Q) Apa perbedaan逃すdan逃げる?

A) Baik 逃す dan 逃げる ditulis dengan menggunakan huruf kanji yang sama, yaitu 逃(に‐げる、のが‐す、に‐がす・トウ)yang memiliki makna “kabur, bebas, melarikan diri, atau lepas”. Sedangkan makna dari 逃す(のがす) dan 逃げる(にげる) memiliki sedikit perbedaan dalam konteks pemakaiannya. (1) 逃す berarti “kehilangan, melewatkan atau gagal”. Sebagai contoh : ビジネスチャンスを逃す / Bijinesu chansu wo nogasu / Saya melewatkan sebuah kesempatan bisnis. Sedangkan (2) 逃げる berarti “kabur baik secara sengaja dikarenakan situasi berbahaya maupun keadaan yang tidak menguntungkan”. Sebagai contoh : 彼女は警察から逃げる / Kanojo wa keisatsu kara nigeru / Dia (perempuan) kabur dari polisi. Jadi, jika 逃す digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang terlewatkan atau gagal diambil oleh pelaku, 逃げる digunakan untuk mendiskripsikan aktivitas melarikan diri atau kabur dari suatu situasi yang berbahaya atau tidak menguntungkan pelaku. Demikian penjelasannya, semoga dapat membantu menjawab pertanyaan di atas ya!

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apa perbedaan妙danおかしい?

A) Baik 妙 (myou) maupun おかしい (okashii) bisa diartikan “aneh”. Namun, nuansa makna “aneh” dari kedua kata ini sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya.

Q) Bagaimana orang Jepang menyambut tahun baru?

A) Sebagian besar orang melewatkannya bersama keluarga di rumah. Banyak juga orang yang pergi untuk hatsumode (berdoa pertama kali di kuil di tahun baru) pada tanggal 1 Januari. Selain itu, orang Jepang juga makan Osechi dan Ozouni, yang merupakan hidangan khas tahun baru.