Selama tinggal sendiri di Jepang, beberapa orang pasti berpikir ingin pindah ke tempat yang jauh lebih praktis atau tempat yang lebih murah.

Hal tersebut mungkin akan membuat ongkos pulang pergi ke sekolah atau tempat kerja dan biaya sewa bulanan menjadi lebih murah, namun jika Anda mengeluarkan biaya yang sangat tinggi sebelum dan sesudah pindahan, walaupun Anda mencoba menghemat uang sekalipun, Anda mungkin akan tetap menghabiskan uang yang lebih banyak.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal sendiri di Jepang, saya mencoba merangkum poin-poin yang harus Anda perhatikan untuk menekan pengeluaran biaya saat pindahan.

Sponsor LINK

Sebisa Mungkin Kurangi Barang Pindahan

Pisahkanlah Barang yang Tidak Digunakan

Cara umum untuk menekan biaya pindahan adalah mengurangi barang bawaan. Terutama jika Anda menggunakan jasa agen pindahan, jumlah barang pindahan, ukuran truk yang digunakan, jumlah petugas yang diperlukan dan waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan akan berbeda-beda dan mempengaruhi besarnya biaya pindahan.

Jika Anda tinggal sendiri dan ingin membawa perabot, barang elektronik dan barang-barang lain yang banyak, umumnya Anda bisa menggunakan rencana pindahan tunggal, namun jika barang Anda hanya sedikit Anda bisa menggunakan jasa kurir pengiriman yang bisa menekan biaya menjadi lebih murah. Selain itu, di perusahaan pindahan pun ada “paket pindahan mini” yang bisa Anda pilih yang ditujukan bagi orang dengan jumlah barang pindahan yang sedikit.

Jika Anda tidak memiliki barang-barang besar atau karena tidak pernah menggunakannya maka tidak akan digunakan di tempat yang baru, Anda juga bisa membuangnya jika Anda menggunakan jasa agen pindahan. Saya sarankan Anda membeli barang bekas untuk tempat tinggal Anda yang baru, bisa juga Anda menggunakan jasa rental perabot rumah.

Terutama untuk perabot rumah dan barang elektronik, walaupun masih berfungsi ada kemungkinan tidak akan bisa digunakan karena denah ruangan tempat baru yang berbeda, oleh karena itu ketika Anda melakukan survei di tempat baru, sangat penting bagi Anda mengamati ukuran ruangan dengan sungguh-sungguh.

Sebagai tambahan, tergantung masing-masing agen pindahan, walaupun barang bawaan Anda sedikit, ada kemungkinan Anda tidak bisa menggunakan “rencana pindahan tunggal” jika ada 1 perabot rumah tangga yang berukuran besar. Oleh karena itu, pastikan Anda mengkonfirmasi ulang kepada pihak perusahaan pindahan.

Mengurangi Biaya Pembuangan Sampah

Jika Anda memiliki banyak barang-barang kecil tentu saja akan menambah barang bawaan Anda, oleh karena itu ketika Anda pindahan buanglah barang-barang yang tidak diperlukan. Akan tetapi, jangan lupa untuk mematuhi jadwal dan ketentuan pembuangan sampah. Jika Anda membuang sampah sesuai dengan ketentuan di hari yang sudah ditetapkan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pembuangan sampah dan jumlah barang bawaan Anda pun akan berkurang.

Mengapa Sampah di Jepang Harus Dipisahkan? Bagaimana jika Tidak Mematuhinya?


Untuk sampah besar yang sudah Anda kumpulkan, Anda bisa meminta petugas dari kantor administrasi daerah untuk mengambilnya (berbayar), Anda juga bisa membuangnya sendiri ke tempat pembuangan sampah-sampah besar (gratis). Jika ada barang yang masih bisa digunakan, sebaiknya Anda menjualnya ke toko barang-barang bekas (recycle shop). Anda bisa meminta pihak toko untuk mengambil barangnya ke tempat Anda, tergantung dari jenis dan berat barangnya. Jika di sekitar Anda tinggal ada kenalan, Anda juga bisa memberikannya kepada mereka.

Sebisa Mungkin Mengangkut Barang Sendiri

Jika jarak dari tempat lama ke tempat baru tidak jauh, Anda bisa mengangkutnya sendiri. Anda bisa memilih waktu masuk tempat baru 2-3 hari lebih cepat dari waktu pindahan dari tempat lama, jika Anda sudah menerima kunci di tempat baru, Anda bisa membawa barang bawaan Anda sedikit demi sedikit. Anda mungkin harus membayar lebih mahal karena Anda harus membayar biaya sewa di tempat lama dan baru di waktu yang bersamaan, namun jika Anda melakukannya dengan baik Anda akan bisa menghemat pengeluaran.

