Chichi wa koukou no sensei desu.
Ayah (saya) adalah guru SMA.

Koukou adalah istilah umum bahasa Jepang untuk SMA, atau Sekolah Menengah Atas. akan tetapi, koukou ini adalah istilah singkatan. Jadi, apakah istilah bahasa Jepang yang sebenarnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini akan membahas dari mana singkatan koukou berasal. Selain itu, kalian juga bisa lebih memahami penggunaan kosakata ini melalui contoh-contoh kalimat. Lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan “Koukou

Seperti yang sudah disebutkan di atas, koukou adalah istilah umum untuk menyebutkan SMA dalam bahasa Jepang. Namun sebenarnya, koukou ini hanyalah singkatan dari kata koutou gakkou. Apa itu koutou gakkou?

Secara harfiah koutou gakkou terdiri dari dua kata, yaitu koutou yang berarti kelas tinggi, tingkat tinggi atau tingkat atas, dan gakkou yang artinya sekolah. Jadi, secara sederhana koutou gakkou bisa diartikan sekolah tingkat atas atau sekolah tingkat tinggi.

Sebagai tambahan, walaupun secara umum koukou lebih banyak digunakan, tetapi untuk hal-hal yang bersifat resmi diharuskan menggunakan istilah koutou gakkou.

Makna Kata “Koutou Gakkou

Di atas sudah dijelaskan pengertian koutou gakkou secara sederhana. Adapun penjelasan lengkap tentang koutou gakkou yang terdapat dalam kamus Daijiten adalah sebagai berikut :

  1. Sekolah yang bertujuan untuk menyediakan pendidikan umum yang lebih tinggi dan pendidikan khusus bagi lulusan SMP. Masa studi adalah 3 tahun. Namun, dibutuhkan lebih dari 4 tahun untuk SMA paruh waktu (teijisei-koukou, biasanya sekolah malam) atau SMA Mandiri (tsushinsei-koukou, sekolah melalui sarana online dan sarana lainnya yang berbeda dari sekolah umum).
  2. Istilah yang digunakan untuk sekolah tingkat tinggi dalam pendidikan sistem lama, di mana sekolah tingkat tinggi ini memberikan pendidikan umum lebih tinggi kepada anak laki-laki yang telah menyelesaikan empat tahun sekolah menengah pertama atau diakui memiliki kemampuan akademis yang setara atau lebih tinggi dari itu. 

Saat ini, tentu saja makna koutou gakkou hanya merujuk pada makna nomor 1.

Informasi Tambahan

Sama halnya dengan di Indonesia, pendidikan di SMA ini tidak termasuk ke dalam pendidikan wajib berdasarkan undang-undang, jadi terserah pada masing-masing siswa untuk memutuskan apakah akan melanjutkan ke SMA atau tidak.

Contoh Kalimat

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan istilah SMA di atas, untuk memudahkan kalian memahami penggunaannya dalam kalimat bahasa Jepang.

Imouto wa koukou san-nensei desu.
A : Otou-san wa nani wo shite imasuka?
B : Chichi wa koukou de nihon-go wo oshiete imasu.
Kotoshi no haru kara, kanojo wa koukou de sensei toshite hataraku koto ni narimashita.
Tanaka-san wa kono koukou ni haitte irai, saikou no shuusai toshite shirarete imasu.
Koukou wo sotsugyou suru mae ni, minna to ryokou shitai desu.
Koukou sotsugyou irai, kurasumeeto to wa ichi-do mo atte imasen.
Ano futari wa koukou jidai kara tsukiatte kimashita.
Zenkoku koukou yakyuu senshu kentaikai de zenkoku seiha suru koto ga karera no yume da.
Eigo wa chuugaku-koukou de wa ichi-ban juuyou-na kamoku no hitotsu desu.
Sano-san wa koukou no kouhai da.
Boku wa koukou jidai, bareebooru-bu ni haitte imashita. 
Imouto wa joshi koukou no nyuugaku shiken ni goukaku shita.
Satomi wa koukou jidai kara suugaku ga tokui da yo.
Jun-kun wa hiruma no shigoto no hoka ni, maiban teijisei koukou ni kayotte iru. 
Kare wa koukou sotsugyou chokugo ni nyuusha shita. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata koukou (SMA) yang merupakan singkatan dari koutou gakkou. Secara umum, dalam percakapan dan kehidupan sehari-hari kata koukou lah yang paling banyak digunakan. Namun, dalam hal-hal yang bersifat resmi, terutama yang berhubungan dengan dokumen data diri, yang sebaiknya digunakan adalah koutou gakkou.

Semoga penjelasan kosakata bahasa Jepang di atas mudah kalian pahami, dan tentunya bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya dan simak terus informasi-informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan jejepangan lainnya di Kepo Jepang.

Sebelum membaca artikel lainnya, yuk perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini!

Q) Apa bahasa Jepangnya SMA?

A) Secara umum SMA dalam bahasa Jepang disebut “koukou”. Namun, “koukou” adalah istilah yang disingkat dari “koutou gakkou” yang artinya sekolah tingat atas.

Q) Apa di Jepang juga ada SMA Negeri dan Swasta?

A) Sama halnya dengan di Indonesia, di Jepang juga ada SMA Negeri yang dibagi menjadi dua, sekolah yang dikelola pemerintah pusat (kokuritsu), dan yang dikelola pemerintah daerah/provinsi (kouritsu), serta SMA Swasta (shiritsu).

Q) Apakah di SMA Jepang ada Ujian Akhir Nasional?

A) Di SMA Jepang tidak ada ujian seperti UAN di Indonesia. Pada umumnya, di kelas 3 SMA tidak ada ujian khusus untuk menentukan kelulusan atau menentukan nilai untuk masuk Universitas. Adapun untuk ujian masuk universitas ada “Daigaku Nyuugaku Kyoutsuu Tesuto (University Entrance Eximination)” yang tidak berhubungan dengan nilai saat SMA. Ujian ini pun adalah pilihan untuk diikuti atau tidak oleh para siswa.

Q) Apakah budaya bersih-bersih di sekolah berlaku sampai SMA?

A) Budaya bersih-bersih kelas di Jepang dimulai dari SD sampai SMA. Hal ini dijadikan kebiasaan untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan kebersamaan antar siswa yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka ketika sudah lulus nanti.

Jika kalian masih penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan lainnya, langsung baca di halaman ini saja ya!