Q) Penggunaan Katakana untuk apa saja?

A) Huruf Katakana umumnya digunakan untuk menuliskan kata serapan dari bahasa asing dan nama orang asing. Namun, selain itu, Katakana sering juga digunakan untuk menulis kosakata bahasa Jepang, misalnya untuk kata ilmiah, nama binatang (lihat list kosakata binatang), nama / merek makanan, nama perusahaan, kosakata yang ingin ditekankan dalam teks kasual, onomatope (lihat penjelasan onomatope), dan bisa juga untuk membuat kosakata dalam iklan lebih menarik. Untuk penjelasan lebih detail mengenai huruf Katakana, silakan lihat artikel ini. Kemudian, lihatlah artikel cara mengingat Katakana dan latihan soal huruf Katakana untuk menambah pengetahuan mengenai kosakata dengan huruf Katakana ya! 

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Perbedaan ビデオ dengan 動画 (どうが)

A) Perbedaan “bideo” dan “douga” tidak bisa dilepaskan dari sejarah munculnya istilah-istilah ini. Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, langsung saja baca di halaman ini ya.

Q) Apa perbedaan 温まる (atatamaru) dan 温かい (atatakai)?

A) Sederhananya, “atatamaru” merupakan kata kerja, sedangkan “atatakai” merupakan kata sifat i. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan lihat halaman ini.  

Q) Bagaimana bahasa Jepangnya perhitungan, contoh : 2+2=4, 2-2=0, 2×2=4 dengan 2:2=1?

A) Bahasa Jepang perhitungan untuk tanda “tambah” (+) adalah “tasu”, “kurang” (-) adalah “hiku”, “kali” (x) adalah “kakeru”, dan “bagi” (:) adalah “waru”. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.