Q) Hallo sensei ~ Aku ingin bertanya seputar tokutei ginou. Pada satu atau dua tahun pertama bekerja berprofesi terampil A apakah bisa kita berpindah profesi terampil menjadi B (misal dari profesi terampil pertanian menjadi manufaktur) Jadi, tak hanya bermutasi perusahaan namun juga profesi terampil-pun pindah apakah itu bisa? Lalu bagaimana dengan masa visanya? apakah akan tetap di hitung dari pertama mendarat di jepang atau berubah? Terima kasih sebelumnya sensei ~

A) Untuk masalah perpindahan keterampilan atau industri pada umumnya diperbolehkan. Namun, yang bersangkutan wajib memenuhi persyaratan seperti mengikuti proses perpindahan visa dan test di industri baru, dan proses perpindahan tidak boleh lebih dari 3 bulan. Tentu saja yang bersangkutan diharuskan lulus semua ujian yang berhubungan dengan indsutri (profesi terampil) baru yang dipilihnya. Jika kualifikasi keterampilan tertentu di bidang lain sudah didapatkan, maka akan memperoleh izin tinggal baru yang disesuaikan dengan profesi terampil yang baru. Untuk informasi seputar Visa Tokutei Ginou bisa dilihat di halaman ini. Atau bisa juga dibaca informasi lengkapnya di website Biro Imigrasi Jepang. Semoga penjelasannya membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apakah bisa melanjutkan study di jepang jika berangkat dengan visa tokuteigino?

A) Berdasarkan beberapa ketentuan, pemegang Visa Tokutei-ginou bisa mengubah status izin tinggal di Jepang menjadi “Ryuugakusei” atau pelajar asing. Namun, ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, seperti kemampuan akademik atau apakah tempat study yang dituju terkait dengan keterampilan atau pekerjaan tertentu. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Apa ada kisi-kisi ujian JFT untuk program tokutei ginou?

A) Mohon maaf karena Kepo Jepang tidak menyediakan kisi-kisi ujian JFT. Namun, untuk ujian JFT dasar sendiri isinya kurang lebih seputar pemahaman “Huruf dan Kosakata”, “Percakapan dan Ungkapan”, “Pendengaran”, dan “Pemahaman Bacaan”. Beberapa kriteria ini bisa dicari di website Kepo Jepang. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Ingin bertanya, apakah jika ingin kerja di jepang akaa di tes matematika? kalau iya apa yang harus di pelajari? terimakasi 🙏

A) Sama seperti di Indonesia, saat melamar pekerjaan di Jepang yang membutuhkan kemampuan khusus tentunya memerlukan tes ataupun sertifikat uji kemampuan atas skill yang dimaksud, termasuk Matematika. Penjelasan lengkapnya lihat di halaman ini ya.