Nihongo wo benkyou shiteimasu.
Saya sedang belajar bahasa Jepang.

Benkyou suru merupakan istilah bahasa Jepang yang paling umum digunakan untuk menyatakan kegiatan “belajar”. Namun, selain benkyou suru ada kata manabu dan narau yang sama-sama memiliki arti “belajar”. Lalu apakah perbedaan dari ketiga istilah ini.

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan arti dan makna dari masing-masing istilah dan bagaimana perbedaan penggunaannya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Untuk lebih memahami ketiga istilah di atas, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan “Benkyou suru / Manabu / Narau

Walaupun ketiga istilah ini memiliki arti “belajar”, ada sedikit perbedaan makna dalam penggunaanya.

Arti dan Makna “Benkyou

Nihongo wo benkyou shiteimasu.
Saya sedang belajar bahasa Jepang.

Di antara ketiga istilah “belajar” dalam bahasa Jepang, benkyou suru merupakan kata kerja yang dibentuk dari kata benda. Suru (melakukan) merupakan kata tambahan untuk mengubah kata benda menjadi kata kerja. Oleh karena itu, benkyou suru termasuk ke dalam kata kerja golongan ke-3 atau kata kerja tidak beraturan (fukisokudoushi).

Istilah benkyou suru identik dengan proses belajar di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya dengan tujuan mempelajari mata pelajaran tertentu. Selain itu, dalam kata benkyou suru ada nuansa seseorang belajar dengan sungguh-sungguh atau penuh ketekunan untuk memperoleh pengetahuan, wawasan, keterampilan dan pengalaman yang luas.

Arti dan Makna “Manabu

Berbeda dengan benkyou suru, manabu merupakan kata kerja golongan ke-1 atau go-dan-doushi. Walaupun secara harfiah diartikan “belajar”, makna yang terkandung dalam kata manabu sedikit berbeda dengan benkyou suru.

Baik manabu maupun benkyou suru sama-sama mengandung makna proses pembelajaran untuk mengetahui sesuatu. Apabila benkyou suru hanya mendeskripsikan proses mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pengetahuan akademik, maka kata manabu jauh lebih luas dari sekadar pengetahuan akademik. 

Selain digunakan untuk mendeskripsikan proses mempelajari pengetahuan akademik, manabu juga sering kali digunakan untuk mendeskripsikan “belajar” pengetahuan umum melalui pengalaman selain belajar di sekolah, misalnya mempelajari hal-hal umum yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. 

Perbedaan lain antara manabu dengan benkyou suru adalah upaya dan usaha yang dilakukan ketika “belajar”. Dalam kata manabu ada nuansa bahwa tidak diperlukan upaya dan usaha yang berlebih karena hal yang dipelajari adalah bagian dari pengalaman hidup kita. Secara sederhana dapat disimpulkan apabila benkyou suru ada sosok yang mengajar sedangkan manabu bisa ada atau tidak.

Arti dan Makna “Narau

Sama halnya dengan manabu, narau termasuk ke dalam kata kerja golongan ke-1 atau go-dan-doushi. Narau merupakan istilah “belajar” yang digunakan ketika jelas ada seseorang yang mengajarkan kita akan sesuatu.

Narau umumnya digunakan apabila subjek-subjek yang dipelajari berhubungan dengan seni dan keterampilan di mana memerlukan teknik dan proses belajar secara berulang-ulang. Oleh karena itu, hal yang merupakan ciri dari kata narau adalah proses belajar yang melibatkan latihan secara berulang kali.

Informasi Tambahan

Selain ketiga istilah di atas, ada istilah gakushuu dan gakumon yang juga berarti “belajar” tetapi lebih banyak digunakan sebagai bahasa tulisan dibandingkan sebagai bahasa lisan. 

Makna kata gakushuu hampir sama dengan narau, di mana ada proses pengulangan ketika mempelajari sesuatu hingga akhirnya terampil. Makna istilah gakumon hampir sama dengan benkyou suru, mempelajari hal-hal yang bersifat akademik melalui lembaga pendidikan untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Baik gakushuu maupun gakumon termasuk ke dalam kelas kata benda. Namun, kedua istilah ini bisa diubah menjadi kata kerja apabila ditambahkan kata suru

Untuk perubahan bentuk kata kerja, bisa dilihat di halaman ini.

