Kore sugoi desu ne!!
Kalian pasti sering sekali mendengar orang Jepang mengatakan sugoi ketika membicarakan sesuatu yang mereka anggap luar biasa atau keren. Namun, sugoi juga bisa digunakan untuk menunjukkan suatu hal yang luar biasa tapi berkonteks negatif atau kurang baik loh.

Di artikel ini, kepo jepang akan membahas makna sugoi dan contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat yang berkonteks positif maupun negatif. Selain itu, di halaman ini juga akan diperkenalkan beberapa istilah yang artinya sama dengan sugoi.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak penjelasan lengkap tentang sugoi di bawah ini ya!

Penjelasan “Sugoi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kata sugoi bisa dengan mudah kalian temukan baik di anime, dorama, manga, maupun acara TV Jepang. Dalam bahasa Indonesia, sugoi biasanya diartikan luar biasa, keren, mantap, wow, atau hebat. Bisa disimpulkan, sugoi digunakan untuk mengekpresikan keterkejutan kalian akan suatu hal yang kalian anggap keren, atau ketika kalian melihat, mendengar atau menyaksikan hal-hal yang membuat kalian takjub dan terkagum-kagum.

Sugoi termasuk ke dalam kata sifat golongan 1, atau disebut juga i-keiyoushi, kata sifat yang berakhiran -i. Di mana dalam sebuah kalimat. salah satu fungsinya adalah menjelaskan kata benda. Apabila bertemu dengan kata benda, kata sugoi tidak mengalami perubahan. Namun, jika kata sugoi digunakan sebagai kata penghubung maka berubah menjadi sugoku.

Sebagai tambahan, sugoi juga bisa diartikan “sangat” seperti pada kata sugoi yasashii (sangat baik hati). Selain itu, dalam obrolan kasual atau non-formal sugoi sering diucapkan sugee atau suggoi.

Sugoi bisa digunakan untuk menyatakan suatu hal luar biasa yang konteknya positif maupun negatif. Negatif di sini maksudnya, suatu hal yang mengejutkan yang berkesan mengerikan dan menakutkan seperti pada contoh kalimat berikut :

Taifuu de sugoi kaze ga fuiteiru.

Selain sugoi, ada istilah lain yang bisa digunakan untuk mengekspresikan suatu hal yang luar biasa, di antaranya subarashii dan erai. Baca artikel subarashii untuk mengetahui perbedaan ketiga kata ini ya!

Contoh Kalimat

Konteks Positif

Ano sakkaa senshu sugoi da ne.
Nihon no hanabi wa sugoi desu!
Hee, kiiboodo minai de moji uterun da. Sugoi wa ne.
Sugoku ii mono wo mitsuketa yo!
Sugoi desu! Kon’na kandouteki-na hanashi wa hajimete desu.
Kare wa sugoi chishiki wo motta hitodesu.
Ima sugoi meian ga ukanda zo.
Kare wa byouki no ma sugoi yuuki wo shimeshita.
Goukaku shita to wa sugoi de wanai ka.

Konteks Negatif

Kono kousaten de kinou sugoi koutsuu jiko ga atta.
Sono sugoi jishin de ooku no ie ga kowasa reta.
Kore ga ima made atta uchi de ichiban sugoi kousetsu da.
Kyouto no hankagai wa koutsuu juutai ga sugokatta.
Han-jikan hodo sugoi doshaburi datta.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata sugoi yang akan sangat sering kalian dengar dan gunakan dalam percakapan sehari-hari. Perlu kalian ingat bahwa kata sugoi bisa mengungkapkan konteks positif maupun negatif. Sehingga harus kalian perhatikan dengan baik ketika menggunakannya.

Semoga penjelasan di atas bisa kalian pahami dengan mudah dan memberikan manfaat untuk pembelajaran bahasa Jepang kalian. Semangat terus belajar bahasa Jepangnya ya. Jangan lupa cek kosakata Jepang lainnya yang ada di blog Kepo Jepang!