Mengenal keterangan waktu dalam bahasa Jepang sangatlah penting. Keberadaan keterangan waktu dalam sebuah kalimat akan sangat mempengaruhi penggunaan bentuk kata kerja, kata sifat maupun kata keterangan lain yang disimpan di akhir kalimat. Artikel kali ini akan membahas beberapa keterangan waktu yang akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kalian sebagai pembelajar bahasa Jepang. Salah satunya adalah kyou (hari ini). Kalian akan sangat sering menemukan keterangan waktu kyou dalam banyak kalimat maupun percakapan.

Selain kyou, di artikel ini pun akan dibahas keterangan waktu lainnya yang berhubungan dengan kyou, seperti pagi ini dan malam ini. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Kyou

Kyou (hari ini) digunakan untuk menunjukkan hari atau waktu yang sedang dilewati dan dijalani. Kyou adalah kata yang termasuk ke dalam golongan “bahasa lisan” atau disebut juga kougo. Selain menunjukkan “hari ini”, sering kali kyou juga digunakan untuk menunjukkan waktu, masa atau zaman yang sedang dilalui (sekarang, saat ini), seperti contoh kalimat di bawah ini :

Kyou no sekai jousei.

atau

Watashi ga kyou aru no wa anata no okage desu.

*Sebagai tambahan, dalam penulisan dengan huruf kanji kata kyou yang bermakna “sekarang, saat ini, dan masa ini” bisa juga dibaca kon’nichi.

Keterangan waktu kyou umumnya diakhiri dengan bentuk kalimat kala kini (genzai-kei; present tense) yang umumnya diakhiri dengan desu, masu, atau kata kerja bentuk kamus dan bentuk dasar untuk kalimat positif, dan dewa arimasen, masen, dewa nai atau nai untuk kalimat negatifnya, serta bentuk kalimat kala kini lainnya. 

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Kyou

Selain kyou, “hari ini” bisa diungkapkan dengan kata honjitsu. Perbedaannya adalah, honjitsu diserap dari kanji cara baca China yang sering digunakan dalam naskah tulisan dan naskah pidato. Selain itu, kata honjitsu memiliki nuansa makna yang lebih dalam. Sehingga lebih banyak digunakan sebagai bungo (bahasa literal / tulisan), atau digunakan dalam forum-forum resmi seperti pidato dan sebagainya.

Keterangan Waktu Selain “Kyou

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, artikel kali ini akan membahas keterangan waktu yang berhubungan dengan kyou. Penggunaan keterangan-keterangan waktu ini sangatlah penting untuk memperjelas kapan terjadinya suatu kegiatan yang sedang kalian bicarakan. Berikut penjelasan istilah dalam bahasa Jepang untuk menyatakan pembagian keterangan waktu yang berhubungan dengan kyou (hari ini).

Kesa

Kesa (pagi ini, tadi pagi), merupakan keterangan waktu yang digunakan untuk menyatakan waktu pagi di hari ini (kyou no asa; pagi hari ini atau kono asa; pagi ini). Berdasarkan cara baca Chinanya, huruf kanji kesa bisa dibaca juga konchou.

Dikarenakan kesa termasuk ke dalam waktu yang sudah berlalu atau sudah dilakukan, maka bentuk kalimat yang digunakan adalah kalimat lampau (kako-kei; past tense), yang umumnya berakhiran deshita, mashita, kata kerja bentuk ta untuk kalimat positif, dan dewa arimasen deshita, masen deshita, dewa nakatta, nakatta untuk kalimat negatifnya. Namun, bisa juga tidak berakhiran lampau, jika keadaan yang sedang dibicarakan masih berlanjut atau masih terjadi dari pagi hingga waktu yang sedang dibicarakan.

Kon’ya / Konban

Kon’ya / konban (malam ini), merupakan keterangan waktu yang digunakan untuk menyatakan waktu malam yang akan dilewati di hari ini. Kon’ya (kyou no yoru) dan kon’an (kyou no ban) yang artinya “malam hari ini”. Kedua kata ini tidak memiliki perbedaan dan keduanya bisa saling menggantikan. Namun, konban sendiri memiliki nuansa yang lebih elegan. Selain kedua kata ini, ada juga istilah koyoi yang merupakan bahasa lama. Koyoi sudah sangat jarang digunakan, tetapi bisa kalian temukan dalam puisi atau lirik lagu. 

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat penggunaan istilah-istilah keterangan waktu di atas melalui contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Kyou

A : Kyou wa nan youbi desuka.
B : Kyou wa ka-youbi desu.
Kyou wa hima na node, kaimono ni ikimasu.
Kyou wa shiken ga aru node, ichi-jikan hayaku ikanakereba narimasen.
Kyou wa okyaku ga sukunai node, ryouri no zairyou wa nokori sou desu.
Ame nanode, kyou wa sentaku ga dekimasen.
Kyou wa otousan no tanjoubi desu.

Honjitsu

Honjitsu no ranchi menyuu wa nan desuka.
Honjitsu no eigyou-jikan wa gogo san-ji made desu.
Honjitsu no tokubetsu ryouri ni tsuite shoukai shimasu.
Honjitsu wa oisogashii-naka, oatsumari itadaki makotoni arigatougozaimasu.
Honjitsu koko ni hitokoto mina-sama ni kokoro kara go shukuji onobe sasete itadakimasu.

Kesa

A : Kesa, nan-ji ni okimashitaka.
B : Roku-ji ni okimashita.
Kesa no choushoku wa zenzen oishikunakatta.
Kesa, airon wo kaketa toki ni shatsu wo kogashite shimatta.
Kesa wa naze chikoku shita no?
Jitsu wa, kesa kara nani mo tabetenai no desu.
Watashi wa kesa no nyuusu de odorokimashita.
Kesa kara ame ga futteiru.

Kon’ya

Kon’ya wa kaigan de hanabi ga agaru.
Sora ga kurakunatta kara, kon’ya wa kitto ame ga furu deshou.
Ame ga futtara, kon’ya no konsaato wo chuushi ni shimasu.
Kon’ya wa tsuki ga saete iru.
A : Kon’ya wa itsu kara ohima desuka.
B : Hachi-ji kara aiteimasu.
Kon’ya, eiga demo mi ni ikanai?

Konban

Sono ressha wa konban juu-ji-han ni touchaku no yotei desu.
A : Konban, shokuji ni go-shoutai shitai no desu ga…
B : Sumimasen ga, konban wa sen’yaku ga arimasu.
Konban wa nani mo yotei ga arimasen.
Konban wa don’na wo ryouri ni shimashou ka.
Konban, kare no soubetsu-kai wo surun da yo.
Konban wa, ressha ga totemo kondeiru.
Konban, kare to deeto wo suru yotei desu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang keterangan waktu satu hari yang sering digunakan dalam tata bahasa Jepang. Penggunaan keterangan waktu akan sangat mempengaruhi bentuk akhir kalimat, apakah menggunakan kalimat kala kini (present tense) atau kalimat lampau (past tense). Dengan menggunakan keterangan waktu, maka kalian bisa menyampaikan sesuatu secara lebih jelas. Mungkin sulit untuk mengingatnya secara sekaligus, tapi dengan berlatih terus kalian akan semakin lancar menggunakannya.

Semoga penjelasan keterangan waktu di atas bisa kalian pahami dengan mudah dan bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kalian. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!