Kyou wa atsui desu ne.

Arti kalimat di atas adalah “hari ini panas ya”. Atsui adalah salah satu kata sifat dalam bahasa Jepang yang artinya “panas”. Namun, perlu kalian ketahui bahwa atsui dalam bahasa Jepang ditulis dengan 3 kanji berbeda dengan masing-masing makna yang berbeda.

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan memperkenalkan kosakata atsui dan masing-masing maknanya, serta penulisan kanjinya yang berbeda. Selain itu, kalian juga akan mudah memahami perbedaannya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Atsui

Seperti yang sudah disebutkan di atas, atsui termasuk ke dalam kelas kata sifat, tepatnya i-keiyoushi atau kata sifat golongan I. Atsui dalam bahasa Jepang merupakan kata homofon (douon-igi-go), yaitu kata yang memiliki ejaan dan ditulis dengan huruf hiragana yang sama, tetapi memiliki arti, penulisan kanji dan pelafalan (aksen) yang berbeda. 

Arti atsui adalah “panas” dan “tebal”, tetapi ditulis dengan 3 kanji yang berbeda karena arti “panas” memiliki makna yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Makna 1 : Panas (Cuaca)

Atsui [àtsúꜜì] yang ditulis dengan huruf kanji di atas artinya adalah “panas”, di mana “panas” di sini digunakan untuk menggambarkan kenaikan suhu udara atau menunjukkan panasnya cuaca atau iklim.

Makna 2 : Panas (Benda)

Kanji atsui [àtsúꜜì] pada gambar ini memiliki arti yang sama dengan gambar pertama, yaitu “panas”. Yang membedakannya adalah, makna “panas” pada kanji kedua ini digunakan untuk menggambarkan panas suatu benda seperti makanan, minuman, dan benda lainnya. Menggambarkan “panas” yang berhubungan dengan suhu tubuh, serta “panas” yang berhubungan dengan emosi dan perasaan, misalnya “panas” yang menunjukkan perasaan bersemangat, antusias, bergairah dan berapi-api.

Makna 3 : Tebal

Berbeda dengan kedua kanji di atas, atsui [àtsúí] yang ditulis dengan kanji pada gambar ketiga memiliki beberapa arti, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tebal, digunakan untuk menggambarkan ketebalan suatu benda yang terlihat (buku, kamus, dan sebagainya) maupun benda abstrak (kepercayaan).
  2. Baik hati, ramah, hangat, setia. Menggambarkan kebaikan hati seseorang.
  3. Melimpah. Menggambarkan kepemilikan seseorang yang banyak atau melimpah (kaya raya).

Untuk melihat bentuk perubahan kata sifat atsui, silakan baca selengkapnya di halaman ini.

Contoh Kalimat

Untuk memahami penggunaan masing-masing istilah di atas, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Atsui (Panas cuaca)

Kinou wa suzushikatta noni, kyou wa totemo atsui desu.
Ima wa nan-do? Sugoku atsui desu ne.
Sukoshi atsui node, kuuraa wo tsukete ii?
Kinou, atsukute nemurenakatta.
Kotoshi no natsu, toukyou wa totemo mushi atsui tte kiita wa. Karada wo taisetsu ni ne.
Kyou hontou ni atsui! Ichinichi-juu sauna ni iru mitai.
Eakon wo tsukete iru noni, mada atsui desu.
Atsui no wa nigate desu.
A : Kyou wa hontou ni atsui ne. Ase kaichatta yo. 
B : Boku mo. Chotto kafe demo yoranai? Aisu-koohii demo nomitai na.
Kyou konna ni atsui nante shinji rarenai ne!

Ataui (Panas benda)

Atsui ofuro wa tsukareta karada ni kiku.
Suupu wo omochi itashimashita. Atsui node oki wo tsuke kudasai.
Ima hoshii no wa atsui ippai no koohii desu.
Atsui ocha dake denaku, tsumetai ocha mo arimasu.
Naki sobo no shashin wo miru tabi ni, mune ni atsui mono ga komiagete kuru.

Atsui (Tebal)

Kono hon wa atsui desu. Soshite, muzukashii desu.
Kono kutsushita wa atsukute hakigokochi ga ii desu.
Ano kabe no atsusa wa dono kurai desuka?
Harii pottaa no hon ga atsu sugite yomenai.
Watashi no shigoto to kankei shite iru hito-tachi to atsui shinrai kankei wo kizuita.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata sifat atsui yang artinya “panas” dan “tebal”. Perlu kalian ingat bahwa atsui merupakan kata homofon yang ditulis dengan romaji dan hiragana yang sama, tetapi memiliki kanji, aksen dan makna yang berbeda. Gunakanlah masing-masing kata dengan benar sesuai dengan maknanya.

Semoga penjelasan bahasa Jepang di atas bisa dengan mudah kalian pahami dan mengerti. Jangan lupa ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan hal-hal berbau Jepang lainnya di blog dan semua media sosial Kepo Jepang ya.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “panas”?

A) Panas bahasa Jepangnya adalah “atsui”.

Q) “Atsui” artinya apa?

A) “Atsui” memiliki 2 arti dalam bahasa Jepang, yaitu “panas” dan “tebal”. Maknanya pun akan berbeda tergantung penulisan kanjinya. 熱い (panas benda), 暑い (panas cuaca), dan 厚い (tebal).

Q) Apa bedanya 熱い dan 暑い?

A) Kedua kanji di atas dibaca “atsui” dan berarti “panas”. Namun, maknanya sedikit berbeda. 熱い digunakan untuk menggambarkan “panas” suatu benda baik nyata maupun abstrak, seperti suhu tubuh, makanan, minuman, perasaan dan sebagainya. Sedangkan 暑い digunakan untuk menggambarkan panasnya suatu cuaca.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.