あいしてる

Pasti kalian sering dengar kata aishiteru, bukan? Aishiteru adalah ungkapan bahasa Jepang yang digunakan untuk menyampaikan perasaan cinta dan sayang kepada lawan bicara. Namun, selain menggunakan ungkapan ini kalian juga bisa menggukan ungkapan lain seperti suki.

Nah, untuk lebih jelasnya Kepo Jepang akan menjelaskan apa sih arti dan makna aishiteru itu sendiri, dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya. Untuk lebih memahami istilah di atas, langsung simak saja penjelasan di bawah ini. Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

PenjelasanAishiteru

Kalian pastinya sudah sering dengar kan ungkapan aishiteru (aku cinta kamu). Aishiteru adalah bentuk lebih informal atau kasual yang disingkat dari aishiteiru atau aishiteimasu (aku mencintai kamu), tetapi tidak satupun dari kedua bentuk ini yang sering digunakan karena keduanya lebih formal dan terdengar kurang alami saat mengekspresikan cinta kalian dalam bahasa Jepang. Makanya aishiteru lebih umum digunakan ketika menyatakan cinta.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Aku Cinta Kamu”

Selain aishiteru ada beberapa ungkapan dalam bahasa Jepang yang bisa kalian gunakan untuk menyatakan cinta kalian. Yuk perhatikan ungkapan lain untuk “aku cinta kamu”.

Suki desu

Walaupun artinya “suka”, suki desu bisa kalian gunakan untuk menyatakan cinta. Sama halnya dengan aishiteru, suki desu bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa suka dan cinta kalian kepada orang terdekat maupun lawan jenis.

Koishiteru

Secara harfiah bisa diartikan “jatuh cinta” dan biasanya hanya digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta kepada lawan jenis (bermakna romantis). Maknanya sangat dalam sehingga jarang digunakan. 

Anata ni muchuu desu

Artinya “saya tergila-gila kepada kamu”. Digunakan kepada lawan jenis yang benar-benar kalian sukai atau cintai. 

Suki yanen

Dialek kansai (kansai-ben) untuk suki desu.

Kanasandoo!

Dialek wilayah Okinawa (uchinaaguchi) untuk aishiteru.

Oh iya, penggunaan aishiteru ini bukan hanya ditujukan kepada lawan jenis saja. Secara umum kalian bisa menggunakannya untuk mengungkapkan rasa cinta kalian kepada orang tua, keluarga maupun teman terdekat kalian.

Contoh kalimat

Itsu made mo aishiteru yo.
Kanojo wa ryoushin wo totemo aishiteru.
Watashi wo aishiteru?
Kimi no koto ga suki desu.
Dai-suki desu. / Dai-suki da yo. 
Boku wa kimi ni koishiteru.

Kesimpulan

Bahasa Jepang selalu punya banyak istilah dalam mengungkapkan suatu hal termasuk ketika kalian bermaksud mengungkapkan “cinta”. Baik itu perasaan cinta secara umum terhadap orang-orang yang sangat dekat dengan kalian maupun kepada lawan jenis yang keberadaannya spesial untuk kalian. 

Kali ini sampai sini dulu ya belajar bahasa Jepangnya. Semoga kalian yang membacanya bisa memahami dengan mudah dan semakin semangat untuk belajar bahasa Jepang. Sampai jumpa di pembahasan bahasa Jepang lainnya!