Handphone adalah salah satu barang yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari kita. Apa sih bahasa Jepangnya handphone? Artikel kali ini akan membahas bahasa Jepangnya handphone dan contoh penggunaanya dalam kalimat. Untuk lebih lengkapnya, yuk langsung simak penjelasan di bawah ini!

Penjelasan “Keitai Denwa

Penggunaan telepon seluler (ponsel) atau handphone di Jepang sudah ada di mana-mana bertahun-tahun sebelum fenomena itu menyebar ke seluruh dunia. Di Jepang, handphone disebut keitai denwa, gabungan dari kata keitai (sesuatu yang digenggam dengan tangan) dan denwa (telepon), yang secara harfiah berarti “telepon genggam” atau “telepon portabel”, dan lebih sering disebut hanya sebagai keitai ketika dalam percakapan, khususnya dalam situasi kasual atau non-formal.

Istilah Baru Handphone : “Sumaho

Beberapa tahun terakhir, penggunaan handphone pintar (berbasis Android atau iOS) semakin meningkat sehingga muncul juga istilah baru yang digunakan untuk menyebutkan handphone . Istilah baru ini adalah sumaatofon yang diambil dari bahasa Inggris “smartphone”. Namun, orang Jepang lebih sering menyingkatnya menjadi sumaho.

Tentu saja, istilah keitai denwa masih digunakan karena masih banyak orang Jepang (khususnya kalangan lansia) yang menggunakan handphone biasa. Namun, dalam percakapan sehari-hari di kantor atau di kampus, mungkin kalian akan lebih sering mendengar istilah sumaho, karena ini adalah istilah yang akhir-akhir ini lebih sering digunakan orang Jepang, terutama di kalangan anak muda.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata keitai denwa dan sumaho.

Keitai Denwa

Kono chiiki wa keitai denwa no kengai desu.
Keitai denwa wa totemo benri desu.
Kono keitai denwa wa shashin mo toru koto ga dekiru shi, tsukai kata mo kantan dakara, yoku ureteimasu.
Genzai, sekaijuu de kamera-tsuki keitai denwa ga tsukawareteimasu.
Keitai denwa no den’gen wo kiru beki de aru.
Pasokon ni kuwae, keitai denwa de no riyou ga kanou desu.
Atarashii keitai denwa ga hoshii.
Keitai denwa wo omise ni wasurete kichatta.
Keitai denwa ga natteimasu.
Watashi wa kowareru made, kono keitai denwa wo tsukaimasu.
Keitai denwa no denpa ga togire togire da.
Keitai denwa no meeru ni yoru yaritori wa, ippan teki-na dentatsu shudan de aru.

Sumaho

Genmitsu ni ie ba, sumaho wa keitai denwa de aru ga, keitai denwa wa sumaho de wa nai.
Keitai kara sumaho e no kaikae wo kan’gaeteiru.
Bideo wo miru koto wa sumaho no batterii wo kokatsu saseru.
Sumaho hitotsu de densha no naka, ranchi taimu, jitaku de shigoto ga dekiru.
Senyou apuri wo tsukatte, sumaho kara chokusetsu shashin ya shorui nado wo in’satsu suru koto ga dekiru.
Sumaho wo tsukatte, omotta ijou ni umaku satsuei dekita.
Saikin, sumaho yuuzaa wa kanari fueteiru.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang bahasa Jepangnya handphone. Jadi, saat ini ada dua bahasa Jepang yang digunakan untuk handphone. Yang umum digunakan adalah keitai denwa yang merujuk pada semua jenis telepon seluler, baik ponsel jadul maupun ponsel pintar yang saat ini banyak digunakan. Istilah baru yang mulai banyak digunakan adalah sumaatofon yang sering disingkat sumaho yang merujuk pada ponsel pintar atau smartphone (berbasis Android atau iOS). 

Bagaimana penjelasannya? Semoga mudah dipahami ya. Jangan lupa buat contoh kalimat versi kalian agar kosakatanya mudah untuk diingat. Semangat terus belajar bahasa Jepangnya dan terus ikuti info-info bahasa Jepang di blog Kepo Jepang ya!