Apa hal yang harus diperhatikan ketika mencari kamar sewa saat akan tinggal di Jepang untuk pertama kalinya?

Setiap orang memiliki poin penting yang berbeda-beda baik dari segi biaya sewa, lokasi, fasilitas, dan sebagainya. Untuk menemukan properti yang baik yang dapat membuat Anda nyaman untuk bekerja maupun sekolah, dan untuk mencari kamar secara efisien, di artikel kali ini saya akan memperkenalkan hal-hal apa saja yang harus Anda periksa ketika menyewa kamar untuk pertama kalinya.

Sponsor LINK

Mencari Kamar Sewa

Pertama, Periksa Tempat Bekerja atau Universitas Anda

Hal pertama yang paling penting ketika Anda mencari kamar sewa adalah menentukan batas biaya sewa yang Anda sanggupi, lokasi, dan sebagainya. Jika memungkinkan, prioritaskan beberapa hal yang Anda inginkan dan berikan kisaran seperti maksimum biaya sewa dan seberapa jauh lokasinya dari stasiun. Jika sedari awal Anda sudah memastikan hal-hal seperti itu, maka Anda akan jauh lebih mudah menemukan properti sewa yang sesuai dengan keinginan Anda.

Ada banyak cara untuk mencari kamar sewa. Pertama, kampus maupun perusahaan mungkin akan memperkenalkan asrama atau perusahaan penyewaan properti yang harganya terjangkau, oleh karena itu, jika ada sistem seperti ini di kampus maupun perusahaan Anda, saya sarankan untuk memanfaatkannya secara maksimal. Universitas dan perusahaan yang menerima banyak orang asing akan memberikan berbagai macam bantuan sehingga orang asing bisa menyewa kamar dengan lebih mudah.

Selain itu, ketika Anda ingin mencari atau harus mencari kamar sewa sendiri, saya sarankan Anda mencari properti sewa yang sesuai dengan keinginan Anda melalui internet. Cara termudah untuk menemukan berbagai macam pilihan adalah dengan mencarinya di internet.

Tidak menjadi masalah jika Anda mendatangi perusahaan properti sewa yang secara tidak sengaja Anda temukan di sekitar lokasi yang ingin Anda tinggali, namun jika Anda mencarinya di internet akan bisa mempersempit kandidat kamar sewa yang Anda inginkan, dengan begitu prosedur selanjutnya akan lebih lancar, dan ketika Anda mencarinya melalui internet Anda mungkin akan menemukan hal-hal lain yang mungkin Anda perlukan atau tidak.

Tips Mencari di Internet

Jika Anda mengunjungi website perusahaan sewa properti yang besar, Anda akan bisa menemukan kamar sewa yang Anda inginkan dengan mudah hanya dengan memasukan poin-poin seperti area, jalur kereta, stasiun, biaya sewa, dan sebagainya.

Namun, karena prosedur dan pemeriksaannya rumit, sebagian properti sewa ada yang tidak menerima orang asing, oleh karena itu sebaiknya Anda memasukkan keywords “sewa apato, Tokyo, orang asing” untuk mempermudah pencarian properti yang menerima orang asing. Anda mungkin akan menemukan staf atau pemilik properti yang fasih berbahasa asing seperti bahasa Inggris yang akan membantu Anda saat proses pindahan.

Sebagai tambahan, apabila Anda tidak mencari apato dan mansion melainkan mencari share house, sebaiknya Anda memasukkan keywords “share house, Tokyo, orang asing” saat mencarinya di internet. Ketika Anda mencari sharehouse, jauh lebih baik mencarinya di website khusus pencarian share house dibandingkan mencarinya di website perusahaan sewa properti. Anda akan menemukan lebih banyak pilihan dan bisa membandingkan dari berbagai sudut.

Kelebihan dan Kekurangan Share House yang juga Populer di Kalangan Orang Asing!

Pilihlah Beberapa Kandidat Properti yang Anda Inginkan

Sebaiknya Anda menentukan 3 sampai 4 kandidat pilihan. Jika Anda hanya menentukan 1 kandidat saja mungkin ada beberapa hal yang pada kenyataannya tidak sesuai dengan keinginan Anda dan akan mempersulit proses pindahan Anda.

Jika Anda sudah memutuskan beberapa kandidat, Anda tinggal menghubungi pihak perusahaan sewa properti melalui formulir pengajuan yang ada di website atau langsung melalui telepon, tetapkan tanggal untuk mengunjungi kantor penyewaan properti dan waktu untuk mengunjungi kamar sewa secara langsung. Jika Anda menyampaikan beberapa hal yang Anda inginkan ketika mencari kamar sewa, ada kemungkinan pihak perusahaan akan merekomendasikan beberapa properti yang tidak muncul di internet.

Alur Pencarian Kamar Sewa di Jepang dari Proses Perjanjian Sewa hingga Menghuni Kamar Sewa

Memilih Lokasi

Ada Tidaknya Supermarket, Minimarket, dan sebagainya

Ketika Anda mencari kamar sewa, Anda harus mempersempit lokasi sampai batasan tertentu. Tentu saja Anda harus memikirkan hal-hal yang lain, tetapi penting juga mengetahui apakah ada supermarket dan minimarket (konbini) di sekitar lokasi yang akan Anda tempati. Sekalipun lokasinya berada di antara stasiun yang Anda gunakan untuk pergi sekolah atau bekerja dan bangunan yang Anda tempati, hal ini akan semakin memudahkan Anda.