Contoh Kalimat

Untuk memahami penggunaan masing-masing istilah di atas, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Benkyou suru

Nihongo no benkyou wa muzukashii desu ga, omoshiroi desu.
Kyonen, otouto wa nihon e nihongo wo benkyou shi ni kimashita.
Intaanetto wo tsukatte, nihongo wo benkyou shiteimasu.
Nihon de hataraki nagara, benkyou shiteimasu.
Kanojo wa nihon ni kuru mae ni, nihongo wo benkyoushite imashita.
Yamada-san wa benkyou shinaku te mo, tesuto de man-ten wo torimashita.
Konkai no shiken wa isshou-kenmei benkyou suru you ni shimasu.
Nihongo ga wakaru you ni nattara, benkyou mo tanoshiku natta yo.
Gakkou wo sotsugyoushite mo, nihongo no benkyou wo tsuzukete iku tsumori desu.
Isshou-kenmei benkyou sureba, kitto goukaku suru deshou.

Manabu

Daigaku de shinri-gaku wo manande imasu.
Kare wa onaji gakkou de mananda nakama da.
Konkai, kazoku no taisetsu-sa wo manabimashita.
Kurou shite ningen no subarashi-sa wo mananda.
Chizu wa watashi-tachi ga chirigaku wo manabu tasuke ni naru.
Watashi-tachi wa eigo no yomi-kata wo manabimashita.

Narau

Raishuu, hajimete ikebana wo narrate miyou to omoimasu.
Yofuke ni hitori de dansu no suteppu wo narau.
Chichi kara karate wo naraimashita.
Shuu ni ni-kai eikaiwa wo naratte imasu.
Kanojo wa ima e no kaki-kata wo naratte imasu.
Piano wo narau no wa muzukashii to omoimasu.

Istilah Lainnya

Kanojo wa juuis-sai no toki ni eigo no gakushuu wo hajimemashita.
Nihongo gakushuu no muzukashii bubun wa nan desuka?
Kare ga senkou shite iru gakumon wa keizai-gaku de aru.
Donna ni toshi wo totte mo gakumon ga dekinai koto wa nai.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dan contoh-contoh kalimat yang sudah diberikan di atas, dapat disimpulkan bahwa “belajar” dalam bahasa Jepang memiliki banyak istilah. Namun, masing-masing istilah memiliki makna yang berbeda, sehingga penggunaannya pun harus disesuaikan dengan maksud yang ingin disampaikan.

Semoga penjelasan kosakata bahasa Jepang di atas mudah kalian pahami, dan tentunya bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya dan simak terus informasi-informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya di Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa artinya 勉強する (benkyou suru)?

A) 勉強する (benkyou suru) artinya adalah belajar.

Q) Apa bahasa Jepangnya “belajar”?

A) Ada beberapa istilah untuk “belajar” dalam bahasa Jepang, yaitu 勉強する (benkyou suru), 学ぶ (manabu), 習う (narau), 学問する (gakumon suru), 学習する (gakushuu suru).

Q) Apa bedanya 勉強する (benkyou suru) dan 学ぶ (manabu)?

A) 勉強する (benkyou suru) umumnya digunakan untuk mendeskripsikan proses mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan akademik untuk tujuan memperluas wawasan, pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan 学ぶ (manabu) tidak hanya digunakan untuk mendeskripsikan belajar “mata pelajaran” saja, tetapi bisa juga digunakan untuk menunjukkan proses mempelajari pengetahuan-pengetahuan umum yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari guna memperluas pengalaman hidup.

Q) Apa artinya 習う (narau)?

A) 習う (narau) artinya belajar. Namun, pada umumnya “narau” digunakan untuk menunjukan proses mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan seni dan keterampilan di mana memerlukan teknik dan proses belajar secara berulang-ulang.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.