Jepang dikenal sebagai negara yang aman dibandingkan dengan negara lain, sayangnya kejahatan yang mengincar wanita yang tinggal sendiri seringkali terjadi.

Kejahatan-kejahatan seperti mengikuti dari belakang saat perjalanan pulang sekolah atau bekerja, menyergap, atau menyelinap ke dalam rumah saat Anda tidak ada. Apa yang sebaiknya dilakukan agar terhindar dari sasaran penjahat seperti itu atau untuk mencegah datangnya penjahat seperti itu?

Sponsor LINK

Berhati-hatilah untuk Tidak Lupa Menutup Jendela dan Mengunci Pintu

Pertama, Kunci Pintu dengan Kuat

Hal yang paling harus diperhatikan adalah jangan lupa menutup jendela dan mengunci pintu. Sangat penting membuka jendela untuk ventilasi ketika Anda sedang ada di rumah, namun sebaiknya Anda jangan membiarkan jendela terbuka dari pagi hingga malam kecuali Anda tinggal di lantai bagian atas. Hal ini untuk menghindari pemikiran buruk seperti “Ah rumah itu jendelanya selalu terbuka, kelihatannya mudah untuk menyelinap masuk”. Anda mungkin melakukannya karena khawatir akan tagihan listrik, namun jika memang panas sebaiknya gunakanlah AC.

Begitupun dengan pintu, tentu saja Anda tidak mungkin lupa mengunci pintu saat keluar rumah, namun saat Anda sedang di rumah pun jauh lebih aman jika pintu dikunci. Beberapa penjahat datang dan memaksa masuk sambil berpura-pura sebagai petugas kurir, jadi alangkah lebih baiknya Anda mengunci pintu dan terlebih dahulu memeriksa siapa saja yang datang sebelum membukakan kunci dari dalam.

Jangan Membuka Kunci Sembarangan

Anda perlu waspada terhadap “penjahat yang memaksa masuk” seperti yang sudah disebutkan di atas, oleh karena itu jangan sembarangan membuka pintu siapapun pengunjungnya. Selain berpura-pura sebagai petugas kurir, mereka juga menggunakan modus lain dengan mengaku sebagai sesama penghuni mansion atau apato dan berkata “ada kebocoran air dari kamar Anda” atau “saya ingin menyapa sebagai tetangga yang baru pindah”.

Jika Anda dapat berinteraksi tanpa membuka pintu, sebisa mungkin jangan langsung membuka pintu. Jika Anda harus membuka pintu, sebaiknya buka pintu dalam keadaan kunci rantai terpasang. Selain itu, jika terlihat mencurigakan, Anda sebaiknya mengambil tindakan seperti meminta mereka untuk menunjukkan kartu identitas atau keterangan lainnya. Untuk petugas kurir, Anda bisa meminta mereka untuk meletakan barang kiriman di depan pintu kemudian Anda bisa mengambilnya ketika petugas sudah pergi.

Untuk petugas kurir, jika barang kiriman adalah barang yang Anda pesan sendiri, Anda bisa menentukan tanggal dan waktu pengiriman sendiri. Untuk barang yang dikirim oleh keluarga atau teman, Anda bisa memprediksi kedatangannya jika mereka memberitahukan hal ini sebelumnya. Selain itu, jika di mansion atau apato Anda ada box barang kiriman, Anda juga bisa menggunakannya atau memilih metode pengiriman melalui minimarket (kombini) dan kantor cabang kurir terdekat, sehingga petugas kurir tidak perlu mengirimkan barang secara langsung ke tempat Anda.

Sebagai tambahan, untuk menyapa tetangga saat baru pindah, perlu diingat hal ini tidak diperlukan di apato atau mansion umum yang ada di daerah perkotaan. Pertama, karena tidak ada lingkungan tetangga, selain itu jika Anda tidak dikenal bisa juga mencegah terjadinya kejahatan. Namun, jika Anda tinggal di daerah atau wilayah pedesaan dan tempat tinggal Anda merupakan tempat khusus pelajar, orang asing atau wanita, sebaiknya Anda lihat dulu keadaannya, apabila diperlukan sebaiknya Anda memperkenalkan diri kepada orang yang tinggal di kanan-kiri dan atas-bawah kamar Anda.

Mencegah Orang Lain Menyadari bahwa Seorang Wanita Tinggal Sendirian

Perhatikan Tempat-tempat yang Terlihat dari Luar

Pertama-tama, sangat penting untuk membuat orang lain tidak menyadari bahwa seorang wanita tinggal sendirian di kamar yang Anda sewa. Karena akan sulit bagi penjahat atau pencuri untuk menyelinap masuk jika ada teman yang tinggal sekamar dengan Anda.

Sebagai contoh, Anda tidak perlu menuliskan apapun di papan nama dan di kotak pos Anda, ini adalah metode yang sekarang umum dilakukan untuk mencegah kejahatan. Anda juga bisa menggunakan cara dengan menghindari penggunaan gorden dengan motif yang cantik yang terlihat dari luar, hindari juga mengeringkan pakaian wanita di luar.