Tergantung masing-masing orang, ada juga yang mencari fasilitas sesuai dengan hobi mereka, seperti memastikan ada tidaknya toko buku dan home center, toko alat rumah tangga, fasilitas olahraga, perpustakaan, dan toko-toko lainnya, oleh karena itu silakan pikirkan hal-hal penting lainnya secara baik-baik.

Pertimbangkan Akses Menuju Tempat Kerja atau Sekolah

Satu hal penting lainnya adalah akses menuju sekolah atau tempat Anda bekerja. Jika Anda pergi bekerja atau sekolah menggunakan kereta, walaupun jarak yang ditempuh untuk sampai ke tempat kerja maupun sekolah cukup jauh, jika Anda tinggal di tempat yang mudah diakses, selama Anda memahami jalur kereta dan busnya, Anda bisa tinggal dengan nyaman di tempat tersebut.

Selain itu, untuk menghindari kereta yang ramai, banyak juga orang yang berpikiran untuk memilih jalur kereta menuju luar pusat kota (sagari densha) sebagai tempat mereka pergi dan jalur kereta menuju pusat kota (agari densha, biasanya jalur menuju Tokyo) sebagai jalur pulang mereka. Anda juga sebaiknya memikirkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kereta yang biasanya Anda gunakan tidak bisa beroperasi dengan memastikan properti yang Anda sewa memiliki akses kendaraan lain yang bisa digunakan, misalnya jalur bus atau jalur untuk sepeda.

Saat Anda pergi bekerja atau sekolah, mungkin Anda juga diharuskan untuk berganti jalur kereta, oleh karena itu Anda pun harus memikirkan jalur yang tidak terlalu memakan waktu ketika Anda harus berganti stasiun. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan beberapa hal jika Anda ingin tinggal agak jauh dengan teman kantor atau teman sekolah Anda.

Memeriksa Biaya Sewa yang Diperlukan

Berapa Biaya Awal yang Diperlukan dan Kapan Harus Dibayarkan?

Hal yang paling dikhawatirkan ketika Anda tinggal sendirian di luar negeri mungkin adalah masalah biaya. Biaya hidup di Jepang umumnya lebih mahal dibandingkan dengan Indonesia, oleh karena itu, Anda perlu memahaminya satu per satu, merencanakan pembayaran dan menemukan cara sendiri untuk menghemat uang. Terutama, sebisa mungkin Anda perlu meminimalisir biaya sewa dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga tidak boleh melupakan masalah biaya awal sewa. Di Jepang, ketika Anda melakukan kontrak sewa kamar, setidaknya Anda memerlukan uang deposito atau jaminan (shiki-kin, biasanya seharga biaya sewa kamar 1 bulan), uang imbalan atau key money (rei-kin, seharga biaya sewa kamar 1 bulan), biaya perantara (seharga biaya sewa kamar setengah – 1 bulan), biaya asuransi kebakaran (kurang lebih 15,000 yen), dan sebagainya. Anda pun mungkin perlu menyiapkan biaya sewa untuk 4-7 bulan.

Jika tidak ada masalah, beberapa akan digunakan untuk biaya sewa berikutnya ada juga yang dikembalikan ketika Anda pindah ke tempat lain, bagaimanapun juga Anda memerlukan uang tunai sejak awal. Sebagian besar, biaya awal harus dibayarkan secara langsung, namun ada juga beberapa perusahaan sewa properti yang memperbolehkan untuk mencicilnya, untuk hal ini Anda bisa menanyakan langsung kepada pihak penanggung jawab.

Hal yang Perlu Diketahui tentang “Shiki-kin, Rei-kin, Hoshou-kin” saat Mencari Kamar Sewa di Jepang!


Selain membayar berbagai macam biaya kepada perusahaan sewa properti, Anda juga perlu menyediakan uang untuk biaya pindahan dan membeli barang yang Anda butuhkan yang mungkin cukup membutuhkan uang lebih.

Apakah Biaya Sewa Dibayarkan Setiap Bulan?

Biaya bulanan juga sangatlah penting. Pastikan biaya bulanan sesuai dengan kemampuan Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa biaya fasilitas yang Anda butuhkan seperti penggunaan fasilitas internet. Beberapa properti mungkin sudah menambahkan biaya fasilitas internet ke dalam biaya sewa bulanan.

Kesimpulan

Yang terakhir, saya akan memperkenalkan hal-hal penting yang harus Anda periksa ketika melakukan survei secara langsung.

Pastikan Anda memeriksa seluruh isi bangunan dan ruangan apakah sesuai dengan yang tertera ketika Anda mencarinya di internet atau tidak. Misalnya, kemiringan bangunan, bau ruangan, kelembaban, kebisingan, sinar matahari, tekanan air dan ventilasi yang memadai.

Selain itu, perhatikan juga masalah keamanan, seperti memeriksa sejauh mana pintu dan jendela terlihat dari luar, jika ada, periksa juga sistem keamanan di pintu masuk umum.

Mencari Kamar Kos di Jepang! Perbedaan Mansion, Apato dan Share House


Agar merasa lebih tenang, sebisa mungkin Anda juga mencoba berjalan kaki menuju jalur stasiun atau halte bus terdekat.

※Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata telah menerbitkan “Buku Panduan Mencari Kamar Sewa” dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia untuk mempermudah memahami tentang prosedur mencari kamar sewa di Jepang. Silakan Anda memeriksanya kembali.
https://www.mlit.go.jp/jutakukentiku/house/jutakukentiku_house_tk3_000017.html