Pasti kalian tahu kan kalau neko adalah bahasa Jepangnya “kucing”. Tapi, kalian tahu tidak kalau kucing jantan dan betina memiliki istilah bahasa Jepang yang berbeda. Di artikel kali ini, Kepo Jepang akan membahas kosakata neko dan istilah “kucing” lainnya dalam bahasa Jepang. Di artikel ini juga kalian akan bisa mempelajari istilah perumpamaan yang menggunakan kata neko, seperti nekojita yang artinya “orang yang tidak bisa makan atau minum yang panas”. Apakah kalian pernah mendengar istilah tersebut? Nah, di artikel ini kalian bisa mengenal istilah yang memakai kata neko lainnya yang sering muncul dalam tulisan maupun percakapan bahasa Jepang.

Kalian juga akan bisa memahami lebih dalam masing-masing istilah melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan di akhir artikel ini. Untuk memahami penjelasan tentang kosakata neko (kucing), yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Arti Kata “Neko

Neko (kucing) termasuk ke dalam golongan meishi (kata benda). Neko sendiri digunakan untuk menyebutkan “kucing” secara umum, penyebutan kucing secara spesifik bisa kalian lihat di bawah ini.

  • Osu-neko : kucing jantan
  • Mesu-neko : kucing betina
  • Ko-neko : anak kucing

Beberapa Istilah Bahasa Jepang yang Menggunakan Kata “Neko”

Nekojita

  • ketidakmampuan untuk makan dan minum makanan atau minuman panas

Secara harfiah berarti ‘lidah kucing’. Ini adalah kata dalam bahasa Jepang untuk menggambarkan seseorang yang tidak bisa makan-minum makanan atau minuman panas. Beberapa percaya bahwa kata ini muncul karena kucing itu sendiri tidak menyukai hal-hal panas. Jika kalian melihat siapapun meniup minuman atau makanan mereka tanpa henti atau menunggu terlalu lama sebelum minum dan makan, kalian bisa menyebut mereka nekojita.

Nekoze

  • orang bungkuk

Secara harfiah artinya “punggung kucing”, biasanya ditujukan kepada seseorang yang memiliki “kifosis”, di mana bagian punggung seseorang melengkung seperti kucing yang akan “berkelahi atau lari”. 

Nekoguruma

  • gerobak dorong

Secara harfiah berarti “mobil kucing”, tentu saja ada istilah umum lain yang digunakan untuk menyebut gerobak dorong seperti ichirinsha atau teoshiguruma. Etimologi nekoguruma juga berasal dari perumpamaan. Kucing dapat dengan mudah masuk dan keluar melalui ruang sempit, mirip dengan gerobak dorong. Juga ketika gerobak dorong bergerak di permukaan yang lebih kasar, suaranya seperti kucing yang mendengkur.

Nekomusume

  • seseorang dengan karakter dan perilaku seperti kucing

Secara harfiah berarti “kucing gadis”, istilah ini ditemukan dalam buku bergambar dari tahun 1800-an. Digunakan untuk menggambarkan seorang gadis yang memiliki kebiasaan “menjilat” orang-orang di sekitarnya, atau bisa dikatakan berusaha menarik perhatian orang-orang yang ada di dekatnya. Istilah ini banyak digunakan untuk menggambarkan karakter dalam manga dan anime.

Nekobaba

  • mencuri, menyalahgunakan, menggelapkan

Secara harfiah berarti “kotoran kucing”, istilah ini digunakan untuk orang-orang yang berusaha menutupi kejahatan atau kesalahan mereka, membuat berbagai macam alasan dan mencoba meyakinkan semua orang bahwa mereka tidak bersalah.

Neko ni koban

  • memberikan sesuatu yang berharga kepada orang yang tidak tahu cara menghargai apa yang kalian berikan

Secara harfiah berarti memberikan koin emas (koban) kepada kucing. Jelas sesuatu yang sebaiknya tidak kalian lakukan. Memberi seseorang sesuatu yang terlalu bagus atau terlalu berharga ketika mereka tidak tahu bagaimana cara mengapresiasi hal tersebut sama saja seperti kucing yang tidak akan tahu apa yang harus dilakukan ketika diberi koin emas tersebut.

Neko kaburi

  • berpura-pura, naif

Secara harfiah berarti “penutup kucing”, kalau dalam peribahasa Indonesia hampir mirip dengan “serigala berbulu domba”. Seseorang yang melakukan kesalahan tapi berpura-pura tidak melakukannya, atau bersikap polos bahkan ketika mereka tahu mereka telah melakukan kesalahan.

Contoh Kalimat

Untuk lebih mudah memahaminya, yuk kita lihat contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Tsukue no shita ni neko ga iru.
Neko ga nezumi wo oikaketeiru.
Watashi wa neko wo ni-hiki katteimasu.
Neko ga kabe wo garigari hikkaita.
Neko ga beddo no shita kara hashiri dashita.
Neko wa kubi ni suzu wo burasageteiru.
Neko wa kurayami demo mieru.
Watashi wa mesu-neko wo katteiru.
Uraniwa de yowayowashii ko-neko no nakigoe ga kikoeta.
Ko-neko ga ke-ito no tama ni jareteiru.
Nekojita nanode, atsui mono taberu no wa nigate desu.
Watashi wa nekojita dakara, suupu wo chotto hiyashite kudasai.
Watashi no henzutsuu wa nekoze ga gen’in desu.
Nekoze wo kaizen shitakute seitai ni kayotte imasu.
Shinchou ga takai noni, nekoze dakara jissai yori chiisaku mieru.
Kare wa sono ichi-man-en wo nekobabashita.
Nekobaba shite mo akuji wa izure barete shimau mono da.
Nekobaba shita okane de kare wa sono hi no ban-gohandai wo makanatta.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang neko (kucing) dan beberapa istilah yang menggunakan kata neko. Semoga penjelasannya bisa mudah dipahami yah. Jangan lupa buat coba bikin kalimat sendiri yah.

Semangat terus belajar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi belajar bahasa Jepang dari Kepo Jepang ya…