Q) Apa arti kalimat ini? (やっぱり)我が家が一番 atau (やっぱり)うちが一番

A) Kedua kalimat di atas terdiri dari kata やっぱり (yappari), makna “yappari” ini bisa berubah-ubah sesuai dengan konteks kalimat. Kemudian ada kata 我が家 (wagaya) di mana “waga” di sini merujuk pada makna “saya” atau “milik saya” dan kata “ya” merujuk pada rumah atau keluarga. Selanjutnya ada kata うち (uchi) di mana kata ini pun hampir sama dengan “wagaya” merujuk pada “keluarga milik saya”. Terakhir ada kata 一番 (ichiban) yang secara harfiah berarti “nomor 1”, di mana bisa dimaknai sebagai suatu hal yang paling penting atau berharga.. Dengan melihat masing-masing arti dan makna kata, kedua kalimat ini memiliki arti yang sama yaitu “bagaimanapun juga keluarga (saya) adalah nomor satu (yang paling penting / berharga)”. Semoga penjelasannya bisa membantu pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apa perbedaan 潜める,匿う,隠す,隠れる,忍ぶ?

A) Kelima kata di atas secara sederhana artinyanya adalah “sembunyi” atau “menyembunyikan”. Namun, dalam penggunaannya masing-masing memiliki nuansa yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini!

Q) Apa ada kisi-kisi ujian JFT untuk program tokutei ginou?

A) Mohon maaf karena Kepo Jepang tidak menyediakan kisi-kisi ujian JFT. Namun, untuk ujian JFT dasar sendiri isinya kurang lebih seputar pemahaman “Huruf dan Kosakata”, “Percakapan dan Ungkapan”, “Pendengaran”, dan “Pemahaman Bacaan”. Beberapa kriteria ini bisa dicari di website Kepo Jepang. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Saya ingin melihat momiji. Kapan musim terbaik untuk melihatnya?

A) Berbeda-beda tergantung tempatnya. Di Tokyo paling bagus melihat momiji itu sekitar awal November – awal Desember. Di tempat dingin seperti Hokkaido, munculnya lebih cepat sekitar pertengahan September – Oktober.