Mungkin akan kesulitan jika Anda membawa semuanya, tetapi Anda bisa menyesuaikan anggaran untuk agen pindahan atau kurir pengiriman, selebihnya untuk barang-barang yang ringan sebaiknya Anda membawanya sendiri.

Anda bisa juga meminta tolong kepada orang yang memiliki SIM dan menyewa mobil mereka kemudian membawa barang-barang Anda secara bersamaan. Namun, tentu saja ini tidak gratis karena Anda harus mengeluarkan biaya rental mobil, biaya bensin dan upah untuk teman Anda. Selain itu, orang yang tidak terlatih akan kesulitan menaikkan dan menurunkan barang-barang pindahan. Oleh karena itu, jangan hanya memikirkan urusan menghemat saja, jauh lebih bijaksana jika Anda mengeluarkan sedikit biaya dan meminta bantuan dari profesional.

Gunakan Layanan “Perkiraan Anggaran”

Carilah Perusahaan dan Paket Pindahan yang Murah

Apabila Anda menggunakan agen pindahan untuk mengangkut barang bawaan, hal pertama adalah mencari tahu jenis agen pindahan dan perkiraan biaya yang dibutuhkan. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan layanan “perkiraan anggaran” beberapa perusahaan pindahan yang ada di internet. Pilihlah 2-3 perusahaan pindahan dengan anggaran perencanaan pindahan yang murah, kemudian Anda bisa menghubungi mereka secara langsung dan menanyakan perkiraan anggaran yang sebenarnya diperlukan.

Memeriksa Rinciannya

Ketika Anda melakukan perkiraan anggaran, Anda bisa meminta mereka menuliskan biaya yang dibutuhkan untuk setiap barang bawaan, sehingga akan terlihat mana yang bisa Anda hilangkan. Dengan begitu Anda bisa melihat perabot mana yang bisa dikurangi untuk menekan pengeluaran dan Anda akan mengetahui berapa jumlah kardus yang diperlukan agar biayanya lebih murah.

Selain itu, dalam perencanaan pindahan ada banyak kebutuhan lain yang tidak terduga. Misalnya, kardus dan selotip, dari pada menggunakan kardus dari agen pindahan jauh lebih hemat jika Anda menggunakan sampah kardus yang disediakan secara gratis di supermarket dan membeli selotip sendiri di toko serba 100 yen. Jika ada biaya tambahan untuk penentuan waktu pengangkutan, disarankan untuk memilih zona waktu yang lengang (di luar jam sibuk), atau membiarkannya tidak ditentukan sesuai jadwal yang diinginkan.

Buatlah Penawaran Harga

Jika Anda mencari paket atau rencana pindahan yang murah, Anda bisa menghemat uang sampai batas tertentu, tetapi Anda juga bisa melakukan penawaran harga. Anda bisa melakukan penawaran dengan membandingkan hasil perkiraan anggaran Anda di agen pindahan yang lain dan mengatakan “Saya ingin bertanya kepada perusahaan Anda, apakah di sini biayanya bisa lebih murah?”
【Link 値引き交渉の方法】

Hindari Musim Sibuk Pindahan

Jika Anda menggunakan jasa agen pindahan, sangatlah penting memperhatikan masalah waktu. Jika Anda bisa memilih waktu pindahan, hindarilah musim sibuk pindahan di bulan Februari, Maret dan April karena kemungkinan besar biaya pindahan jauh lebih mahal. Selain musim sibuk pindahan, harga biasanya meningkat di akhir minggu, hari libur nasional atau libur panjang, oleh karena itu ketika Anda melakukan perkiraan anggaran, tanyakanlah tanggal lain yang biayanya lebih murah.

Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin menghemat biaya pindahan, Anda perlu mempertimbangkan biaya lain di luar biaya pindahan itu sendiri, seperti biaya awal saat Anda menempati tempat sewa yang baru.

Misalnya, Anda bisa mengurangi biaya awal dengan mencari properti sewa yang menggratiskan uang jaminan (shiki-kin) dan uang imbalan (rei-kin) atau mencari properti yang sudah menyediakan perabot rumah tangga dan barang elektronik standar.

Selain itu, jika Anda perlu membeli perabot dan barang elektronik di tempat yang baru, Anda bisa membelinya di toko barang bekas atau menyewanya. Ada baiknya juga jika Anda mencari tahu toko-toko yang ada di sekitar tempat Anda tinggal. Jika ada kenalan Anda yang akan pindah atau kembali ke negara asal dalam waktu dekat, Anda juga bisa meminta kepada mereka untuk memberikan barang yang sudah tidak mereka perlukan.