Artikel kali ini akan membahas kosakata hana. Apa itu hana? Yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan “Hana

Dalam bahasa Jepang hana termasuk ke dalam golongan kata benda (meishi). Hana termasuk ke dalam jenis kata homofon (douon-igi-go), yaitu kata yang memiliki pelafalan yang sama dengan kata lain tetapi berbeda ejaan dan maknanya. Dalam bahasa Jepang hana berarti “bunga” dan “hidung”. Yang akan dibahas kali ini yaitu hana yang berarti “bunga”.

Kanji “Hana

Hana adalah istilah umum untuk bunga jenis tumbuhan apapun. Kanji hana yang digunakan saat ini termasuk ke dalam gabungan kaiimoji (kanji yang merupakan gabungan dari dua atau lebih karakter gambar) dan keiseimoji (kanji yang dibuat dengan menggabungkan kanji yang mewakili pengucapan dan kanji yang mewakili makna), kedua kanji digabungkan untuk menyajikan makna secara keseluruhan. 

sumber gambar

Kanji di atas adalah kanji yang umum digunakan untuk hana. Bagian atas kanji hana berasal dari piktograf kanji kusa (tumbuhan rumput, kanji dasar yang dikenal sebagai “rumput mahkota” atau kusakanmuri) dan bagian bawahnya adalah huruf kanji ka (tindakan membuat sesuatu, perubahan), yang kemudian ditetapkan sebagai kanji yang bermakna “tumbuhan rumput yang mengalami perubahan” atau hana (bunga). Cara bacanya Chinanya (onyomi) adalah ka atau ke.

Perbedaan Dua Kanji “Hana” (Bunga)

sumber gambar

Lihat gambar di atas!

Gambar (c) dan (e) dibaca hana dan berarti “bunga”. Secara harfiah keduanya bermakna bunga “tumbuhan”, tetapi memiliki perbedaan dalam penggunaanya. Perbedaannya adalah (e) menunjukkan wujud asli tumbuhan “bunga”. Misalnya, hana wo ueru (menanam bunga). Sedangkan (c) digunakan untuk menunjukan situasi keindahan yang dilambangkan dengan keadaan dan sifat bunga (ungkapan metafora untuk mengekspresikan penampilan). Dengan kata lain, ketika kalian ingin mendeskripsikan seseorang atau sesuatu yang cantik, imut, berkilauan dengan menggunakan hana (bunga) sebagai ungkapan metafora, maka kanji (c) lah yang digunakan.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata hana.

Michiko-san wa Ken-san ni hana wo moraimashita.
Haru ni naru to hana ga sakimasu.
Kono hana wa nihon de dake miraremasu.
Hana ga utsukushiku sakimasu.
Byouin e kuru tochuu de, hana wo katte kimashita.
Ashita, paatii ga aru node, hana wo kazatte okimasu.
Niwa wa saki koboren bakari no hana ni michiteita.
Kirei hana ya ongaku de kokoro ga nagusamu you da.
Kabin ni ireru to ano hana wa motto kirei ni mieru.
Okaa-san wa niwa de hana wo sodateteiru.
Sakura no hana wa ima ga migoro desu.
Onee-san wa hana no e kaku no ga suki da.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat tentang hana. Jadi, hana digunakan untuk menunjukkan “bunga” secara umum. Selain berarti “bunga”, hana juga memiliki arti “hidung”. Oleh karena itu, kalian harus mengingat huruf kanjinya agar bisa dengan mudah membedakan mana hana untuk “bunga” dan mana yang artinya “hidung”.

Bagaimana penjelasannya? Semoga mudah dipahami ya. Jangan lupa buat contoh kalimat versi kalian agar kosakatanya mudah untuk diingat. Semangat terus belajar bahasa Jepangnya dan terus ikuti info-info bahasa Jepang di blog Kepo Jepang ya!