Visa Tokutei Ginou pada dasarnya bisa didapatkan oleh siapa saja, namun penerimanya ditentukan dari negara yang sudah ditetapkan seperti Indonesia, Filipina dan sebagainya yang memenuhi kriteria usia dan kesehatan serta lulus ujian.

Akan tetapi, sebagai permulaan, target utama adalah orang-orang yang sudah tinggal di Jepang seperti karyawan magang/profesi terampil (Ginou Jisshuu) dan pelajar asing, mereka bisa memperoleh Visa Tokutei Ginou dengan mengubah status izin tinggal mereka.

Berdasarkan hal tersebut, kali ini saya akan menjelaskan tata cara dan persiapan untuk mengubah kualifikasi Profesi Terampil (Magang) menjadi Tokutei Ginou serta kelebihannya.

Jenis Industri yang Bisa Mengganti Kualifikasi dari Profesi Terampil (Magang) ke Tokutei Ginou 1

Jenis Industri maupun pekerjaan antara Profesi Terampil (No.2) dan Tokutei Ginou I memiliki perbedaan.
https://kepojepang.com/perbedaan-visa-bekerja-di-jepang/
Dikarenakan ada beberapa industri yang ada di Profesi Terampil namun tidak ada di Tokutei Ginou, jika Anda adalah karyawan magang atau akan bekerja sebagai karyawan magang di Jepang, lebih aman jika Anda mengetahui terlebih dahulu jenis industri mana yang bisa diterima di Tokutei Ginou I.

Adapun jenis industri yang bisa mengganti kualifikasi dari Profesi Terampil menjadi Tokutei Ginou bisa Anda lihat di bawah ini.

Industri Pertanian

Kualifikasi Profesi Terampil di Industri Pertanian bisa diganti selama persyaratan terpenuhi. Di bidang ini ada 2 jenis pekerjaan dalam 6 manufaktur, semua yang termasuk ke dalam jenis pekerjaan di bidang Pertanian Umum dan Peternakan Umum, kualifikasinya dapat diganti menjadi Tokutei Ginou I.

Industri Perikanan

Di industri ini ada 2 jenis pekerjaan dalam 9 manufaktur yang termasuk ke dalam Profesi Terampil, di industri ini pun kualifikasi Profesi Terampil untuk semua jenis pekerjaan yang termasuk ke dalam bidang Perikanan dan Budidaya/Pembibitan bisa diganti menjadi Tokutei Ginou I.

Industri Konstruksi

Ada 22 jenis pekerjaan dalam 33 manufaktur untuk Profesi Terampil di industri ini, namun ada beberapa manufaktur yang tidak termasuk ke dalam Tokutei Ginou I. Untuk jenis pekerjaan dan manufaktur yang kualifikasinya bisa diubah menjadi Tokutei Ginou I bisa dilihat di bawah ini.
・Konstruksi Bekisting (Total 1 manufaktur)
・Konstruksi Rebar/Besi Beton (Total 1 manufaktur)
・Pemasangan Atap (Total 1 manufaktur)
・Plesteran (Total 1 manufaktur)
・Konstruksi untuk Finishing Interior Dalam (Total 1 manufaktur)
・Konstruksi Pompa Beton (Total 1 manufaktur)
・Pemasangan Wallpaper/Kertas Dinding (Total 1 manufaktur)
・Pengoperasian Mesin Konstruksi (Total 4 manufaktur)
Jenis pekerjaan yang tidak disebutkan di atas seperti Penyusunan Rangka, Pemasangan Bingkai Jendela, Konstruksi Pipa Ledeng dan sebagainya untuk saat ini tidak termasuk ke dalam jenis pekerjaan yang terdaftar di Tokutei Ginou I.

Produksi Makanan dan Minuman

Profesi Terampil di industri ini menyediakan 11 jenis pekerjaan dalam 16 manufaktur, semua jenis pekerjaan yang termasuk ke dalam bidang Produksi Makanan dan Minuman serta Bisnis Restoran, kualifikasinya bisa diganti menjadi Tokutei Ginou I.

Bidang yang Berhubungan dengan Mesin dan Logam

Profesi Terampil untuk bidang ini terdapat 15 jenis pekerjaan untuk 29 manufaktur. Masing-masing kualifikasi jenis pekerjaan di 4 jenis industri pada bidang ini bisa diganti menjadi Tokutei Ginou I. Adapun keempat industri tersebut adalah Industri Pembuatan Perangkat, Industri Permesinan Pabrik, Industri Listrik, Elektronik dan Informasi, serta Industri Pembuatan dan Permesinan Kapal.

