これおいしいですね。
Kore oihsii desu ne.

Pasti kalian pernah mendengar kata oishii seperti pada kalimat di atas, bukan? Oishii adalah salah satu kata sifat dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk mendeskripsikan “enaknya” suatu makanan.

Untuk lebih mudah memahami penggunaan kata oishii, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

PenjelasanOishii

Seperti yang sudah disebutkan di atas, oishii termasuk ke dalam kelas kata sifat, tepatnya i-keiyouhsi atau kata sifat golongan I. Oishii adalah kata sifat yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang rasanya enak. Dalam bahasa Indonesia, secara sederhana diartikan “enak”, “mantap” atau “lezat”.

Namun, oishii sering kali digunakan sebagai bentuk “metafor” atau perumpamaan untuk menyatakan sesuatu yang “bagus” atau “baik”. Berikut contoh penggunaannya :

Kare wa itsumo, oishii tokoro dake motte iku yo ne! 
Oishii hanashi ni wa, noranai hou ga ii yo. 

Sebagai tambahan, penggunaan oishii sebagai perumpamaan ini sangatlah jarang digunakan dan dianggap sebagai bahasa gaul (slang). Selain itu, dalam penulisan umumnya menggunakan huruf hiragana bukan kanji.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan oishii dalam kalimat, coba perhatikan beberapa contoh di bawah ini.

Kono raamen wa oishii desu.
A : Kono ryouri wa oishii desuka?
B : Hai, totemo oishii desu.
Ano resutoran wa yasui desu. Soshite, oishii desu.
Ano hoteru no resutoran wa oishii desu ga, takai desu.
Haha no ryouri ga ichiban oishii to omou.
Kono famiresu no suupu wa oishii.
Ryouri ga oishikute tsui tabe sugita. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata sifat oishii yang artinya “enak”, “lezat” atau “mantap”. Dapat disimpulkan bahwa kata oishii secara umum hanya digunakan untuk menjelaskan kelezatan rasa sesuatu. Namun, dalam bahasa gaul sering kali digunakan sebagai bahasa perumpamaan untuk mendeskripsikan suatu hal yang “bagus” atau “baik”.

Semoga penjelasan bahasa Jepang di atas bisa dengan mudah kalian pahami dan mengerti. Jangan lupa ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan hal-hal berbau Jepang lainnya di blog dan semua media sosial Kepo Jepang ya.