Ketika mulai belajar bahasa Jepang, pasti kalian akan sering menemukan kata kyoushitsu yang artinya “kelas”, atau ruangan yang digunakan untuk belajar. Seperti sebagian besar kosakata dalam bahasa Jepang, “kelas” pun bisa digantikan oleh istilah lain seperti kurasu yang diambil dari bahasa Inggris.

Artikel ini akan menjelaskan makna kata kyoushitsu dan istilah bahasa Jepang lain yang bisa digunakan untuk menunjukkan “ruang kelas”. Kalian juga akan mudah memahami penggunaannya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak saja penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Kyoushitsu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kyoushitsu dalam bahasa Indonesia diartikan “kelas (ruang kelas)”. Kyoushitsu sendiri ditulis dengan 2 huruf kanji, yaitu kyou (oshieru : mengajar) dan shitsu (ruangan). Dalam kamus digital Jepang Daijiten, dijelaskan pengertian kyoushitsu adalah sebagai berikut : 

  1. Ruangan di sekolah tempat kegiatan belajar-mengajar diadakan
  2. Di universitas merujuk pada ruang penelitian (laboratorium) masing-masing jurusan. Tempat di mana setiap dosen berada sesuai dengan mata kuliahnya.
  3. Tempat di mana berlangsung kegiatan belajar-mengajar di luar sekolah.

Melihat penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa kata kyoushitsu secara umum digunakan untuk menyebutkan “ruang kelas” di semua tempat belajar formal seperti sekolah dan universitas atau tempat belajar non-formal seperti tempat les, dan sebagainya.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Kelas (Ruang Kelas)”

Berikut beberapa istilah lain yang digunakan untuk menyebutkan “kelas”.

Kyoujou 

Kyoujou ditulis dengan 2 kanji, kyou (oshieru : mengajar) dan jou (ba : lokasi, tempat). Secara harfiah artinya pun sama persis dengan kyoushitsu, yaitu tempat atau ruangan yang digunakan untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar. Secara umum tidak banyak digunakan, tetapi kyoujou lebih banyak digunakan untuk kelas akademik yang lebih spesifik seperti seni bela diri, kepolisian, militer, dan sebagainya.

Kurasu / kurasuruumu

Istilah yang diambil dari bahasa Inggris “class / classroom”. Secara umum yang paling banyak digunakan adalah kurasu. Kata kurasu digunakan bukan hanya untuk menunjukkan ruang kelas saja, tetapi digunakan juga untuk menunjukkan tingkatan atau level tertentu, seperti pada contoh di bawah ini :

Watashi tachi wa haikurasu-na resutoran ni itta. (high-class)
Kare wa waarudo kurasu no senshu da.

Kumi / Gumi

Kata kumi / gumi merujuk pada sekelompok siswa yang belajar atau di ajar sesuai dengan tingkatan atau angkatannya. Dalam bahasa Indonesia sama seperti “kelas 1A”, kelas 3B” dan sebagainya.

Jugyou

Secara harfiah artinya adalah “pelajaran”, atau kegiatan yang dilakukan pengajar untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang. Penggunaannya sama seperti “kelas bahasa”, “kelas olahraga”, dan sebagainya. Selain jugyou biasanya disebut juga ressun yang diambil dari bahasa Inggris “lesson”.

Informasi Tambahan

Istilah- istilah “kelas” di atas umumnya digunakan untuk menunjukkan “ruang kelas” dan “kelas” yang berhubungan dengan kegiatan belajar-mengajar. Dalam bahasa Indonesia, “kelas” juga memiliki makna “tingkatan” atau “level” tertentu. Adapun istilah Jepang untuk “kelas” yang bermakna “tingkatan” ini akan dijelaskan di artikel yang lain.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan istilah-istilah bahasa Jepang yang berarti “kelas (ruang kelas / ruang belajar)”.