Jenis Pekerjaan dan Manufaktur Lainnya

Jenis pekerjaan lainnya yang kualifikasinya bisa diubah dari Profesi Terampil menjadi Tokutei Ginou I bisa dilihat di bawah ini.
・Pembuatan Plastik (Total 4 manufaktur)
・Pengecatan Dinding (Total 4 manufaktur)
・Pengelasan (Total 2 manufaktur)
・Perawatan Kendaraan Bermotor (Total 1 manufaktur)
・Pembersihan Gedung (Total 1 manufaktur)
・Bidang Keperawatan (Total 1 manufaktur)
・Penanganan Bagian Darat Bandara (Menyokong pendaratan pesawat)

Keuntungan dan Persyaratan Mengubah Kualifikasi Profesi Terampil Menjadi Tokutei Ginou I

Izin Tinggal Lebih Lama

Bagi karyawan magang dengan Visa Profesi Terampil, setelah menyelesaikan pemagangan level 3 pada dasarnya tidak bisa memperpanjang izin tinggal. (total izin tinggal 5 tahun dihitung dari level 1)

Periode izin tinggal maksimal untuk Visa Tokutei Ginou I adalah 5 tahun, oleh karena itu jika Anda menyelesaikan periode magang level 3 kemudian mengganti kualifikasi ke Tokutei Ginou I, Anda akan diizinkan untuk tinggal dan bekerja hingga 10 tahun. Namun, selama periode tinggal di Jepang, Anda harus terus memperbarui izin tinggal Anda sesuai dengan peraturan.

Dibebaskan dari Ujian

Untuk mendapatkan Visa Tokutei Ginou diharuskan lulus dari beberapa ujian kualifikasi Keterampilan Khusus dan Bahasa Jepang. Selain ujiannya yang cukup sulit, rintangannya jauh lebih sulit dibandingkan dengan Magang Profesi Terampil. Dalam hal ini, pemegang Visa Profesi Terampil 2 atau 3 diuntungkan karena tidak perlu mengikuti ujian ketika mengganti kualifikasi ke Tokutei Ginou I.

Pemegang kualifikasi Profesi Terampil 1 bisa saja menggantinya ke Tokutei Ginou I, namun harus tetap mengikuti ujian. Selain itu, periode izin tinggal pun lebih sedikit karena Profesi Terampil 1 hanya mendapatkan izin 1 tahun, jika dijumlahkan dengan Tokutei Ginou I kurang menguntungkan karena izin tinggalnya paling lama hanya 6 tahun.
https://kepojepang.com/ujian-keterampilan-tiap-industri/
https://kepojepang.com/ujian-bahasa-jepang/
Sebagai tambahan, bagi karyawan magang yang sudah menyelesaikan pemagangan profesi terampil 2 dan 3 kemudian pulang terlebih dahulu ke negaranya masing-masing, tetap bisa memperoleh Tokutei Ginou I tanpa harus mengikuti ujian.

Bisa Pindah Kerja/Mutasi

Karena Visa Profesi Terampil adalah program pemagangan, maka Anda tidak bisa berhenti bekerja di pertengahan.

Sebaliknya, pemegang Tokutei Ginou bisa mutasi kerja selama di industri yang sama dan semua persyaratan terpenuhi. Oleh karena itu, jika Anda yakin dengan pengalaman dan keterampilan Anda atau merasa bahwa tempat kerja yang saat ini tidak cocok dengan Anda, Anda bisa mencari tempat kerja baru yang bisa membuat Anda lebih bebas beraktivitas.
https://kepojepang.com/tokutei-ginou-bekerja-di-jepang/
Sebagai tambahan, mungkin Anda menduga bahwa pemagang dengan Visa Terampil akan terus bekerja di tempat kerja yang sama setelah mengganti kualifikasi menjadi Tokutei Ginou I. Namun, dikarenakan tempat kerja yang memberlakukan Visa Tokutei Ginou harus memenuhi standar untuk tempat kerja orang asing, sebaiknya Anda juga memeriksa tempat Anda bekerja magang saat ini.

Ada kemungkinan tempat kerja berubah ketika mengganti kualifikasi Profesi Terampil (Magang) menjadi Tokutei Ginou, dan prosedur perubahannya juga mungkin berbeda-beda sesuai dengan tempat kerja masing-masing.

Bisa Mendapatkan Izin Tinggal Tak Terbatas

Seperti yang sudah dijelaskan, periode izin tinggal bagi Tokutei Ginou I adalah 5 tahun, namun bagi pemegang Tokutei Ginou 2 mendapatkan izin tinggal tanpa batasan.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa mendapatkan kualifikasi ini karena Tokutei Ginou II hanya tersedia untuk Industri Konstruksi dan Industri Pembuatan dan Permesinan kapal.

Di antara kedua industri ini yang perlu diperhatikan adalah Industri Pembuatan Kapal. Walaupun Industri Pembuatan Kapal tidak termasuk ke dalam bidang yang ada di Profesi Terampil (Magang), namun bidang ini termasuk ke dalam jenis pekerjaan “Bidang yang Berhubungan dengan Mesin dan Logam” dan “Jenis Pekerjaan dan Manufaktur Lainnya”, kedua jenis pekerjaan ini masih berhubungan dengan bidang “Industri Pembuatan Kapal”. Oleh karena itu, pastikan kembali apakah bidang keahlian Anda sesuai atau tidak.

Kesimpulan

Profesi Terampil (Magang), khususnya level 2 adalah jalan pintas untuk memperoleh Visa Tokutei Ginou. Bagi Anda para pemagang yang sudah memiliki pengalaman bekerja di Jepang selama 3-4 tahun, apakah Anda tertarik untuk mendapatkan Visa Tokutei Ginou? Pun bagi Anda yang saat ini sedang memikirkan untuk mendapatkan Visa Profesi Terampil maupun Tokutei Ginou, pastikan Anda membuat rencana dan tujuan jangka panjang.