いただきます。
Itadakimasu.

Pernahkah kalian mendengar ungkapan bahasa Jepang di atas? Itadakimasu adalah ungkapan yang diucapkan ketika kita akan memulai menyantap makanan. Lalu apakah makna dari ungkapan ini?

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan arti dan makna ungkapan itadakimasu dan bagaimana cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini. Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

Penjelasan “Itadakimasu”

Secara harfiah, “itadakimasu” berarti “saya menerimanya (dengan senang hati)”. Dalam kebudayaan Jepang, kata ini biasa digunakan sebagai ungkapan terima kasih ketika menerima sesuatu dan umum digunakan ketika akan memulai makan. Biasanya diartikan “selamat makan” atau “terima kasih atas makanannya”.

Menurut ajaran agama Buddha, ungkapan ini digunakan sebagai apresiasi atas semua hal yang telah membantu makanan yang kita makan ada di depan kita. Baik itu rasa terima kasih terhadap tumbuhan, binatang, petani dan siapapun yang memasak makanan tersebut. 

Bagaimana cara mengucapkannya?

  1. Rapatkan kedua tangan kalian di depan dada
  2. Ucapkan “itadakimasu”
  3. Menunduk sedikit
  4. Mulai makan

Contoh Kalimat

Seperti yang udah aku sampaikan di atas, arti dasar dari “itadakimasu” adalah “saya menerimanya”. Jadi, kata ini juga bisa digunakan ketika kalian menerima sesuatu dan berterima kasih atas pemberian tersebut.

Purezento wo itadakimasu.
A : Kono keeki irimasuka.
B : Sou desu ne. Itadakimasu. Arigatou gozaimasu.

Kesimpulan

Nah gimana? Sekarang jadi tahu kan kalau “itadakimasu” bukan hanya berarti “selamat makan”, tetapi memiliki makna lainnya juga. Oh iya, perlu kalian ingat kalau mengucapkan “itadakimasu” sebelum makan merupakan kebudayaan bangsa Jepang yang sudah mendarah daging sejak lama. Oleh karena itu, tidak mengucapkan “itadakimasu” sebelum makan akan dianggap tidak sopan oleh orang Jepang. 

Hari ini, sampai sini dulu ya belajar bahasa Jepangnya. Semoga bahasa Jepang yang aku sampaikan mudah dimengerti dan selalu bermanfaat buat kalian!