Simak berbagai contoh kanji yang berkaitan dengan hari, bulan dan tahun dalam bahasa Jepang yuk!

Dalam percakapan bahasa Jepang, kita akan menemui situasi ketika kita menemukan kanji-kanji yang berkaitan dengan hari, bulan dan tahun, seperti misalnya saat membaca koran atau berita, memesan akomodasi, mengecek jadwal pembuangan sampah, dan lain-lain. Untuk itu, kali ini mari belajar mengenai kanji-kanji yang berkaitan dengan hari, bulan dan tahun!

List Kanji JLPT N4 yang Berkaitan dengan Hari, Bulan dan Tahun

Berikut ini adalah beberapa kanji yang berkenaan dengan hari, bulan dan tahun yang tergolong level JLPT N4 dalam bahasa Jepang.

Sebelum belajar lebih banyak lagi, coba perhatikan informasi tambahan seputar keterangan waktu dalam bahasa Jepang pada artikel di halaman ini serta list kanji JLPT N5 yang berkaitan dengan waktu di halaman ini ya!

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman? Apakah sudah bisa mengetahui dan mengingat huruf-huruf kanji yang berkaitan dengan hari, bulan dan tahun?

Untuk nama-nama hari dalam bahasa Jepang diberikan dengan nama-nama elemen, seperti matahari, bulan, api, air, dan sebagainya. Penamaan ini diambil dari ‘the Seven Luminaries (Tujuh Cahaya)’ dari Cina Kuno, atau dalam bahasa Cina disebut 七曜 (qi you) yang terdiri dari nama planet (diluar bulan dan matahari (日 dan 月) yang digunakan pada dua hari pertama yang mengawali satu minggu).

Kanji 火 (カ) misalnya diambil dari 火星 (かせい) alias planet Mars, sebagaimana dalam tata penamaan hari modern Tuesday merujuk pada Mars. Sedangkan kanji 水(スイ) diambil dari 水星 (すいせい) alias planet Merkurius (Wednesday), 木 (モク) diambil dari 木星(もくせい) alias planet Jupiter (Thursday), 金(キン)diambil dari 金星(きんせい)alias planet Venus (Friday), dan 土(ド) diambil dari 土星(どせい)alias planet Saturnus (Saturday). Sedangkan hari Minggu menggunakan kanji 日(ニチ) alias Matahari (Sunday) dan hari Senin menggunakan kanji 月(ゲツ) alias Bulan (Monday).

Semoga informasi yang dibagikan kali ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai bahasa Jepang ya! Jangan lupa untuk ikuti terus berbagai informasi seputar Jepang dari Kepo Jepang!

Untuk mengingat kembali pelajaran kanji tentang waktu, yuk perhatikan informasi berikut ini.

Bagaimana cara menulis “Senin” dengan huruf kanji?

Hari Senin dituliskan dengan 月曜日 (げつようび ).

Apa bahasa Jepangnya “hari”?

Bahasa Jepangnya hari adalah 日 (ひ). Sedangkan untuk ‘hari’ yang merujuk pada nama-nama hari biasanya disebut 曜日(ようび).

Apa huruf kanji “bulan” dan “tahun”?

Huruf kanji “bulan” adalah 月 (つき・ゲツ・ガツ). Sedangkan huruf kanji “tahun” adalah 年(とし・ネン)

Kembali ke halaman daftar Materi Kanji JLPT N4

Kali ini kita sudah belajar kanji JLPT N4. Bagaimana menurut kalian? Semoga mudah dipahami ya. Karena masih ada kanji-kanji lainnya yang perlu dipelajari, coba cek informasinya di sini yuk!