Q) Apakah lulusan S1 dari “luar” bisa mencari pekerjaan di Jepang? Contoh pekerjaan seperti pekerjaan kantoran misalnya

A) Lulusan S1 dari universitas di luar Jepang tentu bisa saja mendapatkan pekerjaan di Jepang, misalnya sebagai pekerja kantoran di Jepang, selama mereka memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan agar bisa melamar kerja, dan bisa lolos seleksi yang diadakan oleh suatu perusahaan. Umumnya orang asing yang menjadi pekerja kantoran di Jepang diharuskan memiliki sertifikat JLPT minimal N2, bahkan banyak juga perusahaan yang mensyaratkan harus memiliki N1. Orang asing lulusan luar Jepang yang ingin bekerja di Jepang biasanya akan melamar perusahaan jepang melalui berbagai job fair Jepang di negaranya. Jika ingin menjadi pekerja kantoran di Jepang, cobalah cari informasi job fair perusahaan Jepang sebanyak-banyaknya ya! Perlu diketahui juga bahwa untuk mencari kerja di Jepang, kita harus melewati proses “shuushoku katsudou”, yang biasa disingkat “shuukatsu”, dengan cara melamar kerja di berbagai perusahaan, umumnya dalam periode waktu yang sama, dan mengikuti seluruh proses seleksinya. Oleh karena itu, tentu ada kemungkinan untuk mendapatkan lebih dari satu tawaran pekerjaan sekaligus, sehingga kita pada akhirnya perlu memutuskan mengambil salah satu tawaran yang didapat.   

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Cara cepat (bisa) bahasa Jepang?

A) Cara untuk bisa cepat menguasai bahasa Jepang tentu dengan semakin sering belajar dan berlatih bahasa Jepang. Hal yang terpenting adalah fokus dan konsisten untuk meluangkan waktu belajar dan berlatih bahasa Jepang. Penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini ya.  

Q) Apa perbedaan bahasa Jepang rumah “uchi” dengan “ie”, dan juga bahasa Jepang kamar “heya” dengan “shinshitsu”?

A) Kata “uchi” merujuk pada rumah sendiri, sehingga bisa diartikan “rumah saya”, sedangkan “ie” merujuk pada bangunan rumah. Untuk penjelasan lebih detail mengenai kosakata “uchi” dan “ie”, silakan lihat halaman ini.

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!