Kyoushitsu

Tanaka-sensei wa kyoushitsu ni imasu.
Kyoushitsu de sawaguna!
Watashi no kyoushitsu wa ni-kai ni arimasu.
Nihon no gakkou de wa houkago ni seito ni yoru kyoushitsu no souji touban ga aru.
Kyoushitsu ni haitta totan, shukudai wo wasurete kita koto ni ki ga tsuita.
Kono kyoushitsu ni wa gakusei ga juu-go-nin imasu.
Kyoushitsu de nenaide kudasai!
Seitou tachi wa kyoushitsu no soto ni atsumatta.
Gakuen-sai no youi de kyoushitsu ga gotagota shite iru.
Yasumi jikan ni betsu no kyoushitsu e idou shinakute wa naranai.
Kare wa kyoushitsu de itsumo mae no hou ni suwatte iru.

Kyoujou

Akiko sensei wa kyoujou de wa genkaku da ga, heizei wa kandai da.
Katayama toiu ie no doujou wo karite kyoujou ni ateru koto ni shita.
Mazu ichiban no kiso-teki-na kotogara wa kyoujou de yaranai de kogai de sazukeru hou ga ii.

Kurasu / Kurasuruumu

Kurasu no naka de, Sakura-san ga ichiban kawaii desu.
Kono kurasu wa danjo dousuu desu.
Watashi tachi no kurasu wa san-nen-goto ni kurasu-kai wo shite, kyuukou wo atatameru kotoni shite iru.
Ueno sensei ga watashi tachi no kurasu tan’nin desu.
Ryuugaku wo junbi suru tame ni, eikaiwa no kurasu ni touroku shita. 

Kumi / Gumi

A : Anata no gumi ni wa dono kurai seito ga imasuka?
B : Yon-juu-nin imasu.
A-gumi to B-gumi no seito-suu ga onaji desu.
Chuugakkou no toki, watashi tachi wa onaji kumi datta.
Watashi ga san-nen A-gumi no daihyou desu.
Watashi tachi no kumi de wa eigo de kanojo ni kanau mono wa inai.

Jugyou

Jugyou ni maniawanai node, isoide ikimasu.
Ku-ji ni nattara, jugyou wo hajimemasu.
Jugyou de tsukau kara, raishuu made ni kono kyoukasho wo kainasai.
Kare wa jugyou-chuu ni yoku inemuri wo suru.
Sensei ga saki no suugaku no jugyou de hanashite ita koto wo rikai shite inakatta.
Ashita no jugyou wa oyasumi ni shimasu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kosakata kyoushitsu (kelas / ruang kelas) dan beberapa istilah Jepang lainnya yang bisa digunakan untuk menyebutkan “kelas” yang berhubungan dengan kegiatan belajar-mengajar. Secara umum, istilah-istilah di atas sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kalian bisa menggunakannya dalam keadaan dan situasi apapun. Perhatikan baik-baik contoh-contoh kalimat yang diberikan untuk memahami cara penggunaannya.

Semoga penjelasan tentang kosakata “kelas” di atas bisa dimengerti dengan mudah ya. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, mari kita perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “kelas”

A) Ada beberapa istilah bahasa Jepang yang bisa diartikan “kelas”, 教室 (kyoushitsu), クラスルーム/クラス (kurasuruumu / kurasu), 教場 (kyoujou), 組 (kumi / gumi), dan 授業 (jugyou).

Q) Apa artinya 教室 (kyoushitsu)?

A) 教室 (kyoushitsu) artinya “kelas”.

Q) Apa perbedaan “kyoushitsu” dan “kyoujou”?

A) Secara umum, kedua kata ini berarti “ruang kelas” tempat diadakan kegiatan belajar-mengajar. Tapi, “kyoujou” umumnya digunakan untuk kelas seni bela diri, kepolisian dan sebagainya. Sedangkan “kyoushitsu” digunakan secara umum.

Q) Apakah kata “kurasu” diambil dari bahasa Inggris?

A) Benar. Kata “kurasu” adalah serapan dari bahasa Inggris “class”. Oleh karena itu, selain berarti “kelas” yang berhubungan dengan belajar, bisa juga digunakan untuk “kelas” tingkatan sesuatu.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan informasi lain tentang Jepang, jangan lupa baca halaman ini ya!