Kono eiga wa yuumei da yo.
Film ini terkenal loh.

Yuumei pada kalimat di atas merupakan salah satu kata sifat dalam bahasa Jepang yang artinya “terkenal”. Selain yuumei ada juga loh kata ninki yang artinya sama. Lalu apakah perbedaan dari kedua kata ini?

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan arti dan makna yuumei serta memberikan beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat. Akan diperkenalkan juga beberapa istilah lain yang memiliki arti sama.

Untuk lebih jelasnya langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Yuumei

Seperti yang sudah disebutkan di atas yuumei termasuk ke dalam kelas kata sifat, tepatnya kata sifat golongan 2 atau na-keiyoushi.

Kata yuumei mengacu pada apa yang diketahui secara luas oleh orang banyak, dikenal di lingkungan luas maupun di lingkungan tertentu, atau namanya dikenal luas.

Kanji yuumei ditulis dengan dua karakter Kanji, yaitu yuu (ada, memiliki) dan mei (nama, reputasi). Dari makna kedua Kanji ini saja, kita bisa menyimpulkan bahwa makna dari yuumei adalah “memiliki nama atau reputasi”. Dalam artian, karena memiliki nama dan reputasinya maka dikenal oleh orang-orang. 

Yuumei bisa digunakan untuk benda, barang, tempat, makanan, maupun orang. Selain itu, bisa juga digunakan untuk hal baik maupun hal tidak baik. Misalnya, selebriti yang terkenal atau seorang kriminal yang kejahatannya sudah diketahui banyak orang.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Terkenal”

Selain yuumei ada beberapa kata sifat lain yang memiliki arti “terkenal”, di antaranya adalah sebagai berikut :

Ninki

Dalam bahasa Indonesia secara umum ninki diartikan “populer” atau “terkenal”. Ninki sendiri merupakan kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang memiliki reputasi tinggi dan diterima dengan baik oleh orang-orang secara luas.

Bisa dikatakan ninki dan yuumei adalah satu set kata. Maksudnya, apabila sesuatu ninki maka hal tersebut pun akan yuumei. Dalam artian, karena suatu hal tersebut memiliki reputasi maka menjadi terkenal.

Sebagai tambahan, berbeda dengan yuumei yang bisa digunakan untuk hal baik maupun buruk, ninki biasanya hanya digunakan untuk hal-hal yang menunjukkan “reputasi baik” dan diterima secara baik oleh masyarakat luas.

Koumyou

Arti “terkenal” pada istilah koumyou umumnya banyak digunakan untuk orang. Maknanya sendiri “memiliki penilaian yang tinggi” atau “dikenal luas oleh masyarakat umum”. Dan biasanya digunakan untuk menyebutkan nama untuk menghormati orang lain.

Chomei

Pada dasarnya memiliki arti yang sama dengan yuumei, yaitu mengacu pada sesuatu yang dikenal luas atau memiliki nama di lingkungan tertentu. Namun berbeda dengan yuumei, istilah ini pada umumnya sangat jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan istilah-istilah di atas, mari kita perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Yuumei 

Nihon to ieba, fuji-san to sakura ga yuumei desu.
Kono shousetsu wa yuumei-na sakka ni yotte kakareta sou desu.
Koko wa nagai rekishi ga aru koto de yuumei-na basho desu.
Shizuoka-ken wa ocha no sanchi toshite yuumei desu.
Koko wa, oishii keeki de yuumei-na omise desu.
Takumi-san wa ippanteki ni wa mumei kamoshirenai ga, kono gyoukai de wa yuumei-jin da.
Kare wa yuumei-na aidoru nanode, kihon-teki ni densha ni noru koto ga dekinai.
A : Ano josei no koto wo shitte imasuka?
B : Hai, mochiron desu. Kanojo wa yuumei-na kashu desu yo. 
Kare ni bouryoku wo furuu kuse ga aru to iu koto wa kaisha de wa yuumei-na hanashi da.
Tomodachi ni yuumei-na tokoro ni tsurete itte moratta.

Istilah Lainnya

Kono eiga wa hanashi ga omoshiro sou dashi, ninki mo ari sou da ne.
Harajuku wa fasshon no machi toshite wakamono ni ninki ga arimasu.
A : Nihon de wa sakkaa to yakyuu no dochira no hou ga ninki ga arimasuka?
B : Zettai yakyuu desu yo. Yakyuu ga mottomo ninki ga arimasu.
Kare wa koumyou-na shijin de aru to tomoni yuunou-na kyouju demo atta.
Shouta-kun wa kokusai-teki ni chomei-na gaka desu.
Kaigai no chomei-na shashinka-tachi no sakuhin ga bijutsukan de tenji sarete iru.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata yuumei yang artinya “terkenal”. Selain yuumei, kalian juga bisa menggunakan kata ninki, koumei, atau chomei. Namun, perlu kalian ingat bahwa yuumei mendeskripsikan suatu hal yang terkenal karena “namanya” baik itu untuk hal yang baik ataupun buruk, sedangkan ninki umumnya hanya digunakan untuk hal-hal baik saja. Jadi, jangan sampai salah dalam menggunakannya ya.

Sampai di sini dulu penjelasan bahasa Jepang kali ini. Semoga penjelasan istilah-istilah bahasa Jepang di atas mudah dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “terkenal”?

A) Ada beberapa istilah yang artinya “terkenal” dalam bahasa Jepang, yaitu 有名 (yuumei), 人気 (ninki), 高名 (koumyou), dan 著名 (chomei).

Q) Apa artinya 有名 (yuumei)?

A) 有名 (yuumei) artinya terkenal atau populer.

Q) Termasuk ke dalam kata sifat manakah 有名 (yuumei)?

A) 有名 (yuumei) termasuk ke dalam kata sifat golongan 2 atau “na-keiyoushi”.

Q) Apa perbedaan 有名 (yuumei) dan 人気 (ninki)?

A) Makna “terkenal” dari kata 有名 (yuumei) bisa ditujukan untuk hal baik maupun buruk. Dalam artian 有名 (yuumei) menunjukkan “nama yang terkenal”, Sedangkan 人気 (ninki) umumnya hanya digunakan untuk hal-hal baik, di mana maknanya menunjukkan “terkenal karena reputasinya” dan diterima baik oleh masyrakat luas.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.