no paatii ni dare ga kita ka wakarimasuka.

Sakujitsu

Otegami wa sakujitsu itadakimashita.
Shinamono wa sakujitsu nyuuka shimashita.
Kaikaishiki wa sakujitsu okonawaremashita.
Sakujitsu, ichi-nichi-juu ame ga furimashita.
Aki gakki wa sakujitsu owarimashita.
Sakujitsu, tenki ga totemo warui deshita.

Yuube – Sakuya

Yuube, osake wo nomi sugimashita.
Yuube wa ooame datta.
Yuube, nanji ni kaerimashitaka.
Sakuya wa nakanaka nemurenakatta.
Sakuya wa tonari no ie ga urusasugite yoku nemurenakatta.
Akita ken chihou wa sakuya juu-nen-buri no gousetsu ni mimawa reta.

Ototoi

A : Ototoi, nani de paatii e kimashitaka.
B : Takushii de kimashita.
Onee-san wa ototoi nihon ni tsukimashita.
Ototoi, guuzen densha no naka de kare to deatta.
Ototoi, kanojo wa Osaka e hikkoshi shimashita.
A : Itsu kaette kita no desuka.
B : Ototoi desu.
Ototoi, kare wa gakkou wo yasunda kamoshirenai.

Senjitsu

Senjitsu no miitin’gu de kettei shita naiyou wo, joushi ni houkoku shimasu.
Senjitsu wa doumo arigatougozaimashita.
Senjitsu kare wo kissaten de mikaketa.
Sono hon wa tsui senjitsu shuppan sareta.
Senjitsu no shokuji-kai wa, nagoyakana muudo de tanoshimu koto ga dekita.
Senjitsu hatsubai sa reta bakari no geemu wo kanpeki ni kuria shite ite odorokasareta.

Zenjitsu

Watashi, zenjitsu ni katta kamera won nakushita.
Zenjitsu no taifuu de ki ga taorete ita.
Zenjitsu ni ame ga futta node, guraundo wa nurete ita.
Yakusoku no hi ni korenai baai wa, zenjitsu made ni kanarazu renraku shite kudasai.
Kare wa watashi ni zenjitsu kono kafe de kanojo ni atta to itta.

Kesimpulan

Itulah penjelasan keterangan waktu untuk menyatakan kejadian-kejadian yang sudah terjadi (lampau). Perlu diingat bahwa bentuk kalimat yang digunakan adalah kako-kei atau bentuk kalimat lampau (past tense). Namun, bisa juga tidak menggunakan kalimat lampau sesuai keadaan dan kondisi waktu ketika sedang dibicarakan. 

Semoga penjelasan keterangan waktu untuk kejadian lampau di atas bisa kalian pahami dengan mudah dan bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kalian. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!