Simak beberapa kosakata dalam bahasa Jepang yang digunakan sehari-hari, yuk!

Kosakata bahasa Jepang hari ini adalah Onii-san (Kakak Laki-laki).

https://twitter.com/kepo_jepang/status/1303453058379075585?s=20

PenjelasanOnii-san

Onii-san (kakak laki-laki) adalah panggilan umum yang berbentuk sopan ketika memanggil kakak laki-laki kita dan ketika membicarakan kakak laki-laki orang lain. Untuk situasi yang menunjukkan kehormatan (keigo), biasanya orang Jepang menggunakan onii-sama. Dan untuk keadaan yang lebih informal atau kasual bisa digunakan nii-san, onii-chan dan nii-chan.

Onii-san juga umum digunakan kepada pria asing atau belum kita kenal yang kita temui di suatu tempat, dalam situasi seperti ini onii-san bisa diartikan Anda, dia atau pria itu.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Kakak Laki-laki”

Tergantung pada situasi dan posisi kita sebagai pembicara, ada bahasa Jepang lainnya yang bisa digunakan untuk panggilan kakak laki-laki.

  • Ani-ue : istilah kuno atau bahasa jepang lama yang berkesan sangat formal.
  • Ani : istilah umum yang digunakan untuk membicarakan kakak (laki-laki) sendiri.
  • Aniki :
    informal, istilah yang terkesan lebih kasar atau lebih gaul. Sama seperti “bro”. Aniki sering digunakan oleh yakuza, seolah-olah itu adalah saudara, kawan, di mana kanji “ki” mengacu pada sesuatu yang berharga, penting dan terhormat. Digunakan untuk merujuk pada anggota geng yang berpangkat lebih tinggi.
  • Anigimi : istilah sangat sopan untuk kakak kandung laki-laki.

Contoh kalimat

Anata wa onii-san ga imasuka?
Kare no onii-san wa yuumei na sakkaa no senshu desu.
Onii-san wa doko kara kimashitaka?
Ano onii-san wa yuumei na hito desuka?

Kesimpulan

Berbeda dengan bahasa Indonesia yang memanggil kakak laki-laki maupun perempuan dengan panggilan “kakak”, dalam bahasa Jepang panggilan untuk masing-masing kakak dibedakan. Bahkan penyebutan untuk kakak orang lain dan kakak diri sendiri pun ada perbedaannya. Ini merupakan salah satu contoh keberagaman bahasa Jepang yang menarik. Dengan keberagaman ini, semoga kalian semakin semangat ya belajar bahasa Jepangnya.