Q) Apa perbedaan祖父danおじいさん?

A) Dalam bahasa Indonesia, 祖父 (Sofu) dan おじいさん (Ojiisan) diartikan dengan “kakek”. Namun, dalam penggunaannya pada bahasa Jepang, kedua kata tersebut memiliki sedikit perbedaan ya. Sofu biasanya digunakan sebagai penunjuk “orang ketiga”, ketika kita membicarakan kakek kita kepada orang lain atau ketika membicarakan kakek orang lain. Sofu lebih sering digunakan dalam keadaan dan situasi yang jauh lebih formal dan tidak digunakan sebagai kata sapaan ketika kita memanggil “kakek” secara langsung. Sedangkan Ojiisan dapat digunakan baik saat membicarakan baik kakek sendiri maupun kakek orang lain ataupun digunakan sebagai kata sapaan/panggilan langsung. Meskipun umumnya digunakan dalam situasi yang formal dan halus, Ojiisan juga sering digunakan dalam situasi non-formal. Untuk panggilan Ojiisan dalam bentuk yang lebih kasual biasanya menggunakan “Jiisan”, “Ojiichan”, atau “Jiichan”. Untuk penjelasan lebih lengkap seperti contoh penggunaan dalam kalimat ataupun istilah-istilah lainnya untuk “kakek”, kamu bisa lihat di halaman ini ya! Semoga jawaban ini dapat membantu.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apa arti kalimat ini? (やっぱり)我が家が一番 atau (やっぱり)うちが一番

A) Kedua kalimat di atas terdiri dari kosakata yang sama. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!

Q) Apa perbedaan逃すdan逃げる?

A) Baik 逃す dan 逃げる ditulis dengan menggunakan huruf kanji yang sama, yaitu 逃(に‐げる、のが‐す、に‐がす・トウ)yang memiliki makna “kabur, bebas, melarikan diri, atau lepas”. Sedangkan makna dari 逃す(のがす) dan 逃げる(にげる) memiliki sedikit perbedaan dalam konteks pemakaiannya. Untuk penjelasan lengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Halo admin Kepo Jepang. Saya mau tanya hal apa saja yang perlu diketahui oleh tour gaido Indonesia terhadap kebiasaan turis Jepang secara umum. Terima kasih

A) Ada kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki para turis asing termasuk turis Jepang yang berbeda dengan kebiasaan dan budaya orang Indonesia sendiri. Beberapa kebiasaan orang Jepang yang mungkin perlu untuk diketahui sebagai seorang Tour Guide kurang lebihnya bisa kamu lihat di halaman ini ya!