Sebelumnya di Kepo Jepang pernah bahas kosakata sugoi yang juga bisa diartikan “hebat”. Tapi, seperti yang kalian ketahui, bahasa Jepang itu kaya akan ungkapan. Jadi, selain sugoi ada bahasa Jepang lain yang bisa digunakan untuk mengungkapkan “hebat”. Apa itu? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Subarashii

Pasti kalian sering mendengar kata subarashii muncul di drama, anime atau acara TV Jepang. Sama halnya dengan sugoi, subarashii dalam bahasa Indonesia bisa diartikan hebat, luar biasa, sangat memuaskan, menarik sekali, atau sangat bagus. Subarashii mengandung makna yang positif tentang opini yang diungkapkan oleh pembicara. Objek yang bisa dikatakan subarashii umumnya adalah sesuatu yang bisa dilihat oleh mata dan dirasakan langsung oleh perasaan pembicara. Dengan kata lain, subarashii adalah suatu keadaan yang terlihat dan dianggap “begitu baik” dan keadaan di mana derajat sesuatu jauh lebih tinggi dari pada pandangan umum.

Subarashii termasuk ke dalam kata sifat golongan 1, disebut juga “i-keiyoushi” atau kata sifat berakhiran -i. Apabila bertemu dengan kata benda, kata subarashii tidak mengalami perubahan. Namun, jika dihadapkan dengan kata kerja maka subarashii berubah menjadi subarashiku + kata kerja.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Hebat”

Di atas sudah disebutkan bahwa selain subarashii, ungkapan “hebat” bisa diungkapkan dengan menggunakan kata sugoi. Selain itu, ada satu kata lain yang bisa diartikan hebat, yaitu erai. Dalam kamus Evergreen, erai diartikan besar, luar biasa, hebat, agung. Dalam kamus digital Daijisen, kata erai diartikan :

  1. Lebih baik dari hal biasa pada umumnya.
  2. Keadaan yang tidak biasa / luar biasa.
  3. Status dan reputasi tinggi yang diberikan kepada seseorang.

Jika dilihat dari ketiga pengertian di atas, maka bisa dikatakan erai pun memiliki makna yang sama dengan subarashii dan sugoi.

Perbedaan Subarashii, Sugoi dan Erai

Subarashii

Ungkapan subarashii digunakan ketika ingin mengungkapkan sesuatu yang dianggap bernilai “sangat baik dan berkesan”, “sangat disukai dan memuaskan”, dan sebagian besar digunakan untuk opini yang baik atau positif. Selain itu, ada makna yang lebih lembut, sopan dan formal dalam ungkapan subarashii dibandingkan sugoi.

Sugoi

Ungkapan sugoi memiliki arti yang sama dengan subarashii, tetapi sugoi lebih tegas, terus terang, blak-blakan dan verbal (ungkapan percakapan). Sugoi juga digunakan untuk mengungkapkan derajat sesuatu yang konteksnya positif maupun negatif. Bisa juga digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang mengandung makna menakutkan atau menyeramkan. Seperti pada kalimat taifuu de sugoi kaze ga fuiteiru (angin topan bertiup dengan hebatnya). “Hebat” dalam kalimat ini berkonteks negatif dengan makna yang membuat takut dan seram.

Erai

Ungkapan “hebat” yang menggunakan kata erai umumnya banyak digunakan untuk mendeskripsikan seseorang, seperti erai sensei (guru yang hebat) atau seperti dalam contoh kalimat kaisha no erai hito ni hanashi wo kiku (bertanyalah kepada orang hebat yang ada di perusahaan). Makna “hebat” di sini mengandung konteks status atau reputasi tinggi yang dimiliki orang yang dibicarakan tersebut. Penggunaan kata erai umumnya bersifat netral. Maksudnya, makna di dalamnya memiliki konteks positif, tapi konteks negatif pun kemungkinan besar bisa terjadi. Seperti pada contoh kalimat seijika no taiho de erai sawagi ni natteiru (penangkapan politisi itu menimbulkan keributan yang luar biasa). Erai di sini secara tidak langsung bisa memunculkan konteks yang negatif.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata subarashii.

Ano hito wa subarashii desu.
Kanojo no ryouri no udemae wa subarashii desu.
Sono gakusei ga shusai suru geki wa igai ni mo subarashii dekibae de, kan’tan ni atai suru mono datta.
Kare wa ensou-kai de sono subarashii jitsuryoku wo hakki shita.
Subarashii aidea desu ne!
Kanojo no ensou wa jitsu ni subarashii deshita.
Subarashii ichi nichi wo sugosu koto ga dekimashita.
Sore wa subarashii hatsumei da.
Sono mado kara subarashii keshiki ga mieru.
Subarashii nihon-go ryoku desu ne.
Minna no kyouryoku de purojekuto ga seikou shita koto ga subarashii.
Sonna okonai ga dekiru nante, subarashii ne.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang kata “hebat” dalam bahasa Jepang. Sama halnya dengan sebagian besar kosakata dalam bahasa Jepang yang bisa diungkapkan dengan beberapa kata, “hebat” pun bisa diungkapkan dengan subarashii, sugoi, atau erai. Tentu saja untuk menggunakannya kalian harus memahami perbedaan masing-masing kosakata tersebut.

Dengan penjelasan di atas apakah kalian sudah bisa membedakan penggunaan istilah masing-masing? Semoga penjelasannya bisa kalian pahami dengan mudah ya, dan semoga belajar bahasa Jepang kali ini pun tetap menarik dan bermanfaat buat kalian. Jangan lupa terus berlatih untuk memperlancar kemampuan bahasa kalian. Terus ikuti informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya di blog Kepo Jepang ya!