Untuk masalah cucian, sebaiknya Anda menggunakan pengering yang ada di kamar mandi atau menyediakan space khusus untuk mengeringkan cucian di dalam kamar Anda. Jika Anda merasa perlu mengeringkannya di luar, saya sarankan Anda juga mengeringkan pakaian pria secara bersamaan. Kaos kaki, t-shirt, dan celana pria bisa Anda temukan di toserba dengan harga sekitar 100 yen, Anda cukup membeli 2-3 helai saja.

Berhati-hatilah dengan Kehidupan Harian Anda

Ini hal yang mungkin menakutkan, namun apa yang Anda lakukan di luar mungkin saja terlihat oleh orang lain. Contohnya, Anda bisa ketahuan tinggal sendirian ketika Anda membayar tagihan bulanan untuk air dan listrik di kombini yang sama. Tentu saja yang melihat hal tersebut hanya petugas kombini saja, namun bisa juga ada orang lain yang memperhatikan Anda.

Bukan hanya pembayaran tagihan bulanan saja, untuk belanja sehari-hari pun, jika memungkinkan lebih aman untuk Anda menggunakan beberapa toko yang berbeda dan tidak menggunakan toko yang sama setiap saat.

Selain itu, ketika Anda pulang sekolah maupun bekerja sebaiknya Anda memiliki beberapa jalur jalan pulang agar tidak ada yang berpikir bahwa Anda “pulang sendiri melalui jalan ini setiap hari di jam yang sama”. Sebisa mungkin carilah 2 sampai 3 jalan yang dilalui banyak orang dan memiliki pencahayaan yang terang.

Menggunakan Alat Pencegah Kejahatan

Untuk pencegahan keamanan, jauh lebih cepat jika Anda tinggal di properti sewa yang sudah terpasang alat-alat pencegah kejahatan seperti video interkom dan kunci pintu otomatis, namun tentu saja properti sewa yang menyediakan keamanan seperti ini sudah pasti mahal biaya sewanya, dan bisa mempersempit pilihan Anda.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Oleh Wanita yang Tinggal Sendirian di Jepang Ketika Mencari Tempat Tinggal


Sebagian besar rumah kos-kosan yang ada di daerah perkotaan di Indonesia, biasanya memiliki pagar dan teralis di bagian luar, selain itu petugas penanggung jawab pun pasti ada. Akan tetapi, kekurangan properti sewa di Jepang, khususnya untuk mereka yang tinggal sendiri, kebanyakan terlihat langsung dari luar dan pintu bagian depan bisa dengan mudah dilalui orang.

Oleh karena itu, agar bisa menggunakan biaya serendah mungkin, banyak orang yang memilih untuk memasang alat-alat pencegah keamanan setelah mereka menghuni kamar yang biasa.

Misalnya, Anda bisa menggunakan kertas film agar jendela tidak mudah pecah, atau menggunakan kunci tambahan di jendela Anda. Hal ini dikarenakan 70% penjahat melakukan penyerangan melalui jendela. Untuk bagian genkan (area pintu depan), Anda bisa menggunakan kunci tambahan dan memasang penutup lubang pengintip di pintu. Anda bisa menemukan pengrajin (handmade) yang membuat penutup lubang pengintip.

Selain itu, akhir-akhir ini dijual juga “smart lock” yang berfungsi sebagai kunci otomatis dan bisa dioperasikan oleh smartphone Anda. Selain sangat baik untuk pencegahan kejahatan, kunci seperti ini memiliki keuntungan lain seperti “Anda bisa membuka kunci tanpa menggunakan tangan saat membawa barang bawaan”. Karena tidak diperlukan pengerjaan konstruksi, kunci jenis ini bisa juga digunakan untuk tempat tinggal sewaan.

Harga kebanyakan smart lock sekitar 10.000-20.000 yen, mungkin agak mahal, tapi Anda bisa menemukan kunci lain yang mudah dibeli di Home Center (pusat kebutuhan alat rumah tangga). Selain itu, Anda juga bisa menemukan barang-barang yang Anda perlukan di toserba 100 yen, silakan coba Anda cari.

Kesimpulan

Saya sudah memperkenalkan beberapa hal yang bisa mencegah kejahatan ketika wanita tinggal sendiri di Jepang. Jika Anda terlalu khawatir, hal tersebut mungkin akan menghambat kehidupan Anda, tetapi jauh lebih baik untuk Anda berhati-hati dan mencoba berbagai hal untuk ketenangan pikiran Anda.

Agar orang lain menduga ada orang lain yang tinggal bersama Anda, Anda juga bisa mengucapkan “tadaima (saya pulang)”. Ketika dalam perjalanan pulang sambil berjalan kaki, ada juga orang yang sesekali menengok ke belakang untuk mengecek keadaan.
Apabila Anda tinggal sendiri, pertahanan diri sampai batas tertentu adalah hal yang sangat penting!

Mencari Kamar Kos di Jepang! Perbedaan Mansion, Apato dan Share House