Q) Semisal sudah punya sertifikat JLPT N2, bagaimana caranya step by step melamar pekerjaan “kantor” di Jepang?

A) Bagi yang sedang berada di luar Jepang, mulailah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai Job Fair. Meski jumlahnya tidak banyak, ada job fair perusahaan Jepang yang diadakan di Indonesia, atau yang diadakan khusus untuk orang asing yang bisa bahasa Jepang. Silahkan cari informasinya di internet terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah daftar job fair yang ada, dan persiapkan diri untuk mengikuti job fair tersebut. Tergantung pada job fairnya, ada yang hanya meminta CV dalam bahasa Jepang, agar kemudian perusahaan yang menghubungi kita jika dianggap memenuhi kualifikasi untuk selanjutnya mengikuti tahapan seleksi wawancara. Selain itu, ada pula yang mengharuskan kita mendaftar langsung ke perusahaan Jepang melalui job fair. Prosedur pendaftarannya berbeda-beda, tetapi umumnya saat mendaftar ke perusahaan, kita diminta menuliskan alasan mendaftar perusahaan tersebut.  Setelah mendaftar dan ditanyakan lulus seleksi berkas (dilihat dari tulisan alasan mendaftar perusahaan), kita akan diminta mengikuti “setsumei-kai” (presentasi mengenai profil perusahaan), baru kemudian menjalani seleksi wawancara, bahkan terkadang ada tes tulis juga. Intinya adalah mencari informasi job fair terlebih dahulu, lalu ikuti prosedur yang diminta agar bisa melamar pekerjaan di perusahaan yang dituju. Namun, jika memiliki biaya yang cukup untuk pergi ke sekolah bahasa Jepang di Jepang, mungkin bisa juga untuk pergi ke Jepang dan belajar bahasa Jepang, sekaligus mencoba untuk langsung mencari kerja di sana. Biasanya, pengajar di sekolah bahasa Jepang akan membantu dalam mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan kantoran. Jika mencari kerja langsung di Jepang, tampaknya peluang dan pilihannya akan lebih banyak dibandingkan dengan jika mengikuti job fair di luar Jepang karena biasanya jumlah perusahaan yang berpartisipasi tidak terlalu banyak. 

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apakah di Jepang ada biro jodoh? Aku ingin nikah sama orang Jepang dan tinggal di Jepang selamanya. 

A) Di Jepang, ada beberapa tempat layanan konsultasi menikah / mencari pasangan, dan orang asing pun bisa mendaftar di sana. Namun, sepertinya ada banyak syarat dan ketentuan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya. 

Q) Cara cepat (bisa) bahasa Jepang?

A) Cara untuk bisa cepat menguasai bahasa Jepang tentu dengan semakin sering belajar dan berlatih bahasa Jepang. Hal yang terpenting adalah fokus dan konsisten untuk meluangkan waktu belajar dan berlatih bahasa Jepang. Penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini ya.